Pengikut

World Oceans Day: #SaveOurocean

| on
Juni 12, 2017
[Jalan-jalan] Setiap tahun, yaitu setiap tanggal 8 Juni, dunia secara global memperingati hari Laut Sedunia, atau dikenal dengan istilah World Oceans Day. Pencanangan Hari Laut Sedunia atau World Oceans Days ini dilakukan agar kita semua mengingat kembali, betapa banyak hal yang telah diberikan oleh laut bagi kehidupan kita dan sebaliknya apa yang telah kita lakukan pada laut. Berapa banyak yang kita lakukan untuk laut kita?

Coba deh, sekarang kita ingat-ingat lagi sudah berapa banyak yang kita lakukan untuk laut kita? Padahal, ada loh slogan (meski ini merupakan slogan milik Angkatan Laut Indonesia sih), yaitu "Di Laut Kita Jaya".



Bahkan, Indonesia sendiri adalah negara kepulauan. Pulau-pulau yang dimiliki oleh Indonesia itu berjumlah 3000 lebih, baik yang besar maupun yang kecil. Antara satu pulau dengan pulau yang lain dipertautkan dengan hamparan laut yang amat luas. Indonesia dikelilingi oleh dua Samudra. Yaitu Samudra Pacifik, dan Samudra Hindia.

Otomatis, sejak zaman dahulu hingga sekarang, Indonesia terhubung dengan laut, memperoleh banyak sekali hasil kekayaan dari laut, dan sekaligus laut menjadi salah satu sumber pertahanan negara Indonesia.

Tapi, apa yang sudah kita, masyarakat Indonesia berikan pada laut kita? Sampah. Minyak yang tumpah. Pencemaran yang berasal dari limbah pabrik dan industri. Pemusnahan terumbu karang hingga pengrusakan ekosistem laut.

Laut yang rusak, akan memberikan dampak pada lingkungan sekitar yang juga rusak. Lingkungan sekitar laut yang rusak, biasanya akan menyebabkan terjadinya sebuah perubahan dalam tatatan masyarakat dan itu akan terus mempengaruhi kehidupan yang lain-lainnya lagi. Panjang deh urusannya.
Karenanya, sudah sewajarnya jika kita mulai memperhatikan perilaku kita terhadap laut kita.
#saveourocean

Dan ini adalah beberapa foto yang aku miliki yang berhubungan dengan laut.

lokasi: Belitung

lokasi: Belitung


@Regrann from @carinajeanmiller - i can't stop eating fish. but I can be less wasteful and this is a beautiful reminder to stop with the plastic. #Repost @ecoshaker ・・・ Thought I would share one of my favorite images for #worldoceanday2017 as it speaks to what's going on with the Ocean today. 28 billion pounds of plastic ends up in our Ocean each year (gross!) & 70% of the World's oxygen comes from the Ocean. We kill the ocean, we essentially kill ourselves. Every year, in oceans around the world, tens of millions of sharks are hunted and killed. Sharks play a very important role, as they are at the top of the food chain in virtually every part of the ocean. In that role, they keep populations of other fish healthy and in proper proportion for the ocean's ecosystem. There are so many issues with the ocean due to selfish and careless human activity. From overfishing & illegal shark finning, to ocean pollution, coral bleaching, and governments not taking responsibility for environmental ocean laws, we will in turn kill our existence on this planet. There are solutions. Act now and do something. Stop buying plastic everyday or just stop buying it. I know it's hard but just try it. I promise it will feel good. Don't eat fish, it's malnutrition seafood and toxic right now anyways. If you must consume fish, think local. It starts at home first. Educate yourself. Educate others. Wake up. Care. We are so blessed to experience the Ocean on this blue planet, but swimming in plastic is not sexy. #protectwhatisprecious #worldoceandayadeanita.com - #regrann
A post shared by Ade Anita (@adeanita4) on



9 komentar on "World Oceans Day: #SaveOurocean"
  1. Sedih banget ya mba klo lautan kotor. Kapan itu pas aq jalan2 ke salah satu pulau ya kyk gitu, kesadaran masyarakatnya masih perlu ditingkatkan utk tdk membuang sampah ke laut.

    BalasHapus
  2. ahhh pengeen ke pantaaaai mbaaak :D udaa lama bingitss gak main ke pantai. need vitamin sea :"

    masih bersih ya mbak pulau lengkuas. . semoga senantiasa bisa ttp bersih yaa, miris kalau pantai" jd kotor banyak sampaah. hhhmm oiya happr world ocean. tfs mbak, salam kenaal :D

    BalasHapus
  3. Miris ya :(
    Padahal laut kalau dijaga baik akan jadi kekayaan yang luar biasa.
    Lukisan2nya bagus, buat campaign seamatkan laut TFS

    BalasHapus
  4. pantainya bersih ya, coba kalau pantai-pantai pariwisata semuanya kyak gitu, dah pasti indonesia menjadi no 1 di sektor pariwisata lautnya...

    BalasHapus
  5. Why people bleach coral? I fon't understand that part, abouy "coral bleaching". Not only plastic, our slippers or flip flops do the same thing as waste to the oceans.

    BalasHapus
  6. Ya Allah pantainya indah sekali, birunya air dan putihnya awan. Jadi kangen pengen ke pantai :)

    BalasHapus
  7. Allah ciptakan bumi dan seisinya untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa kita juga punya kewajiban untuk menjaganya, tak terkecuali laut dengan segala isinya
    semoga World Oceans Days menyadarkan kita semua untuk menjaganya dg sebaik-baiknya 😀

    BalasHapus
  8. waw, foto2nya beningggg banget mbak. Suka ga habis pikir sih kl ada yg enteng aja buangs ampah ke laut, semacem punya pola pikir ada tempat sampah yg lebar, sungai pun juga begitu. Ini budaya, perubahannya hrs didukung sistem juga mbak. In my opinion.. *jadi berapi2 :D

    BalasHapus
  9. "World Oceans Day: #SaveOurOcean" calls attention to the vital role oceans play in our ecosystem. How Game Delet It urges collective action to protect marine life and habitats from pollution and overexploitation.

    BalasHapus