Langsung ke konten utama

Tanaman Obat di Pinggir Jalan

[Jalan-jalan] Pulang dari mengantar anakku yang nomor 2 ketika dia masih duduk di bangku sekolah dasar dahulu, aku melewati sebuah ibu-ibu tua yang tampak sedang berjongkok di tepi jalan. Matanya awan menelusuri emperan jalan yang masih tanah dan sedikit berkerikil.

Aku tertarik untuk mengetahui sedang apa ibu ini. Maka aku dekati dia.

"Sedang apa bu?"
Ibu itu menatapku curiga. Ya iya lah, ngapain coba tiba-tiba didatangi dan ditanya sedang apa. Memangnya lagi main sedang-apa-sedang-apa-sedang-apa-sekarang? (ups ketahuan deh anak-anak generasi 80-annya... hahaha).

"Ini nak. Ibu lagi mencari daun bandotan."
"Bandotan?" (selama ini aku cuma tahu kambing bandot saja. Tapi... ternyata ada juga tanaman yang diberi nama bandotan.)

Bentuknya seperti ini nih:


"Buat apa?"
"Buat obat sakit rematik."

Lalu ibu itu bercerita padaku bahwa sejak kena reumatik beberapa bulan yang lalu, dia bisa mengurangi rasa sakitnya dengan cara meminum air seduhan daun bandotan.  Caranya, ambil beberapa lembar daun bandotan lalu seduh dengan air sebanyak 3 gelas lalu rebus hingga air menguap dan tersisa 1 gelas saja. Saring, minum.

Air rebusan daun bandotan ini dipercaya bisa mengurangi atau mencegah reumatik untuk kambuh.

"Dulu, ibu sama sekali tidak bisa berjalan karena sakit sekali kaki ini. Tapi sejak minum air rebusan bandotan ini alhamdulillah rasa sakitnya berkurang."

Lalu ibu itu memperlihatkan kedua tungkai kakinya yang kecil kurus.

Indonesia itu kaya ya. Alhamdulillah.
Rasanya benar seperti yang digambarkan oleh lagu Koes Plus... bahwa tongkat kayu dan batu jadi tanaman.

Oh iya, ini ada lagu yang diaransir ulang oleh group Padi dengan Musikimia. Keren deh. Karena ada banyak gambar daerah-daerah yang eksotis dan cantik di seluruh wilayah Indonesia. Bikin pingin menjelajah Indonesia menonton ini. Silahkan tonton.




Di rumahku sendiri, aku menanam 2 tanaman obat. Yaitu tanaman manggis dan salam.

Khusus tanaman manggis, karena aku sudah 3 kali menjalani operasi pengangkatan tumor di kedua payudaraku jadi aku pikir, ada baiknya jika aku mulai menanam tanamam manggis.



Tanaman manggis ini, daunnya berguna untuk mencegah penyakit kanker. Jika sudah memiliki penyakit kanker, maka daun rebusan manggis berguna untuk mengurangi derita akibat pengobatan panjang penyakit kanker.

Dokterku sendiri, menyarankan aku untuk tidak tergantung pada sebuah obat yang rutin aku konsumsi, yaitu Asthin Bond. Asthin Bond ini terbuat dari ekstrak buah Melon yang dicampur dengan entah apa saja.

"Karena yang namanya obat itu, sudah pasti ada campuran bahan kimianya. Jadi, lebih baik jika tidak digunakan untuk jangka panjang. Pada dasarnya, mengkonsumsi yang segar dan natural itu jauh lebih aman. Coba deh bu, tanam pohon manggis lalu ambil daunnya beberapa lembar, rebus dengan air sebanyak 3 gelas, lalu biarkan hingga air menguap karena proses pemasakan itu hingga berkurang menjadi 1 gelas. Saring, lalu minum. Ini khasiatnya sama kok dengan Asthin Bond. Nanti, jika makan melon, jangan makan yang bagian manisnya saja. Tapi makan juga bagian yang berwarna putih yang ada di dekat kulit melonnya. Bagian yang warnanya putih dan keras dan tidak ada rasanya itu sebenarnya mengandung kandungan yang amat bermanfaat bagi tubuh konon. Nanti bisa di gugling deh untuk keterangan lebih lanjutnya. "

Sedangkan tanaman salam aku tanam karena selain Salam berguna untuk menambah bumbu dalam masakan, daun salam juga berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan kolesterol yang tinggi.

Cara mendapatkan air rebusannya sama seperti ketika kita merebus daun manggis di atas.


oh ya, kalian bisa melihat tanaman yang berguna untuk obat yang lain di Pinterestku ya: https://id.pinterest.com/adeanita94/.

Komentar

  1. aku baru tahu kalau bandotan itu bisa untuk obat. seingetku, jaman masih bocah tanaman itu biasa buat main masak2an karena tumbih liar di kebun :D XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. akunjuga baru tau gaa-gara jalan-jalan terus ketemu sama ibu2 itu... kebetulan lagi aku nanya pula... jadi dapat info baru deh

      Hapus
  2. ooww daun tanaman ini namanya Bandotan heuheuheu...
    baru ngeh kalau ada khasiatnya juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.