Langsung ke konten utama

Roti Kering Kacang Kenari Dari Ambon

[Oleh-oleh] Dulu, waktu aku masih kecil ibuku tuh sering banget yang namanya membuat roti kering. Baik roti kering manis maupun roti kering asin. Mungkin karena kami sekeluarga pada gemar menonton televisi sambil mengudap sesuatu. Tentu saja sambil ngobrol ngalor-ngidul. Keluarga besarku dulu memang hobi dengan yang namanya ngobrol. Jadi, televisi menyala berisik, demikian juga dengan mulut kami. Ngoceh terus dengan suara berisik. Dan karena anggota rumah banyak maka untuk jajan pastinya mahal dong. Untuk mensiasatinya maka ibuku sering sekali membuat aneka macam kudapan. Salah satunya ya roti kering.

Cara membuat roti kering itu mudah sekali.

Resep membuat roti kering manis:

Bahan yang dibutuhkan:

Roti tawar
Gula pasir
Mentega

Cara membuatnya:


  1. Roti dioles dengan mentega. Setelah itu beri taburan gula di atasnya hingga seluruh permukaan roti tertutup oleh gula secara sempurna. Tidak perlu terlalu tebal atau banyak gulanya. Jadi, jika sudah ditaburi gula, pereskan (ratakan lagi tumpukkan gula dengan menyisirnya dengan pisau roti. (hehehe, keluargaku punya riwayat diabetes).
  2. Panggang roti di dalam oven selama 10 menit saja, hingga warnanya kuning kecoklatan (suhu oven 180*) dan roti mengeras.
  3. Angkat. Siap disajikan. Jika tidak habis, taruh dalam toples. yang tertutup rapat.
Tuh. Gampang kan?
Jika ingin roti gurih, beda lagi resepnya.

Resep Roti Kering Gurih

Bahan yang dibutuhkan:

roti tawar 
mentega
garam
bawang putih halus

Cara membuatnya:

  1. Campur garam, bawang putih halus dan mentega. Aduk rata. Sisihkan
  2. Olesi roti dengan campuran mentega yang telah diberi garam dan bawang putih hingga rata seluruh permukaannya.
  3. Panggang di dalam oven selama 10 menit hingga warna roti berwarna kuning kecoklatan dan bentuknya mengeras. 
  4. Angkat, hidangkan. Jika tidak habis bisa dimasukkan dalam toples, tapi kali ini, roti kering gurih ini hanya bisa bertahan selama 3 hari saja di dalam toples. Bisa dikudap langsung, bisa juga dihidangkan bersama dengan sup krim, atau dicocol dengan sambal botol. Rasanya mirip garlic bread. 


Nah. Itulah roti kering khas buatan ibuku dahulu ketika aku masih kecil dahulu.
Baru-baru ini, aku dapat oleh-oleh dari seorang teman. Yaitu roti kering kacang kenari dari Ambon. Nah, bentuknya mirip banget dengan roti kering manis. Hanya saja, roti kering kacang kenari ini permukaannya tebal oleh kacang kenari manis yang dicincang agak kasar. Aku langsung dong penasaran bagaimana cara membuatnya karena rasanya enak banget.
Ada yang tahu nggak cara membuatnya bagaimana? Jika ada beritahu aku ya.

roti dasarnya tampak dari belakang

kemasannya seperti ini nih

roti tampak dari samping. Tuh, tebal banget kan lapisan kacang kenarinya. Ini enak banget loh, renyah, manis, kriuk. 

tampak dari depan. Permukaannya rata oleh kacang kenari. Rata dan padat dan tebal.

duh... bikin penasaran. Rasanya enak banget. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.