Langsung ke konten utama

Jalangkote: oleh-oleh dari Makassar

[Oleh-oleh] Saudaraku baru pulang dari dinas ke Makassar, Sulawesi Selatan. Dia membawa oleh-oleh Jalangkote.
 Apa itu Jalangkote?
Bentuknya mirip dengan Pastel.

 
Lalu perbedaannya dengan Pastel yang biasa kita kenal apa?
Bedanya, kulit Jalangkote lebih tebal. Sehingga ketika kita mengudapnya, kita bisa menggenggamnya dengan nyaman. Karena meski bentuknya besar seukuran kue Panada (yang juga dari Sulawesi), tapi karena kulitnya tebal jadi tidak mudah patah kuenya.

Isinya, juga mirip dengan Pastel. Tapi, yang ini lebih padat dan lebih berempah. Isi Jalangkote adalah wortel, kentang, bihun, toge,  telur rebus, (daging cincang/ayam optional, tergantung permintaan. Jadi jika tidak mau makan daging/ayam bisa memesan yang isinya sayuran semua)
yang ditumis dengan bumbu laksa. Itu sebabnya lebih terasa berempah dan enak. Dan terutama, isinya nggak pelit sih. Kalau pastel kadang isinya seuprit alias pelit banget.

Ketika digoreng, gorenglah dengan api kecil yang sebelumnya sudah dipanaskan dulu.

Perbedaan lainnya, jika Pastel dikudap dengan cabe rawit, maka Jalangkote dikudap dengan sambal yang bentuknya cair mirip sambal kecap tapi jauh lebih kental. Dicocol saja, atau diteteskan di atas Jalangkote yang akan masuk ke dalam mulut.
HAP.
Nyam.




Pokoknya, enak deh buat sarapan atau teman minum teh. Karena asli cuma makan beberapa saja langsung perut terasa kenyang karena bentuknya yang besar dan isinya yang padat ini.


Nah. Ini kebetulan aku dapat resep untuk buat Jalangkote. Sengaja banget gitu aku nyari resep Jalangkote dari orang Makassar asli di internet. Karena, kalau diperhatikan, ada beberapa resep Jalangkote yang akhirnya sama saja dengan resep membuat Pastel. Tuh. Kalau nggak ada bedanya nggak istimewa kan. Jadi, aku mencari resep dari resep yang diberikan oleh orang Makassar asli saja.
Dari blognya http://walentina.waluyanti.com/recipes/92-resep-jalangkote-makassar.

Aku buat model skrinshut agar bisa aku save gambarnya di handphone jadi bisa lebih mudah pas mau praktek bikin Jalangkote ini.





Komentar

  1. Makanan ini enak pake bangeeet!!! Pas kuliah, kawan dari sulsel selalu bawa jalangkote dan otak2 buat oleh2 pas balik kampus. Rasanya enak banget dan sayang di jawa susah nyari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh iya..temen suamiku ada yg dari sulawesi makassar jadi suka ngasi oleh2 otak2 dari sulawesi. Bener.. Otak2nya juga beda ama otak2 yg ada di pulau jawa

      Hapus
  2. Pas awal pindah Palopo, aku juga nyngkanya ini pastel Mba, hihi. Ternyata beda. Masih banyak kudapan2 yang aku suka dari Sulawesi. Panada, borongko, pisang peppe, banyak deh :). Mba Ade udah nyobain apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Borongko belum. Pisang peppe juga belum. Baru sedikit kudapan sulawesi yg pernah aku coba

      Hapus
  3. Wah aku seringnya makan pastel kalau yg jalangkote ini blm pernah... Jd pgn nyobainnn hmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba..coba.. Kalo ada yg ke makassar, nitip aja jalangkote

      Hapus
  4. Jalangkote dan sambel khasnya itu emang mantep banget. Saya pernah makan, homemade yg bikin orang Bugis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik. Aku belum pernah nyoba bikin sendiri sih. Tapi waktu itu dioleh olehin sekotak penuh

      Hapus
  5. baru dengar namanya... namanya agak memancing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata blognya widyastuti yg aku skrinshut resepnya tuh aslinya namanya jalan kote. Tapi karena orang makassar sering menambahkan suku kata ng di akhir kata maka jadilah jalangkote

      Hapus
  6. Wah sepertinya enak nih. Mirip pastel ya, kalo jalangkote ini aku nggak pernah makan, malah baru tau sekarang ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak. Asli enak banget malah lebih enak drpd pastel

      Hapus
  7. Iya,mirip pastel.
    Temenku orang Sulawesi juga pernah ngajak makan ini. Enaaak.

    BalasHapus
  8. Waktu tinggal di Makassar saya juga suka beli jalangkote, alahmak besar banget porsinya :D

    BalasHapus
  9. wah baru tau aku kalau makanan ini khas makasaar, kalau disini namanya pastel...

    BalasHapus
  10. liat fotonya jadi laper nih, di mana yaa bisa dapetin Jalangkote khas Makassar di Jakarta...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.