Pengikut

Blogging untuk Pemula

| on
November 20, 2018
[Oleh-oleh] Usia blogku yang ini nih, Cariangin.com , bisa dibilang masih muda banget usianya. Baru 2 tahun. Masih muda ya? Sebenarnya, di samping blog utamaku, yaitu ocehan ade anita , aku pernah punya beberapa blog. Tapi mereka tidak aku buat memiliki domain bernama sendiri (istilahnya TLD, yaitu Top Domain Level). Jadi, semuanya blog gratisan. Setelah melewati beberapa pemikiran, akhirnya aku memberanikan diri untuk membuat salah satu dari beberapa blog gratisanku untuk tidak menjadi blog gratisan lagi. Naik pangkat jadi blog berdomain sendiri.


Alasan memulai kegiatan blogging


Jika ditanya kenapa aku ngeblog, jawabannya karena aku suka menulis.
Yap. Sesimpel itu.
Karena jika kalian tidak suka menulis, lalu bagaimana caranya kalian akan mengisi blog kalian? Iya nggak? Syarat utama menghidupkan blog adalah lewat tulisan.
Eh. Bisa juga sih dengan menaruh aneka macam foto yang kalian koleksi selama ini. Tapi, tidak semua orang bisa membaca bahasa gambar. Jadi, tetap saja harus ada kalimat-kalimat yang dituliskan untuk membentuk opini yang serupa ketika melihat gambar yang kita perlihatkan.

Jadi, jika kalian ingin mulai untuk Blogging, tanya ke diri sendiri dulu, kalian suka menulis nggak? Nggak usah menulis berlembar-lembar. Tapi menulis singkat untuk menjelaskan sesuatu. Sesingkat menulis status di media sosial misalnya. Jika jawabannya iya, maka, berarti kalian bisa menjadi blogger. Mulailah blogging.

Gimana Ceritanya Blog "Cari Angin" ini terwujud?


Nah. Ini lain lagi ceritanya.
Jadi, awalnya aku memang memiliki beberapa blog gratisan di blogspot ini. Blog utamaku adalah blog adeanita.com yang aku beri nama OCEHAN ADE ANITA. Blog utamaku ini sudah berdomain sendiri alias tidak lagi gratisan. Istilah kerennya sudah TLD atau Top Level Domain. Jadi, ada sewa tahunan yang harus aku bayar agar nama adeanita.com bisa tetap menjadi milikku. Besaran sewanya tidak banyak sih, hanya $10 setiap tahunnya. Hanya saja, tetap saja aku berusaha agar bisa membiayai sewa tahunan itu dengan cara mengkaryakan tulisanku agar bisa bernilai rupiah.

Yap. Aku menerima pekerjaan mereview atau mensosialisasikan sebuah produk atau jasa. Jadi, bisa dibilang, itu sisi bonus dari pekerjaan sebagai seorang Blogger.

Tapi, untuk menjadi blogger yang profesional (hehehe, nggak nemu istilah lain, sorry, jadi rada-rada sotoy ya terbacanya), tentu saja aku harus menjaga eksistensiku sebagai seorang blogger di ranah media sosial. Hal ini tercatat di yang namanya DA-PA-Sosial Rank. Penjelasannya panjang jika ditanya apa itu DA-PA rank. Kalian bisa menjadinya di google untuk penjelasan panjangnya. Garis besarnya adalah sebagai berikut:

keterangan lengkapnya ada di website https://moz.com/

Penjelasannya seperti ini. Pada awalnya, semua blog itu memiliki DA/PA rank 1 (satu). Ini sudah ranking terendah. Semakin berubah menjadi dua digit, semakin baik. Semakin menjauhi angka 20, semakin baik. Semakin menjauhi angka 30, lebih baik lagi. Pokoknya, semakin besar angkatnya semakin baik rangking blog tersebut di perjagadan google. Artinya, blog itu sudah semakin dikenal orang, banyak orang. Karena sudah dikenal banyak orang, maka blog tersebut berpotensi bisa mempengaruhi orang banyak lewat apa yang tersaji di dalam blog tersebut.

Nah. Jadi, jika ada yang menitipkan iklan di dalam tulisan di blog tersebut, kemungkinan besar iklan itu akan dilihat dan dibaca oleh orang banyak yang mengunjungi blog tersebut. Disitulah penting untuk bisa meraih dan menjaga agar nilai DA/PA rank tetap bagus.

Bagaimana caranya? Banyak.
Bisa dengan terus meng-update blog itu setiap hari. Minimal 3 kali dalam sepekan deh.
Lalu dengan mengusahakan agar ada yang membuat link dengan blogmu. Semakin banyak orang yang men-share tulisanmu di blog, atau membuat link tautan dengan blogmu karena dia ingin mengetahui update terbaru dari blogmu, maka nilai rank DA/PA mu pun akan naik.

Untuk yang terakhir ini, bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, dengan melakukan cara agar orang mengunjungi blog kita lalu meninggalkan jejak di komentar tulisan di blog kita. Komentar yang ditinggalkan itu kan berarti si pembaca sudah membaca lalu menuliskan kesan yang dia dapat. Bisa juga dengan cara meminta pihak lain melakukan tautan dengan blog kita.

Nah, blog www.cariangin.com ini aku buat, niatnya sama seperti aku membuat blog gratisan lain, yaitu agar aku bisa menulis dan menyisipkan backlink untuk blog utamaku yang www.adeanita.com .
Itu niat awalnya.
Tapi niat itu lalu berkembang seiring dengan aktifitasku di dunia nyata.

Iya. Ternyata, aku berada di keluarga yang gemar melakukan acara jalan-jalan dalam rangka wisata kuliner. Juga sering iseng membeli sesuatu bukan dalam karena alasan butuh. Nah, apa salahnya semua hal-hal itu aku abadikan dalam tulisan. Jadilah aku akhirnya menaikkan derajat alias up grade blog gratisan cariangin dari yang semula blog gratisan menjadi blog TLD www.cariangin.com .

TIPS Bagi yang ingin memulai kegiatan blogging:


1. Rajinlah menuangkan semua curahan hati atau buah pikiran atau kelebat ide yang kalian miliki dalam sebuah tulisan. 

Bahkan meski tulisan itu hanya berupa 3 buah paragraf saja sekalipun. Biasanya, 3 paragraf itu terdiri dari 500 karakter. Iya, Usahakan untuk menulis lebih dari 500 karakter ya. Karena kalau terlalu pendek menulis di blog, kasihan juga pembaca kalian.

2. Mulailah manfaatkan handphone kalian yang memiliki kamera untuk mengabadikan aneka macam gambar.

Ya. Karena foto atau gambar di dalam sebuah tulisan di blog itu, bisa menambah keindahan sebuah tulisan atau menguatkan sebuah tulisan.

3. Ikutlah komunitas dimana para blogger berkumpul.

Karena dengan begitu, kita bisa mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan blog yang kita miliki ini. Kenalan, dapat ilmu baru, dapat kegiatan baru juga insya Allah.

4. Berusaha untuk konsisten mengisi blog.

Yap. Blogging itu kegiatan yang dipilih tidak untu sekali atau dua kali saja tapi merupakan kegiatan yang harus dilakukan sesering mungkin, sepanjang usia.
Ketika kita berhenti menulis dan meng-update blog kita, maka perlahan blog kita akan dilupakan orang lalu ditinggalkan.




39 komentar on "Blogging untuk Pemula"
  1. Wow... Mba berani deh ikutin 2 blog untuk tantangan ini. Saya juga pengen tapi khawatir mogok di jalan.

    BalasHapus
  2. aku mau ikut tantangan masih maju mundur, padahal cuma satu blog. Mbak Ade hebat euy, ikutan 2 blog...
    Apa aku nyusul ya... tuhkan jadi kepingin wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyusul lah Mbak Retno.. Jam terbang udah tinggi juga kan? Pasti Mbak Retno bisa, hawong Mbak Ade aja ikut di 2 blog.

      Hapus
  3. Wow mbk ade kerennn. Punya blog banyak. Sementara aku, punya satu aja masih keteteran. Terutama utk poin yg nomor 4. Hiks.

    BalasHapus
  4. duh...hebat bgt punya banyak blog, masih blm bisa bagi waktunya saya.

    BalasHapus
  5. MasyaAllah memang kalau sudah passionnya semua serasa mudah dan menyenangkan ya. Semoga bisa ngikutin semangatnya ya mba

    BalasHapus
  6. Aku udah lamaaa bener gak nulis blog, apalagi blogwalking. Ini karena seseruan ikutan challenge jadi menyediakan waktu juga untuk BW. kangen deh mengunjungi blog mbak Ade.

    BalasHapus
  7. Tips ke 4 tuh mba yg sering susah. Konsisten. Itu memang salah satu kata kuncinya utk bisa jadi blogger yg pro ya.. TFS mba Ade..

    BalasHapus
  8. Thank you mba tipsnya. Aku sudah jalankan beberapa, salah satunya join di komunitas blogger.

    BalasHapus
  9. Makasih mba tipsnya. Poin nomor 4 yang masih susah, saya postingnya masih suka-suka kadang seminggu cuma sekali. Tapi akan diperbaiki deh.

    BalasHapus
  10. Ngeblog memang utamanya menulis. Tetapi, kalau mau profesional memang harus mulai belajar hal lain juga ya, Mbak :)

    BalasHapus
  11. Tips ke 4 yang kadang berat yah mba, kadang semangat sudah diubun-ubun tapi realisasi nihil hihihi...

    makaih mba dengan tipsnya yahh..

    BalasHapus
  12. Makasih tipsnya, mba Ade keren banget punya beberapa blog, kalau saya satu blog pun rasanya keteteran

    BalasHapus
  13. Bener banget MBak, kadang dari sebuah gambar yang dihasilkan, bisa menjadi bahan tulisan yang entah beribu-ribu kata sampai binung untuk mengkahiri. Tapi saya masih susah loh mengakhiri ngeblog. Meskipun kegiatan saya beberapa bulan ini cukup padat dan ngebayangin kapan menulis di blog, eh Alhamdulillah kalau diadakan memang bisa sich menulis di blog.

    BalasHapus
  14. konsistensi itu yang paling susah mba.. sekarang sedang menantang diri sendiri untuk bisa konsisten dg ikut celens one day one post. semoga aku bisa istiqomah hehehe.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ada BPN30DayChallenge jd terpaku ngebloh nih, hehe..

    BalasHapus
  16. Kadang rasa malesnya itu mba aku masih gk bisa ngilangin masih mood2 nulisnya

    BalasHapus
  17. Nah..mood ini yang kadang susah diajak kompromi ya hihi bikin nggak konsisten jadinya.

    BalasHapus
  18. Mvak Ade keren bisa menghandle dua blog yg tld pulak dua2nya. Aku mau ngajuin blogku yg satunya gratisan aja masih maju mundur

    BalasHapus
  19. setuju sama poin ikut komunitas, aku dari ikut komunitas jadi ga merasa sendirian jadi blogger :D banyak teman baru, banyak info menarik dan mendekatkan rezeki juga hehehe

    BalasHapus
  20. Aku mah awal-awal ngeblog mana paham DA dan PA gitu. Cuma menikmati nyusun kata biar enak dibaca hehe.

    BalasHapus
  21. Kalau aku baru sejak bulan April 2018 baru tahu apa itu TLD. Dan saat ini pun belum begitu paham apa itu DA PA. Btw, aku masih susah kalau konsisten ngeblog. Aku kalau nulis blog kalau lagi punya keinginan untuk nulis aja kalau enggak ya aku nggak nulis di blog. Huhuhu.

    BalasHapus
  22. masyaAllah mbak Ade, saya punya beberapa blog, yang rajin saya urus cuma satu doang. dulu, saya juga termotivasi untuk buat domain sendiri sebab DA/PA itu hihhi

    BalasHapus
  23. Iya yaa...
    Harus rajin isi blog dengan tulisan yang baik dan semoga bermanfaat luas untuk pembacanya.

    BalasHapus
  24. Padat banget penjelasannya Mba Ade
    Satu yang pasti, rasa membawa tulisan juga berdampak pada pembacanya.
    Saya sudah buktikan saat nulis dalam keadaan marah dan bahagia.

    BalasHapus
  25. Aku sudah jalani semua tipsnya dari mba adeee.. pokoknya isi hape udah ada segalaaa macem hehehe. Tinggal tulis aja di blog

    BalasHapus
  26. MasyaAllah bunda ikut challenge di dua blog, keren!
    Semoga bisa menakhlukan 30 hari bunda. Aku suka nama blog ini bund, cariangin.com gampang diingat dan dilafalkan. Makasih tipsnya bund, akan aku terapkan. Karena aku mengelola dua blog juga, yang satu jarang isi. Semoga dengan tips dari bunda aku selalu istiqmah.

    BalasHapus
  27. Blog2 yg aku bikin dg niat membangun backlink udh kandaas semua mba. Heuheu.. Sedih akutu

    BalasHapus
  28. Berusaha konsistensi nya itu ya kadang susah soale ada aja rasa malas hehe. Untuk rajin menulis mungkin benar ya kak pokoknya apa yang ada di pikiran kita ya kita curahkan aja dulu di blog dan nanti jadi kebiasaan.

    BalasHapus
  29. Aku jadi inget kasus beli domainnya nih hehehe CARAANGIN. ske cari angin udah menghasilkan tulisan . banyak ya mbak

    BalasHapus
  30. wuih mak Ade mengelola 2 blog TLD dan bisa konsisten ya mak, aku masih susah imbang ini, hehe

    BalasHapus
  31. Keren emang mba ade ini. Blogger panutan banget

    BalasHapus
  32. Semua tipsnya sudah kulakukan, Mba Ade. Semoga tetap konsisten ngeblognya ya.

    BalasHapus
  33. Niat untuk konsisten ngeblog itu yang memang yang terkesan mudah tapi susah. Hehhehe. Doain ya mba bisa tetap ngeblog :)

    BalasHapus
  34. Rajin nulis, ikut komunitas, jaga attitude hehe, insyaAllah akan makin disayang brand eeeeeeehh hahha
    Yg penting semangat ngeblog dan berbagi ya mbak :D

    BalasHapus
  35. Berbagai hasil jepretan di kamera hapeku juga jadi bahan postingan mba. Bener banget. Ketika ide lagi blank, dengan ngeliat foto2 di hape jadi ada bahan deh utk nulis.

    BalasHapus
  36. KONSISTEN, itu tuuhh kunci nyata untuk sukses jadi Blogger ya Mbak.
    apalagi kalau mau di monetize ya Mbak :)

    BalasHapus
  37. Mbak Ade hebat ih, rajin banget nulisnya.. Punya blog lebih dari 1 pun, terawat semua..

    Betewe, jujur, saya ubah domain jadi dotcom, dan jadi paham DA/PA karena gabung sama Blogger Perempuan. Hihi..

    BalasHapus
  38. Dari 4 tips itu, yang masih susaaah buatku itu nomor 4, Mba Ade. Konsisten, huhuu
    Selama ini masih moody banget. Padahal mah udah bikin jadwal konten, tapi eksekusinya yang masih tersendat. Semoga ke depannya bisa lebih baik. Semangat!

    BalasHapus