Minggu, 18 September 2016

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.



Masakan yang tersaji di Restoran India itu, meski nama-nama menunya sama tapi sebenarnya cita rasanya terbagi menjadi dua, yaitu Masakan India Utara dan Masakan India Selatan.

Asal muasal aku mengetahuinya ketika beberapa tahun lalu, aku berkunjung ke Singapura. Disana, meski sekilas sama-sama tertulis masakan India dengan variasi menu yang serupa, tapi jika diperhatikan dengan jelas mereka akan menulis "South India atau North India" alias India utara dan India Selatan.

Perbedaan masakan India Utara dan India Selatan adalah:

1. Masakan India Utara itu lebih kental kuahnya dibanding dengan India Selatan.

2. Masakan India Utara lebih pedas  rasa bumbunya dibanding dengan India Selatan.

3. Masakan India Utara lebih sedikit variasi sayurnya ketimbang masakan India Selatan. 

Jadi, kalau ingin makan masakan India tapi banyak pilihan menu sayurannya, maka carilah masakan India Selatan.

4. Masakan India Utara banyak menggunakan minyak kacang (minyak yang diperoleh dari kacang tanah) sedangkan masakan India Selatan banyak menggunakan minyak sayur. 

Pembedaan penggunaan minyak ini membuat aroma masakan yang dihasilkan menjadi berbeda. Mungkin, ini sebabnya masakan India selatan lebih terasa ringan dan "encer" ketimbang masakan India utara yang lebih terasa kental dan berat.

5. Masakan India  utara banyak mempergunakan hasil dari hewan ternak seperti susu, yogurt, keju. Sedangkan masakan India Selatan banyak mempergunakan hasil dari tumbuhan seperti kelapa, padi, sayuran.


Nah, poin yang nomor lima ini, menghasilkan perbedaan ketika kita memesan aneka variasi menu masakan India di restoran India Utara, maka kuah kental mereka dihasilkan dengan menggunakan susu atau yogurt.
Sedangkan masakan dari restoran India Selatan, kuah kental mereka dihasilkan karena penggunaan santai kelapa.

Saudara saya, kebetulan dia memang memiliki sedikit alergi pada semua produk yogurt. Suatu hari setelah makan Ayam briyani, dia sakit perut dan mules-mules. Tapi, di hari lain perutnya biasa-biasa saja. Usut punya usut, ternyata dia tidak cocok jika membeli ayam briyani keluaran India Utara yang dihasilkan dari rendaman yogurt setelah ayamnya dibumbui. Sedangkan ketika mencoba menu yang sama tapi keluaran dari restoran India Selatan, dia biasa-biasa saja.

6. Restoran India selatan  menyajikan nasi sebagai pendamping menu utama mereka. 

Jadi, di restoran India Selatan, makanan dari roti gandum India itu adalah hidangan cuci mulut, bukan hidangan utama. Karenanya, variasi roti india di restoran India Selatan lebih beragam. Karena mereka bisa dikudap tanpa didampingi lauk utama.

Sedangkan restoran India Utara umumnya menyajikan aneka produk roti untuk dikudap dengan menu utama di restoran mereka. Jadi variasi roti india-nya tidak banyak, hanya sebatas chappati atau nan.

Tentu saja, karena orang India melakukan banyak penyesuaian, maka di beberapa tempat di Singapura dan Malaysia, nasi mulai bermunculan sebagai alternatif pengganti roti. Tapi, tetap ada banyak restoran India utara yang mempertahankan tradisi, hanya menyediakan aneka macam roti gandum untuk menikmati aneka hidangan yang mereka sajikan. Paling ada lentil (sejenis biji-bijian berwarna kuning yang rasanya mirip nasi gandum).


A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on

A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on

A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on

A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on

A photo posted by Ade Anita (@adeanita4) on


Gimana? Kalian lebih suka masakan India utara atau india selatan nih jadinya? Aku sih tetap, suka keduanya. Hmm... jadi pingin.

20 komentar:

  1. Belum pernah makan masakan India mbak, penasaran Ama roti India. Bentuknya unik, cuma tipis gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dengan makanan aceh, itu mirip2 kayaknya. Ada roti jala dan karinya juga

      Hapus
  2. Nasi briyani nya bikin perut keroncongan mbak.. baru tau nih ternyata ada masakan india utara dan india selatan hhe

    BalasHapus
  3. Aku cuma tau nasi briani mba Ade.. Aku suka keduanya kayanya mba, doyan sayur soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, keduanya sama enaknya. Tapi, aku punya anak yg gak tahan makan makanan pedas jadi dia gak kuat kalo diajak makan di resto india utara

      Hapus
  4. Jadi lapar mbak. Hehe😃 sama juga seperti masakan indonesia ya. Sate misalnya.. ada sate madura ada sate padang (nyambung gak sih ini?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo sate madura kan dari bumbu kacang yg diulek sedangkan sate padang bumbu kacangnya dicampur dengan santan lalu dimasak

      Hapus
  5. Saya belum pernah mbak mencoba masakan khas india karena ditempat saya tidak ada yang jualan makanan khas india, tapi meskipun belum pernah makan makanan india tapi sudah tahu perbedaannya setelah membaca artikel ini.

    BalasHapus
  6. Terlihatnya sih enak, tapi belum pernah merasakan masakan india.. hehe

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu ada beda antara makanan india utara dan selatan. Waktu di spore dulu pernah nyoba yang resto vege...yang semuanya pake yogurt. Gak cocok sama lidahku. Asem2 gitu. Mos burger nya udah nyoba. Kurang cocok juga. Yang cocok kayanya yang udah familier aja kaya roti prata, roti naan, kari, dalca

    BalasHapus
  8. wah aku belum pernah makan masakan india. penasaran...

    BalasHapus
  9. Saya suka masakan India Utara Mbak
    Kalau bikin saus juga enak pakai yogurt sedaaap...
    Biryaninya juga lebih nendang rasanya asem2 pedess.

    BalasHapus
  10. di medan sumatera utara ada berbagai makanan dan masakan dari india tapi dari india selatan.karena etnis tamil itu. yang berasal dari india selatan banyak yang tinggal di sumatera utara

    BalasHapus
  11. Perkenalkan saya doyan bangets...
    Saya ga secanggih sahabats karena termasuk stw generation's so bolehkan berteman dg mbak Ade via wa, line, BBM saja?

    BalasHapus
  12. mba apakah makanan india halal untuk yang muslim ?

    BalasHapus