Langsung ke konten utama

Resep Korean Beef Pancake

[Icip-icip] Berhubung aku sering mengisi waktu luang dengan nonton drama korea, jadi aku mau nulis tentang salah satu resep uji coba yang bermula gara-gara keseringan nonton drama korea.

bentar.
(((mengisi waktu luang)))

Terbacanya kayak pengangguran banget ya aku ini? hahaha. Padahal sih, gara-gara mau nonton drama korea jadi aku sering memburu waktu, pokoknya apa saja dicepetin biar pas waktu buat nonton drama koreanya. Demikianlah.

Nah. Di banyak adegan drama korea, sering banget aku lihat aneka macam makanan mereka. Gara-gara keseringan lihat, jadi penasaran dong ceritanya. Seperti apa sih rasanya?



cr http://lilmissjaninekaye.blogspot.co.id/2017/04/
Kemarin, ketika aku jalan-jalan ke salah satu rumah makan, aku melihat salah satu menunya adalah Korean Beef Pancake. Wah. Langsung saja aku pesan dengan penuh semangat. Penampakan makanannya seperti ini nih:



Lalu aku mencobanya. Ternyata, sepertinya sih cara membuatnya mudah deh. Karena, dari apa yang lidahku rasakan, aku tebak sih daging sapi yang digunakan itu, dibumbui dulu dengan saus lada hitam hingga meresap. Baru setelah itu dicelupkan di adonan telur untuk membuat pancake. Penasaran kan. Jadilah besoknya aku pergi ke pasar dan membeli keperluan untuk membuat Beef Korean Pancake. Hmm, konon dari yang aku baca setelah makananku jadi, di Korea sana pancake itu disebut juga dengan JEON.

Pancake Korea itu salah satu jajanan pasar kalau di negara asalnya alias Street Food. Di Indonesia saja dia jadi makanan restoran.

Ada banyak sekali jenis JEON alias Korean Pancake. Ini kebetulan aku menemukan ini di Pinterest.
credit foto: https://id.pinterest.com/pin/352054895844275769/

Okeh. dan ini resep yang aku buat sendiri.

Resep  Korean  Beef Pancake


Bahan yang dibutuhkan:

Daging sapi. Kalian bisa memakai irisan tipis daging sapi. Ingat ya, kalau bisa iris setipis mungkin deh jika tidak, nanti dia alot pas dikunyahnya.
Nah, aku sendiri, karena aku merasa tidak punya pisau yang tajam banget buat mengiris tipis daging sapi jadi aku membeli yang cincang. Sudah pasti lembutnya kan berarti. hehehe.

daging cincang
Bawang bombay, Cincang kasar.


Saus lada hitam.
Jika tidak punya saus lada hitam siap pakai, bisa juga sih membuat sendiri. Yaitu dengan mencampur, lada hitam, minyak wijen, minyak sayur biasa, saus tiram, gula putih, bawang putih halus, kecap manis, tepung maizena. Cara buatnya: tumis bawang putih halus hingga harum. Tambahkan saus tiram, kecap manis, gula, garam, lada hitam. Aduk rata, beri air sedikit, lalu kentalkan dengan tepung maizena. Setelah rata, matikan api kompor, beri minyak wijen agar harum. Selesai deh.

Tapi, berhubung aku orangnya suka yang praktis jadi aku punya saus lada hitam di dalam kulkasku.


Dan terakhir, tentu saja, LADA alias merica.


Siapkan juga telur, pecahkan dan aduk rata setelah diberi sedikit tepung. Beri juga irisan daun  bawang agar lebih beraroma. Tapi nggak mau pakai daun bawang iris juga nggak apa-apa sih. Yang penting ada telor dadarnya.

Cara Membuat Korean Beef Pancake

1. Campur daging dengan bawang bombay, beri  saus lada hitam, lalu beri taburan lada. Biarkan selama 1 jam agar bumbu meresap.
Nah, karena aku menggunakan daging giling, maka proses pencampuran ini menggunakan tangan. Dibolak balik agar semua rata tercampur.

2. Setelah itu, persiapkan telur untuk dibuat dadar. Beri tepung terigu sedikit, kocok. Jika kalian suka, bisa juga ditambahkan irisan cabe iris dan irisan daun bawang. Asli menambah cita rasa deh. Nggak usah ditambahi garam ya.

3. Ambil sejumput atau kira-kira sebesar 1 sendok makan daging yang telah dimarinated tadi. Bentuk seperti bola yang padat, lalu gepengkan atau pipihkan hingga pipih sekali. Seperti kerupuk.
Celupkan di telor kocok tadi, lalu goreng di atas wajan anti lengket yang minyaknya sedikiiiiiittt sekali. Jangan pernah pakai minyak banyak-banyak. Karena kita memang tidak ingin menggoreng dengan model deep fry.



4. TIPS Agar Daging tidak keras: jangan sering dibolak balik. Balik sekali saja kalau bisa. Jadi, biarkan matang 1 sisi dengan api kecil, setelah kira-kira matang (terlihat dari warna yang berubah) baru dibalik. Setelah itu angkat. Tiriskan.


5. Hidangkan.
Berhubung aku merasa ini cocok banget buat bekal anak sekolah, jadi aku membekali kotak makan anakku dengan nasi merah, korean beef pancake, irisan lettuce segar. Nah, lalu aku percikan kecap asin sedikit di atas pancake ini.

Sedangkan jika resep Korean Beef Pancake ini ingin dihidangkan di atas meja makan, maka hidangkan dengan saus: kecap asin yang diberi irisan bawang berah dan cabe merah, serta taburan biji wijen putih.

Selamat mencoba. Enak dan mudah banget ini.
Sepertinya sih ini bakalan jadi salah satu lauk andalan ketika mengolah daging sapi nih di rumahku. Entah ya. Mungkin karena aku merasa tidak jago-jago banget masak, jadi aku sering kesulitan ketika mencari resep memasak daging sapi yang mudah di dapur.

Pernah nih, ketika suatu hari suamiku membawa pulang daging sapi seberat nyaris 2 KG. Wah. Banyak banget. Aku bagi-bagikan saja pada ibu dan kakak karena rumah mereka memang dekat dengan rumahku. Selebihnya, aku bingung sendiri. Mau dimasak apa ya?

Jujur saja, keluargaku tuh jarang makan daging karena ratu rumah tangganya (yaitu aku hehehe) tidak punya ide mau masak apa jika punya daging. Kebetulan banget juga, aku dan suami memang menjalankan pola makan yang menghindari konsumsi daging merah sih. Tapi kan anak-anak tetap perlu daging merah ya untuk pertumbuhan mereka? Itu sebabnya, aku kadang masih tetap membeli daging merah dan memasak untuk anak-anakku.

Nah, kebetulan, aku lihat di blognya temanku, Idah Ceris (dia ini blogger dari Jawa Tengah yang ngetop banget di Jawa Tengah), aku melihat ada resep mudah mengolah daging sapi. Kalian bisa melihat blognya di Idahceris.com dan resepnya ditulis di 3 Olahan Daging Sapi Paling Mudah

Okeh. Selamat icip-icip.

Komentar

  1. Waaah endeus pisan ini mbak. Save ah wiken ni mo coba praktek

    BalasHapus
  2. Kalo mertuaku sering bikin kaya gini juga tapi dagingnya dari cornet.

    BalasHapus
  3. Saya baru tau tentang beef pancake. Kapan-kapan pengen cobain juga :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.