Minggu, 10 April 2016

Pilihan Ketika Mengisi Liburan di Rumah

[Jalan-jalan] Kalau lagi nggak ada ide mau pergi ke suatu tempat di hari libur, enaknya ngapain? Jika keluargaku, jika hari libur tiba dan kondisi keuangan tidak terlalu memungkinkan untuk mengunjungi tempat-tempat yang asyik; maka ada beberapa pilihan yang bisa dikerjakan. Apa saja?

Pilihan Ketika Mengisi Liburan di Rumah:

1. Jalan kaki sekeluarga.


Sejak ada kebijakan bahwa setiap hari minggu, ruas jalan di Jalan Sudirman, Jakarta, diberlakukan kebijakan Car Free Day, keluargaku punya alternatif untuk memanfaatkan acara jalan kaki di jalan lebar tersebut.

Keluargaku memang keluarga penggemar jalan kaki. Kami sudah terbiasa jalan kaki kemana-mana. Itu sebabnya jalan kaki dari Jembatan Semanggi menuju ke arah Ratu Plaza-Senayan City; atau dari Jembatan Semanggi menuju Grand Indonesia-Kempinsky, kami ringan-ringan saja melakukannya.

Agar tidak lelah di tengah jalan, jangan lupa membawa minuman. Pakai sepatu olahraga yang empuk juga membantu. Selebihnya, ngobrol saja sepanjang jalan. Aku, suami dan anak-anak memang keluarga yang gemar mengobrol dan bersenda gurau. Apa saja bisa jadi bahan obrolan. Atau main teka-teki yang garing kriuk-kriuk... hahahaha.



Selain memanfaatkan ruas jalan yang dikosongkan dalam kebijakan car free day, keluargaku juga berjalan kaki di seputar kampus UI, Depok. Jadi, sengaja banget memang naik Commuterline ke arah Depok. Lalu turun di kampus Univcrsitas Indonesia, lalu jalan kaki mengitari kampus UI yang memang luas itu.


2. Masak bersama dengan anak-anak perempuanku.

Aku sebenarnya tidak begitu gemar memasak. Tapi, syukurlah anak perempuanku gemar memasak. Mereka sering mengajakku untuk mencoba sebuah resep yang mereka temukan di website atau instagram atau di You Tube.

Jadi, tugasku adalah menyiapkan semua bahan makanan yang mereka butuhkan. Lalu, membimbing mereka. Meski tidak suka memasak, tapi aku tahu harus ngapain saja jika ada di dapur. Sementara anak-anakku, gemar memasak tapi nggak tahu mesti gimana jika berada di dapur. Dengan begitu kami memang terlibat dalam sebuah hubungan yang saling membutuhkan satu sama lain.
KLOP kan?



3. Bikin percobaan yang berkaitan dengan kerajinan tangan

Nah, kalau yang ini beda lagi.
Putriku senang dengan sesuatu yang dibuat dengan tangan. Putriku yang remaja senang memuat craft, sedangkan putriku yang SD senang dengan kegiatan menggambar.
Jadilah mereka sering terlibat asyik dengan kegiatan tersebut. Dan aku, senang melakukan kedua kegiatan tersebut.
Jadi, aku kadang membantu putriku yang SMA ketika dia membuat sesuatu; kadang ikut menggambar juga di samping putriku yang SD.


4. Nonton Drama Korea 

Hahahaha.. kalo yang satu ini mah... duh, gimana ya. Memang hobbi sepertinya.

5. Kerjabakti membersihkan rumah.

Yang ini ya memang sudah keharusan. Kapan lagi mengerahkan bantuan untuk merapikan rumah. Jika hari kerja, semua sudah lelah jika di sore hari dan siap-siap berangkat sekolah atau kerja di pagi hari. Jadi selagi hari libur di rumah, sekalian saja minta tolong untuk kerjabakti mengubah susunan barang di rumah, atau memperbaiki atau membersihkan sesuatu.


6. Belajar bersama

Belajar bersama ini, lebih karena di hari biasa kesempatan untuk bertanya pada yang lebih tua sulit didapat. Si kakak atau si ayah sudah lelah bekerja jadi tidak bisa ditanya-tanya lagi.

Belajar bersama disini, bisa bertanya-tanya tentang mata pelajaran yang selama ini sulit dimengerti atau tentang kemajuan keterampilan tertentu. Seperti mengaji atau bermusik.
Selagi semua berkumpul karena libur, manfaaatkan untuk saling tukar-menukar ilmu dan tolong menolong dalam kemajuan pertambahan ilmu.



Itulah beberapa pilihan keluargaku untuk mengisi liburan di rumah.

7 komentar:

  1. wahh tosss mba, kegiatan aku dan anak2 (serta suami) juga nggak jauh2 dari masak2, beres2, dan bikin DIY, kalau lagi di rumah :)

    BalasHapus
  2. saya sama anak-anak dan istri suka halan-halan kemudian makan bubur
    salam utk keluarga mbak :)

    BalasHapus
  3. kompak banget, senang ya kalau anak-anak kompak.

    BalasHapus
  4. Asik banget bisa jalan-jalan sama anak-anak, apalagi dengan jalan kaki...pastinya jadi lebih sehat ya mba :)

    BalasHapus
  5. memang paling enak selalu bersama. Nikmatilah saat masih bisa banyak bersama.Kadang lihat beginian aku jadi rindu anak-anakku. Sudah merantau jauh dari aku.

    BalasHapus
  6. Waahh betul juga yaaaa, jalan kaki bareng keluarga itu asyik banget kayaknya :)

    BalasHapus