Sabtu, 20 Mei 2017

Keyboard Gaming Murah Agar Gaming Makin Asyik

[Oleh-oleh] Jaman dahulu, yaitu ketika jaman aku masih kecil/muda dahulu (sebelum era tahun 2000-an), jika sedang jalan-jalan sekeluarga maka kegiatan yang diisi oleh para anggota keluarga yang ikut berjalan-jalan adalah ngobrol atau melakukan permainan.

Permainannya yang dimainkan macam-macam sih. Di lokasi piknik, kami bermain layang-layangan besar. Atau pergi menyusuri sungai yang berbatu. Sesekali, sambil mencari batu yang bentuknya unik. Atau permainan mencari kulit kerang yang bagus di pinggir pantai. Di dalam kendaraan, kami bernyanyi bersama. Atau main teka-teki. Ramai dan semua orang ikut serta. Itulah kegiatan kami jaman dahulu untuk mengisi waktu yang terentang agar tidak sepi. Jaman ketika belum ada yang namanya komputer. Komputer sudah ada sih di gunakan di jaman itu. Tapi, belum jadi barang yang harus ada di rumah tangga. Biasanya adanya di kantor-kantor. Karena bentuk CPU nya yang amat besar. Lagipula, segala sesuatunya masih ditulis di buku secara manual. Dan surat pos serta telepon masih menjadi barang yang amat dibutuhkan untuk berkirim kabar.



Pentium 1 komputer itu saja, baru muncul di Indonesia  sekitar tahun 1993-an. Sebelumnya, jika ingin menyalakan komputer kita harus menggunakan OS Dos. Buat aku yang gaptek, di samping komputerku sudah tersedia sebuah catatan contekan berisi kode-kode yang harus aku ketik di atas Keyboard. Tanpa menulis kode-kode tersebut, komputer sulit untuk bisa langsung tampil di layar monitor. Nah, dengan kemunculan Pentium 1 ini, kegiatan menuliskan aneka macam kode-kode itu sudah tidak perlu lagi dilakukan.

Kita tinggal menyalakan tombol power. Lalu menunggu beberapa saat barulah komputer menyala. Lalu kita tinggal menyalakan aneka program yang memang disematkan di dalamnya.

Ngomong-ngomong soal program yang disematkan. Jaman dulu itu, aneka program yang ingin disematkan di dalam komputer itu harus diinstal secara manual dengan menggunakan floppy disk terlebih dahulu. Kalian, generasi jaman sekarang apakah mengetahui floppy disk itu seperti apa? Seperti ini nih bentuknya.

credit foto: wikipedia

Untuk satu program komputer yang ingin diinstal itu, biasanya memerlukan beberapa lembar floppy disk. Dan untuk menginstalnya bisa berjam-jam. Kadang semalaman. Mungkin itu sebabnya game-game komputer jaman dulu tidak seberagam seperti jaman sekarang. Hehehe. Keberadaan game untuk dibenamkan di dalam PC Komputer itu perlu sih. Di awal tahun 1990-an, yaitu ketika komputer mulai merambah masuk ke rumah tangga dan tidak lagi hanya ada di kantor-kantor saja, kebutuhan orang ketika menggunakan komputer tidak hanya untuk keperluan pekerjaan saja. Tapi juga untuk bersantai dan mencari hiburan. Main game itu adalah pilihan yang paling mudah dilakukan saat itu. Kita tinggal tutup program dimana kita sedang mengerjakan sebuah pekerjaan, lalu buka program permainan game. Otak yang semula tegang dan mulai jenuh dengan pekerjaan pun, jadi bisa sedikit rileks.

Perkembangan Game-Game PC 


Aku sendiri, mulai mengenal game-game komputer itu ketika mulai membuat skripsi sih. Yaitu tahun 1995-an. 

Jaman dahulu, yang namanya google belum banyak menyimpan data. Dan lalu lintas media sosial juga baru tersedia lewat mailing list atau group chat komunitas terbatas. Cara cepat mencari dan mengumpulkan data untuk bahan tulisan skripsi atau apapun sejenisnya ya dengan cara manual, datang ke perpustakaan lalu mencari buku-buku yang menulis tentang data yang kita cari tersebut. Lalu mencatatnya di buku. Membuat rencana penulisannya di atas kertas. Setelah itu baru disalin ke komputer untuk penyusunannya secara lengkap.

Lelah kan? Ribet kan? Makanya perlu banget (kalau aku) main game komputer. Rasanya salur-salur otak yang mulai tegang  jadi terurai dan tertata kembali. 

Ada banyak game komputer yang memang sudah dibundle di dalam komputer PC kita saat itu. Umumnya adalah, minesware, permainan kartu, racing (balapan mobil), misi penyelamatan (seperti Prince of Persia atau Kungfu Fighter. Jadi, ada tokoh yang ditugaskan untuk menyelamatkan seseorang. Masalahnya, banyak banget tantangan yang harus dihadapi dalam misi penyelamatan itu. Seperti lompat dari tebing ke tebing. Menghindari jurang, menghindari binatang buas, menghindari lontaran bom yang dijatuhkan dari langit. Macam-macam deh. Itu kalau di kehidupan nyata mending ngibarin bendera putih duluan kali ya. Hahahaha. Tapi di game, ini jadi seru banget karena ada banyak sekali tantangannya). 

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, maka permainan game pun semakin kaya akan suara, grafis, dan juga ide dan tantangannya. Tapi bagi kami para pengguna permainan game, malah jadi semakin asyik tuh. Bermain game menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang saat ini ketika mereka menggunakan komputer mereka. 

Jadi, jaman dulu, permainan game di PC komputer itu hanya kegiatan sampingan selepas melepas penat pekerjaan. Jaman sekarang, bahkan bermain game sudah menjadi kegiatan utama yang akan dilakukan oleh orang ketika mereka menyalakan komputer mereka sepulang dari bekerja atau bersekolah.

Jaman sekarang, ketika akan membeli sebuah komputer, maka seorang gamer biasanya akan melihat bagaimana kemampuann komputer tersebut apakah mumpuni untuk menopang kegemarannya bermain game. Lalu menambahi dengan peralatan yang bisa menunjang kegiatan bermain game.

Peralatan Yang Harus ada agar Bermain Game PC Semakin Asyik

Aku pernah ngobrol dengan putra sulungku yang hobi banget main game hingga larut malam ketika masih kuliah dulu. 

Asal tahu saja ya, putra sulungku ini jika sudah  bermain game DOTA, dia bisa bermain hingga nyaris shubuh. Jam 02.00 atau 03.00 baru berhenti. Itu pun sepertinya karena ingat besok masih ada kuliah kali ya. Makanya jangan heran ketika dia masih kuliah dulu, sering banget melihat dia tidur dimana saja. 

anaknya tidur, ibunya selfi dengan latar belakang anaknya yang tidur.


Kemarin, ketika aku sedang berjalan-jalan di mall, aku bertanya pada dia.

"Sekarang, kamu masih suka main game di komputer nggak?"
"Masih kadang-kadang. Kenapa bu?"
"Nggak nanya saja iseng. Soalnya, ibu lihat kan kamu pulang kantor selalu malam tuh. Apa masih ada energi buat main game seperti kuliah dulu."
"Game itu untuk santai sih bu kalau aku. Juga untuk silaturahmi dengan teman. Lawan-lawan aku main game kan teman SMA dulu, atau teman kuliah dulu. Jadi sambil chatting dengan mereka, ya kami main game juga tanding."

ngobrol ketika sedang ngemall dengan anak

"Ibu sendiri, masih suka main game nggak sekarang?"
Hehehe, iya. Aku memang sering sekali main game .... dulu tapinya. Sekarang sudah mulai berkurang.
"Sudah tidak segila dulu lagi ibu main game. Sekarang ibu lebih banyak main game yang ada di gadget android. Terus, lama-lama bosan sendiri. Jadi berhenti deh. Makanya ibu tanya kamu, kamu merasa bosan nggak main game sekarang? Siapa tahu gitu karena kondisi sudah berubah, sekarang sudah orang kantoran jadi nggak suka main game lagi."
"Nggak ada hubungannya deh bu. Game itu kan salah satu kegiatan rekreasional.  Kalau aku, kurang begitu suka main game di gadget android. tantangannya kurang banyak menurutku. Juga keasyikannya. Lebih enak main game di PC Komputer.  Tantangannya nggak habis-habis. Suaranya menggelegar, getarannya juga terasa di tangan. Terus tampilan di monitor komputer juga lebih besar kan bu daripada layar tablet atau gadget apapun deh. Makanya aku kurang tertarik main game di gadget. Aku tetap lebih suka main game di komputer."

Itulah pengakuan anakku yang seorang gamer PC Game

Untuk seorang gamer Game PC, ada beberapa peralatan yang harus ada agar bermain game PC semakin asyik. Aku merangkumnya menjadi 5. Mereka adalah:


1. Mouse.

Ini sih harus ya. Karena memudahkan kita untuk mengklak-klik arah cursor guna berpindah tempat di layar monitor kita.

2. Mousepad.

Ada Mouse, tentu harus ada mousepad dong. Karena mousepad ini berfungsi untuk menjadi alas tempat mouse bergerak. Mouse terkadang menjadi kurang responsif jika langsung di atas kayu meja tulis. Mousepad membuat performa mouse jadi lebih optimal.

3. Keyboard.

Selain mouse, keyboard juga berguna untuk bermain game yang membutuhkan strategi seperti Defense of the Ancients atau DotA, sebuah map strategi perang antar alliens yang merupakan modifikasi dari game Warcraft. Sebab permainan itu memerlukan banyak tombol. Biasanya para pencinta game PC lebih memilih keyboard mekanikal karena punya sensasi tersendiri dan responsivenya lebih cepat dibandingkan dengan keyboard standar. Keyboard mekanikal juga lebih tahan lama dan pasti awet.

Kenapa para gamer lebih memilih untuk menggunakan keyboard gaming? Karena keyboard biasa yang non mekanikal itu punya beberapa kekurangan. Kekurangan itu adalah: Membuat jari merasa cepat lelah, mudah Rusak (tergantung pemakaian sih sebenarnya, tapi kalau sudah main game kecepatan berpindah dan kekuatan mengetuk itu membuat keyboard biasa cepat jebol biasanya). Selain itu, keyboard biasa ketika rusak tidak bisa dibenarkan secara manual. Dan hal lain adalah tidak dapat custom tombol sendiri. Hehehe, yang terakhir ini karena game online itu sering ada pertandingannya. Hadiahnya dalam US Dollar dan tidak sedikit jumlahnya. Jika sedang bertanding gitu, enak juga kan kalau bisa nenteng keyboard mekanikal sendiri yang sudah di custom hingga menjadi ciri khas kita.

Kelebihan dari keyboard gaming atau keyboard mekanikal bisa dikatakan adalah sebagai berikut:

  1. Lebih Tahan Lama dibandingkan keyboard Umum dan katanya sudah diuji coba bahwa Keyboard Mechanical tahan hingga 50 Juta kali tekanan pada tiap tombol.
  2. Pada penekanan tombol di keyboard lebih ringan dan bentuk lebar dari permukaan tombol lebih besar / pas di ukurang jari.
  3. Memberi sensasi nyaman ketika menekan keyboard menchanical yang membuat jari tidak cepat merasa pegal maupun pergelangan tangan.
  4. Mudah untuk dibersihkan dikarenakan Tombol yang terdapat di keyboard dapat dilepaskan dan dibersihkan.
  5. Lebih Modern, pada bentuk Keyboard lebih elegan dan memiliki Backlight LED di belakang keyboardnya.
  6. Dapat melakukan Custom sendiri di Tombol Keyboard.
Cuma memang sih yang namanya Keyboard gaming atau keyboard mekanikal itu rata-rata tidak murah. Meski tetap jika kita mau usaha, kita akan menemukan keyboard gaming murah. Jaman sekarang bisa juga mendapatkan keyboard gaming murah di online shop biar cepat dan tidak buang waktu. Ada banyak dijual. Cara mudah mencari keyboard gaming murah ya mungkin bisa mampir ke online shop mataharimall.com mungkin ya. Seperti ini nih keyboardnya (semua foto keyboard gaming ini aku ambil dari mataharimall.com ya; jadi credit foto pada merchant yang tergabung di mataharimall.com). 

keyboard gaming combo with mouse ini keluaran logitec

keyboard gaming with mouse ini keluaran Rexus

LED keyboard gaming yang ini juga keluaran Rexus

4. Speaker atau Headset

 Main game itu lebih asyik jika suaranya menggelegar. Tapi, jika hal itu dilakukan tentu orang-orang sekitar bakalan protes karena keberisikan. Apalagi para gamer seperti putraku yang sering bermain game di malam hari. Bisa-bisa dibully orang serumah deh kalau dia nggak pakai headset main gamenya. Jadi, biasanya selain disambungin ke speaker, maka para gamer sering juga menyambungkan lagi speaker yang mereka gunakan pada headset mereka. Jadi, mereka tetap bisa asyik bermain tanpa mengganggu orang di sekitarnya.

5. Stick

Beberapa game konsol memerlukan tambahan stick untuk melancarkan permainan game. Jadi, punya stick ya nggak ada salahnya sih.

Dah. Itulah perkembangan game PC yang sudah sukses membuat anak betah di rumah. Jadi sekalinya diajak jalan-jalan keluar rumah, mereka tampak begitu menikmati seakan baru keluar dari dalam gua. Kalau sudah begitu, kita jadi santai ngajak jalan-jalannya. Karena standard bahagia mereka murah meriah kok biasanya. Betul apa betul? Nanti kalau anak-anak tidak diajak pergi, bisa juga kasih mereka oleh-oleh peralatan ngegame. hehehe.


1 komentar:

  1. Aku nggak pernah ngegame bun, sebel kalo ngegame nggak bisa-bisa alias kalah melulu hahaha

    BalasHapus