Langsung ke konten utama

Mengapa Belanja di Online Shop Lebih Menarik versi Ade Anita

[Jalan-jalan] Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 ini, yang namanya jalanan di kota Jakarta itu mulai sepi. Bagaimana tidak? Karena memang terjadi liburan panjang. Anak-anak sudah bagi rapot pekan lalu sebelum tanggal 25 Desember, dan bahkan gaji pegawai juga sudah dibagikan. Alias waktu pembagian gajinya dipercepat. Mungkin agar yang membagikan gaji juga bisa cepat-cepat berlibur.

Dan memang waktu liburan menjadi panjang. Dari tanggal 24 Desember s.d 2 Januari. Itu sebabnya banyak orang Jakarta yang memilih untuk pergi berlibur ke luar kota atau luar negeri. Aku sekeluarga saja yang tetap jaga gawang di liburan panjang akhir tahun ini.

Tapi, aku menikmatinya sih meski tetap berada di dalam kota Jakarta. Karena diskon terjadi banyak tempat. Mulai dari mall besar hingga mall kecil, termasuk di Matahari Mall yang umumnya terdapat di beberapa mall yang ada di Jakarta.

Kemarin, ketika aku sedang jalan-jalan ke Mall Plaza Senayan, aku rada kaget juga sih. Karena ternyata mulai terlihat beberapa gerai toko spesialis yang tutup di Mall tersebut. Padahal, aku sekeluarga lumayan cukup sering melihat-lihat isi toko tersebut. Usut punya usut ternyata penyebabnya karena sekarang semakin banyak orang yang memillih untuk berbelanja di online shop.

Beberapa barang yang semakin menunjukkan peningkatan permintaan di online shop yang ada di internet menurutku adalah:
- Belanja buku
- Belanja barang elektronik
- Belanja pakaian
- Belanja alat kosmetika atau alat penunjang kesehatan dan kebugaran
- Belanja perlengkapan penunjang hobi
- Belanja perlengkapan rumah tangga


Sekarang, jumlah jenis barang yang dicari orang hingga mereka akhirnya memilih untuk berbelanja di online shop malah sudah bertambah dengan berbelana benda-benda seperti:
- Belanja perlengkapan berkebun
- Belanja perlengkapan kendaraan bermotor
- Belanja furniture

Jadi tidak heran jika perlahan tapi pasti, mall mulai sepi dari gerai toko yang berjualan. Kebanyakan, mall sekarang berisi gerai makanan atau gerai yang memungkinkan orang untuk berkumpul dan membuat janji untuk bertemu. Tapi yang beli tidak banyak.

Tapi memang belanja di online shop lebih enak sih menurutku.

Mengapa Belanja di Online Shop Lebih Menarik versi Ade Anita:

1. Karena kita bisa bebas membandingkan harga antara harga di satu online shop dengan harga di online shop yang lain dengan lebih mudah.

Lebih mudah disini karena kita tidak punya perasaan "Ah, nggak enak ah, Udah nanya-nanya tapi nggak tahunya nggak jadi beli."

Karena, semua barang yang dipajang di online shop itu umumnya sudah tercantum harganya. Jadi kita tinggal berpindah halaman saja tanpa perlu bertanya-tanya.

Oh ya, online shop yang aku maksud disini adalah website yang mengkhususkan diri untuk berdagang dengan sistem online shop ya. Jadi bukan online shop milih perseorang.
Hmm, kalau online shop milih perseorang juga terlalu riskan sih menurutku kalau buat beli-beli. Karena, kalau kita cuma tanya-tanya saja dan lalu berniat untuk membandingkan harga saja dulu sambil berpikir ulang mau beli apa nggak. Tiba-tiba muncul sebuah status nyinyir di media sosial,

"Sis, kalau situ nggak punya uang, mending nggak usah pura-pura naksir barang deh. PHP banget sih, nanya doang tapi nggak pernah beli."

Ish. Kasar banget menurutku. Itu sebabnya aku jarang bertanya ke online shop perseorangan yang tidak mencantumkan harga dan meminta kita japri jika ingin mengetahui harga barang mereka.

Sebagai solusinya, aku selalu memilih untuk browsing barang yang aku taksir di website online shop besar saja.

2. Kita bisa melihat detail jenis barang yang ditawarkan tanpa harus membuat resah penjualnya.

Hehehe. Entah ya, mungkin aku yang sensi-an orangnya.
Jadi, aku sering menangkap ekspresi tidak nyaman dari SPG atau penjual tempat aku bertanya detail dari barang yang "baru" aku taksir.

Mereka seperti mengirimkan pesan: elu-nanya-nanya-gini-mau-beli-apa-nggak-nih? jangan-sampai-gue-udah-capek-dan-barang-gue-berantakan-elu-ubek-ubek-abis-itu-elu-nggak-jadi-pergi.

Duh, harusnya ya, pembeli itu kan raja. Jadi, bebas lah kalau pembeli bertanya detail dan nanya macam-macam. Selama pertanyaannya, "Situ udah punya pacar apa belum sih?" atau "nomor telepon situ berapa?" ya dilayani saja semua pertanyaan dari calon pembeli.

Nah, di website online shop, kita tidak akan bertemu dengan kendala wajah jutek penjual tersebut insya Allah. Jika ingin melihat detail barang yang ditawarkan tinggal klik opsi "lihat detail". Terus lihat juga penampakan barang yang umumnya terpajang dalam berbagai sudut pandang.

3. Kita bisa menghasilkan keputusan akan membeli atau tidak jadi membeli karena review yang sudah disediakan disana.

Nah, ini juga bagian yang sering tidak pernah aku lewatkan. Yaitu review yang pernah diberikan oleh pembeli sebelumnya.
"Sis, makasih ya barang sudah sampai di rumah. Cepat dan makasih.. dikasih bonus ternyata."
"Wah, ternyata barangnya lebih bagus daripada yang ada di gambar. Makasih ya sis."
"Sis, aku suka barangnya. Sesuai dengan ekspektasiku."

4. Kejujuran dan Berani Berterus Terang.


Kebalikan dari semua review positif di poin 3 di atas, enaknya belanja di website online shop itu juga karena pemilik web online shop umumnya jujur-jujur. Mereka tidak menghapus apapun jenis komentar termasuk jika itu komentar negatif.

"Sis, aku sudah menunggu selama 2 minggu tapi barang belum juga datang. Gimana dong?"
"Duh, ternyata warnanya nggak banget deh. Beda banget dengan yang ada di gambar."

Semua pernyataan jujur ini aku hargai banget.
Katanya sih, toko online yang bernaung di dalam website online shop dan banyak menuai komentar negatif akan ditendang dari  naungan website online shop ini dan bahkan diblock agar tidak bisa berjualan lagi di dalam website online shop ini. Begitu juga barang yang sering menuai kesan negatif dari pembeli akan diblock hingga barang tersebut tidak bisa lagi dijual di website online shop ini.

Itu sebabnya aku percaya dengan keberanian website online shop menjual berang.

Dan di antara booming munculnya banyak sekali website onlne shop, maka salah satu website online shop terpercaya yang aku rekomendasikan adalah Mataharimall.com.

Enaknya  belanja di MatahariMall.com itu, salah satunya adalah untuk pengambilan barangnya, selain jasa antar barang juga ada pilihan mengambil barangnya langsung ke toko Matahari Mall terdekat yang umumnya terdapat di kota-kota besar. Kebetulan rumahku dekat dengan Mall dimana ada Matahari Mall di dalamnya. Jadi, lihat barangnya di website, tapi ambil barangnya bisa datang ke Mall. Jika tidak cocok dengan warna yang kita sudah pilih, bisa tuker langsung dengan warna lain.

Mudah kan? Aman lagi.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.