Langsung ke konten utama

Masker Hitam Pencabut Komedo dari Vienna

[Oleh-oleh] Konon katanya jerawat(an) itu banyak dialami oleh mereka yang hormonnya tidak stabil. Katanya loh ini. Makanya yang banyak jerawatan itu umumnya adalah remaja. Karena mereka mengalami perubahan hormon dari anak-anak menjadi dewasa muda.

Eh tapi, sepertinya ini tidak sepenuhnya benar sih. Karena pada beberapa orang ternyata masalah jerawat tetap dialami hingga mereka berusia di atas kepala 3. Jadi, kalau aku sih lebih percaya mungkin masalah jerawat itu dialami oleh beberapa jenis kulit. Umumnya, mereka yang punya problematika jerawat adalah mereka yang memiliki masalah dengan kulit berminyak.

Nah. Sebenarnya aku termasuk yang alhamdulillah tidak mengalami problema jerawat sih. Karena jenis kulitku termasuk golongan pemilik jenis kulit kering. Tapi, kalau aku malas membersihkan wajah, tetap saja sih. Terserang komedo. Kalian tahu tidak komedo itu apa?

alhamdulillah amat sangat jarang jerawatan karena punya kulit kering. Tapi, jika malas membersihkan wajah, sering muncul komedo nih... huhuhuhu


Apa itu Komedo?

Di website Alodokter.com, diberi keterangan bahwa komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung, dan lengan.

Masih dari website Alodokter.com nih, katanya sih komedo itu terbagi menjadi banyak jenis. Yakni:

Komedo terbuka (komedo hitam). Informasi mengenai gejala, penyebab, dan penanganan untuk komedo hitam akan dibahas pada halaman ini.Komedo tertutup (komedo putih), merupakan jenis komedo di mana folikel rambut sepenuhnya tersumbat.Mikrokomedo, merupakan komedo yang sangat kecil yang tidak tampak oleh mata.Makrokomedo, merupakan komedo putih dengan diameter 2-3 mm.Komedo raksasa, merupakan sejenis kista di mana terdapat ujung terbuka berwarna hitam di atasnya.Komedo solar, seringkali dijumpai di daerah pipi dan dagu pada lansia, dan paparan sinar matahari ditengarai menjadi penyebabnya.

Penyebab Komedo

Selanjutnya, dari website Alodokter.com, dikatakan bahwa setiap folikel rambut terdiri dari sehelai rambut dan kelenjar minyak (sebum) yang berfungsi menjaga kulit tetap halus. Komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi tampak hitam.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, di antaranya:

Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).
Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.

Ugh ya ampun ya. Mungkin karena jenis kulitku kering, jadi komedoku tuh nggak cuma di wajah saja. Tapi juga sampai ke kulit kepala gitu. Jadi kalau lagi iseng ngelus-ngelus kepala sendiri, suka nemu satu dua komedo kecil yang bercokol di kulit kepala. TInggal tiss... aku kelopekin karena gemas. Kadang luka sih. Hehehe. Gimana coba cara bersihin komedo di kulit kepala yang tertutup jilbab seharian selain dikeletekin?

Eh tapi, kalau komedo di kulit wajah sih, kita bisa mengangkatnya alhamdulillah. Nggak usah jauh-jauh ke salon. Tapi cukup dengan perawatan di rumah. Caranya? Dengan memakai masker hitam.

Masker Hitam Pencabut Komedo dari Vienna

Vienne Peel Off Face Mask With Mud and Ginko Biloba Adalah masker buatan Indonesia loh. Bentuknya sachetan gitu, untuk sekali pakai. Jadi kalau bisa pas memakainya nggak usah dihemat-hemat. Habisin saja isi sachetan itu untuk seluruh permukaan wajah hingga ke bawah dagu dikit.

Harganya murah, aku beli di toko online Buxxxxx cuma Rp7500/sachet. Tapi, kalau kalian sedikit rajin dan pergi ke pasar tradisional, disana juga dijual di gerai barang kosmetika, harganya bisa lebih murah, berkisar antara Rp6000-an gitu deh. Pinter-pinteran kalian menawar lah. 


Karena ini diperuntukkan untuk lelaki, maka gambar di covernya adalah cowok yang lagi maskeran.
Iya. Cowok kan butuh juga kulit yang halus dan enak dipegang. Biar pasangannya juga enak buat ngelus-ngelus wajah cowoknya.  Kan kebahagiaan bersama toh?

Eh tapi, ini bukan berarti mereka memproduksi masker ini khusus untuk cowok aja. Ada juga untuk ceweknya. Tentu saja covernya cewek lagi make masker hitam. Kalau mau murah beli banyak sih, karena pasti ada diskonnya. Kalau beli online ya dapat free ongkir deh.




Bagian belakangnya tertulis claim produknya, Cara pemakaian dan Ingredients Produknya. 

Klaim produk masker hitam ini adalah, untuk kulit lebih bersih. Lumpur hitam yang kaya akan komponen organik untuk nutrisi pada kulit dan membantu mengurangi sebum. Gingko biloba memberikan anti-oksidan dan cocok untuk perawatan kulit berminyak. KUlit senantiasa lebih halus, lembut dan berseri-seri.


Terus apa yang menarik dari Masker hitam pencabut komedo dari Vienna ini? Karena, dia masker peel off face mask. Iya, setelah dioles ke seluruh permukaan wajah, biarkan kering (mungkin sekitar 20 menitan). Jika diraba tidak lengket dan tidak lagi terasa basah, nah. kita tinggal mengelupaskannya saja dari wajah dengan cara seperti sedang mencabut stiker gitu. Praktis kan?

Aku sih termasuk yang suka bagian mengelupas-kelupasnya ini. Serasa lagi mengelupas apa gitu. Tapi, kalau anakku yang remaja dan memang sedang "berternak" jerawat. dia mengaduh-aduh kesakitan ketika masker ini dikelupaskan. Katanya sih sakit. Tapi kalau cuma komedo kecil-kecil sih nggak sakit pas dikelupasin. 



Coba deh. Tuh... hasilnya coba lihat. Bintik-bintik putih yang menempel di atas permukaan hitam itu adalah komedo kecil-kecil yang tercerabut dari wajah kita. Senang deh pokoknya lihatnya. Serasa lagi panen komedo gitu. 

Sudah begitu, wajah jadi terasa lebih segar dan berseri-seri deh. 

----------------------------------
Bahan bacaan:
http://www.alodokter.com/komedo

Komentar

  1. Baru tau ada produk ini Mbak. Hidungku juga bermasalah banget sm komedo, kalo lg khilaf tanganku gatel banget nyongkel2 pake alat yg bulet2 itu yg efeknya malah jd kering. Huhuhu
    Kalo harganya 7rban lumayan ya kalo bs ngusir komedo tanpa sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan. kalo dicongkel nanti jadi bolong kulitnya

      Hapus
    2. jangan. kalo dicongkel nanti jadi bolong kulitnya

      Hapus
  2. Pesan di mana bunda...boleh tny ga itu wajah kinclong banget ky porselen tiongkok pelembab wajah sm sabun muka nya apa??? Pertnyaan kepo nih...soalnya muka sy bnyk masalah pdhal percintaan ga ad masalah heehhehe..please ksitau rahasia cantik nya bunda...😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhehe... nanti deh aku tulis

      Hapus
  3. Karena kulitku kombinasi, berminyak di bagian T saja, jadi yang komedoan hanya sekitar ujung hidung aja. Itu jg kalo beberapa hari gak bersiin muka sblm tidur. Tapi saya suka lohh maskeraaan. Keknya yang ini bisa dicoba deh. Thanks ya kak infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh.. ada loh plester khusus utk angkat komedo di hidung doang..kapan2 aku tulis ya

      Hapus
  4. Jadi pengen nyobain
    Kebetulan lagi nyari masker peel of begini

    BalasHapus
  5. Baru tahu merk ini. Harganya terjangkau lagi kalau dibandingkan produk serupa dari merk lain. Salam kenal

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalo komedo bisa sampai ke kulit kepala, Mbak Ade ...

    BalasHapus
  7. mau coba tapi takut sakitnya pas dicopot :'(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.