Langsung ke konten utama

Pesona Wisata Alam di Sentul

[Jalan-jalan]  Ada apa memangnya di Sentul?
Dulu, ketika aku masih SMA (dan itu artinya jaman kuda masih pake sepatu vantofel... hehehe), aku cuma tahu di Sentul itu ada sirkuit balap motor dan balap mobil saja. Sebenarnya, dulu ada 2 Sirkuit balap motor dan mobil, yaitu di Sentul dan Ancol. Tapi, kabarnya yang di Sentul lintasannya lebih panjang daripada yang di Ancol. Tahun berapa tuh? Tahun aku SMA deh pokoknya. Siapa menyangka coba, sekarang Sentul sudah berkembang pesat sekali. Hingga orang pun mulai mengenal aneka pesona wisata alam di Sentul. Sekarang, banyak wisatawan tertarik untuk berlibur ke Sentul. Hotel-hotel yang ada pun beragam dan sangat menunjang pariwisata di Sentul, seperti terlihat di situs Traveloka.




Jauh setelah aku lepas dari masa SMA, tepatnya ketika aku sudah menikah dan punya anak, seorang teman mengundangku untuk datang ke acara khitanan anaknya. Kebetulan, dia mengadakan acara syukurannya di salah satu perumahan di wilayah Sentul. Maka, aku pun sekeluarga pergi ke Sentul. Dan benar saja, ternyata Sentul sekarang sudah berubah banyak.
Banyak banget.

Kontur tanah Sentul yang berbukit-bukit, membuat kunjungan ke perumahan yang ada di sana serasa seperti sedang mengunjungi wilayah deretan Villa-villa yang cantik. Alamnya juga masih asri. Pepohonannya masih dipertahankan. Tidak dibabat habis hingga terlihat tandus sebagaimana perumahan baru lainnya. Ditambah lagi, sebagaimana daerah Bogor pada umumnya yang memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang asri, maka wisata alam di Sentul pun otomatis menjadi wisata alam yang asri dan sejuk.

Bahkan sekarang, Sentul sudah mengembangkan daerah wisata di banyak tempat. Pusat perbelanjaan elit seperti Bellanova Country Mall juga terdapat di Sentul. Ecopark dan Science Park menjadi taman edukasi untuk keluarga yang semakin membuat pesona tempat wisata di Sentul kian beragam. 






Berikut ini adalah tempat wisata alam favorit di Sentul, Bogor. Segera agenda waktu liburan mu untuk berkunjung ke tempat ini.

1. Sentul Paradise Park

Tempat wisata yang satu ini adalah satu yang paling populer di Sentul. Sentul Paradise Park merupakan tempat wisata alam yang juga dimodifikasi menjadi waterpark. Di dalamnya terdapat Air Terjun Bidadari. Selain itu terdapat juga berbagai macam wahana bermain air yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.

Sentul Paradise Park memiliki luas lebih dari 6000 meter persegi. Disekelilingnya terdapat pasir putih yang akan membuat kamu seperti berada di pantai. Sentul paradise park dengan Air Terjun Bidadarinya menjadi daya tarik bagi masyarakat ibu kota khususnya karena letaknya yang mudah diakses dari Jakarta.

Saat musim liburan tiba, banyak mobil pribadi dengan plat B berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Mandi atau main air di bawah air terjun Bidadari ini enak loh. Serasa jadi memerankan adegan Bidadari dan Jaka Tarub (*eh).

Sumber Foto :  sentulparadisepark.wordpress.com

2.     Gunung Pancar

Tidak kalah dengan popularitas Sentul Paradise Park, Gunung Pancar menjadi obyek wisata alam  yang terdapat di Sentul dengan pesona keindahan hutan pinus didalamnya. Berkunjung ke tempat ini akan meralaksasi kamu dari penatnya aktifitas di keseharian. Aroma pohon pinus konon dapat menenangkan hati.

Lokasi Hutan Pinus Gunung Pancar juga cukup dengan Sentul City. Kamu hanya memerlukan waktu 15 menit dari Sentul City untuk sampai ke Hutan Pinus Gunung Pancar. Tempat wisata alam ini juga biasa dijadikan tempat berkemah atau outbond. Jika kamu memiliki waktu liburan lebih lama, tak usah ragu untuk mencoba berkemah di Gunung Pancar.

Selain hutan pinus dan tempat berkemah, di Gunung Pancar juga terdapat pemandian air panas yang dapat memanjakan tubuh kamu menjadi lebih fresh. Berendam di pemandian air panas juga dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Kolam pemandian air panas di Gunung Pancar juga telah dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Disana terdapat 3 kolam yang bisa kamu pilih diantaranya kolam tiga rasa, kolam umum dan kolam keluarga. Tiket masuk ke kolam pemandian air panas ini juga cukup murah hanya Rp2000 /orang belum termasuk biaya parkir kendaraan. 

13.   Curug Leuwi Hejo

Obyek wisata alam lainnya yang ada Sentul adalah Curug Leuwi Hejo. Masyarakat mengenal curug ini dengan sebutan Curug Bengkok. Berkunjung ke tempat wisata ini bisa dikatakan cukup murah. Kamu hanya perlu membayar Rp5000 untuk bisa menikmati segarnya air dan indahnya pemandangan di Curug Leuwi Hejo.

Curug ini merupakan air terjun mini yang di aliran airnya ditampung di kolam kecil berwarna hijau. Airnya cukup jernih dan suhunya juga cukup dingin. Curug ini cocok untuk kamu yang hobi main air. Untuk bisa sampai ke Curug ini, kamu harus berjalan kaki kurang lebih 600 meter dengan medan yang cukup terjal menyebrangi sungai dan melewati bebatuan. Ketika sampai di lokasi Curug kelelahan berjalan di medan yang terjal akan terbayarnya dengan segarnya air di Curug Leuwi Hejo. 

Ternyata dibalik elitnya kawasan Sentul, masih ada lho tempat liburan hemat yang tak kalah menarik

Sumber Foto :  bogortravel.com 
Itulah tiga tempat wisata alam yang terdapat di daerah Sentul Bogor. Pesonanya menjadi harmoni yang indah berpadu dengan wisata edukasi dan wisata belanja serta wisata kuliner yang terdapat di Sentul. Dengan begitu lengkaplah berbagai macam tempat wisata yang ada di Sentul. Hotel untuk penginapan pun tersedia dan bisa kamu booking melalui situs Traveloka.

Ayo Berwisata ke Sentul, Dekat dan Hemat

Komentar

  1. Sentul Paradise Park keren juga ya, jadi pengen bawa anak bermain

    BalasHapus
  2. Dulu pas masih di Bogor, pernah diajak keliling Sentul. Tapi ngga masuk ke tempat wisatanya, Mba.. Cuma keliling daerahnya aja udah seneng. Rumahnya bagus-bagus, Masya Allah..mupeng bener deh..

    BalasHapus
  3. Baru pernah ke Sentul Paradisenya, tapi sayang banget sekarang batunya di belah paksa, jadi mengurangi nuansa alamnya :)

    BalasHapus
  4. Aku taunya sentul itu perumahan, sirkuit, sama SICC. Ternyata eh ternyata ada banyak tempat wisata yang indah. Kapan-kapan kalo pas main ke Sentul boleh juga tuh dikunjungi.

    BalasHapus
  5. air terjunnya bagus tuh mbak, kenapa ya aku kalau lihat air terjun suka kagum sendiri, apalagi kalau yang tinggi dan berundak-undak rasanya amazing gitu

    BalasHapus
  6. Wahhh belum pernah kesana aku mba, tahunya bellanova dan ah poong, asik makasih infonya..

    BalasHapus
  7. aaahh..aku belom pernah ke Sentul Maak..
    taunya Sentul tempat arena balap aja HAhhaha
    *ndeso

    mau atulah ke air terjunnya..

    BalasHapus
  8. Aku pernah ke ahpoong sm ke rainbow hill, tmpatnya asri.

    BalasHapus
  9. Mantab , Jadi pengen jalan2 ke sentul setelah baca artikel ini
    Hipnoterapi Semarang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.