Rabu, 26 September 2018

Belitong, Negerinya Laskar Pelangi

[Jalan-jalan] Sepertinya, jasa penulis Andrea Hirata amat banyak terhadap Belitung. Setelah masa keemasan pertambangan Timah habis dan hanya meninggalkan banyak kubangan bekas pertambangan dimana-mana, Pulau Belitung tetap memiliki magnet untuk para wisatawan. Yaitu mereka yang ingin merasakan suasana negeri Laskar Pelangi.



Itu sebabnya masyarakat setempat amat bangga karena pernah menjadi tuan rumah bagi para Laskar Pelangi. Dan, jika kita berjalan-jalan di Belitung (sering juga ditulis Belitong), maka kita akan sering sekali disuguhkan dengan pemandangan souvenir yang bertuliskan "Negeri Laskar Pelangi".

Belitong atau Belitung itu, memang termasuk propinsi baru hasil pemekaran. Kedua pulau ini awalnya bergabung dengan Sumatra Selatan dan beribukota Palembang. Sekarang, setelah menjadi Propinsi Bangka Belitung, ibu kotanya menjadi Kota Pangkalpinang.



2 Tahun lalu, aku dan suami serta anak bungsuku berlibur ke Belitong. Awalnya sih karena kebetulan, suami ada raker bersama teman-teman satu jurusan di kampusnya (suamiku dosen). Nah, suami lalu mengajakku. Tentu saja kami bayar sendiri. Dan selama acara raker berlangsung aku dan putri bungsuku berdua saja mengeksplorasi hotel dan daerah sekitar hotel. 

Tapi setelah acara raker selesai, maka acara jalan-jalan pun dimulai. Wah. Senang banget.





Batu-batu granit raksasa ini memang merupakan pesona dari pulau Belitong. Ketika film Laskar Pelangi diputar, film ini sempurna memasukkan seluruh keindahan pantai dengan batu-batu granit besar ini. Jadi ya, tidak ada ombak besar di pantai ini. Air lautnya tenang dan jernih sekali. Jadi kita bisa melihat apa saja yang ada di dasar laut berpasir ini. Dan ombaknya yang nyaris tidak ada itu membuat kaki kita bisa bergerak bebas dan kita bisa melihat pergerakan jemarinya. Untuk berenang? Sepertinya sih asyik. Tapi, sayangnya aku kan ikut rekreasi bersama dengan teman-teman suamiku. Hehehehe. Tapi sudah cukup senang sih melihat pemandangan pantai dengan batu-batu granit raksasa ini. Asli bagus banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar