Pengikut

Masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor

| on
Juni 11, 2017
[Jalan-jalan] Masih dalam suasana Ramadhan, kali ini aku mau merekomendasikan Masjid lagi, yaitu Masjid Kifayatul Abidin yang terletak di dalam Kebun Raya Bogor.

Iya, jadi jika kalian sedang berjalan-jalan ke Kebun Raya Bogor lalu tiba waktu untuk shalat, kalian tidak perlu lagi keluar dari Kebun Raya Bogor (karena begitu masuk lagi, kalian harus membayar tiket masuk lagi. Emang tidak mahal sih, hanya Rp14.000 saat ini. Tapi kan lumayan ya, apalagi jika rombongan).



Kebun Raya Bogor, adalah objek Wisata yang terletak di Jawa Barat. Masuk Wilayah Kabupaten Bogor.

Alamatnya adalah sebagai berikut:
Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

Untuk mencapai ke sana, jika kalian punya kendaraan pribadi, dari Jakarta kalian tinggal masuk jalan tol Jagorawi dan keluar di Bogor Exit toll. Jika dari Bandung, bisa lewat Puncak. Pintu masuk Kebun Raya Bogor yang utama terdapat di depan hotel Amaris Padjajaran Hotel. Jika masuk dari sini, mobil pribadi masih bisa masuk dan parkir di dalam pekarangan Kebun Raya Bogor.

Tapi, bisa juga dicapai dengan Kereta Commuter Line, turun di Stasiun Bogor lalu naik angkot 09, turun di depan Pangrango Plaza.

Kebun Raya Bogor sendiri adalah sebuah kebun yang amat luas yang berisi aneka macam flora, baik yang sudah langka maupun yang terus di bina untuk dikembangkan atau dilestarikan. Suasananya enak. Karena terasa amat sejuk dan penuh dengan oksigen. Mungkin karena dikelilingi oleh tanaman-tanaman ya. Benar-benar sebuah tempat untuk rekreasi yang ideal baik untuk tujuan rekreasi keluarga, maupun tempat untuk rekreasi sendiri saja jika sedang ingin mencari inspirasi.

Iya, meski sendirian kita ke sana insya Allah tidak akan baper karena memang banyak yang bisa dinikmati di Kebun Raya Bogor. Ada semacam lokomotif yang bisa membaca pengunjung untuk berkeliling melihat-lihat Kebun Raya Bogor, ada danau yang luas sekali dan banyak teratai raksasa tumbuh di atasnya, juga ada rumah kaca tempat pembibitan aneka macam tanaman. Untuk yang menyukai tanaman, bisa juga membeli bibit tanaman di kios-kios tanaman yang terdapat di dalam Kebun Raya Bogor ini.

Tapi jika hanya ingin mencari inspirasi saja, Kebun Raya Bogor juga amat ideal untuk dikunjungi. Karena, di antara pohon-pohon besar yang berjajar di pinggir jalan, terdapat bangku-bangku besi yang cukup nyaman untuk diduduki.

Nah, ketika tiba waktunya untuk shalat sedangkan kalian malas untuk beranjak keluar dari Kebun Raya Bogor, kalian bisa mampir ke Masjid yang terdapat tidak jauh dari danau tempat teratai raksasa berada. Yaitu Masjid Kifayatul Abidin.


Masjid Kifayatul Abidin
Masjid ini sendiri, merupakan bangun masjid yang sudah cukup tua. Masjid Kifayatul Abidin, Secara harfiah, kifayat adalah cukup, abidin adalah ahli ibadah. Khifayatul Abidin berarti tempat ahli ibadah yang cukup.

Untuk menuju ke Masjid Kifayatul Abidin ini kita akan melewati sebuah jembatan beton kecil guna melewati sebuah empang (tempat penampungan air buatan) yang memisahkan Masjid dengan Kebun Raya Bogor. Tempat wudhu terletak di bagian samping masjid. Tapi, sebelum melewati jembatan ini, juga terdapat kamar mandi dan tempat wudhu juga di bagian depan pelataran Masjid, tepat di pinggir jalan kebun. Ada seorang penunggu toilet dengan kotak uang. Kalian bisa menyumbang seikhlasnya tapi kalau nggak juga nggak apa-apa sih. Tidak ditagih harus bayar kok jika ingin masuk ke toilet masjid ini.

Didinding sebelah utara tertanam prasasti peresmian masjid. Masjid dibangun atas bantuan Yayasan Amal Bhakti Muslim Panca Sila, dan diresmikan oleh Pak Soeharto selaku Presiden RI (kedua) dan Ketua Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila. (FYI: ciri khas masjid sumbangan dari Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila adalah, lambang bulan sabit dan bintang yang terdapat di puncak menara masjid, selalu dikelilingi oleh segi lima yang merupakan lambang Pancasila).

Secara keseluruhan masjid ini cukup nyaman dan meski banyak yang shalat dan tidak ber-ac, di dalam masjid cukup terasa sejuk. Meski hanya dimodali dengan 4 kipas angin raksasa saja.

Nah. Jadi, jalan-jalan tetap bisa jalan-jalan, tapi ibadah nggak perlu ditinggalkan jika ada kemudahan masjid ini. Alhamdulillah.
6 komentar on "Masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor"