Pengikut

Wisata Ke Jakarta Bersama Traveloka

| on
November 26, 2018
[Jalan-jalan] Bisa jadi, karena kota Jakarta adalah pusat pemerintahan sehingga sering sekali beberapa perusahaan atau sekolah tinggi, mengirim calon siswa atau calon pegawai mereka di daerah untuk mendapatkan pelatihan di Jakarta. Tidak terkecuali saudara-saudaraku yang ada di Palembang sana. Sejak aku kecil hingga aku sudah berumah tangga seperti ini, secara bergantian sering terdengar kabar bahwa mereka dikirim ke Jakarta untuk mendapatkan pelatihan khusus selama beberapa waktu.


Ada yang karena akan mendapatkan pelatihan sebagai pramugari sebuah maskapai penerbangan nasional selama 1 tahun. Atau karena akan mendapatkan pelatihan sebagai pegawai bank pemerintah selama 1 bulan. Atau memang akan memasuki sekolah tinggi kedinasan yang lokasinya ada di wilayah Jabodetabek.



Tentu saja, sebelum mereka memasuki asrama di hari H, mereka selalu berusaha untuk datang beberapa hari lebih cepat agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti survey lokasi asrama, survey dimana saja tempat mereka bisa membeli barang keperluan sehari-hari di sekitar asrama; dan tentu saja berwisata sejenak di kota Jakarta. Sebelum saudara-saudaraku ini tidak bisa kemana-mana karena sudah masuk karantina di asrama tempat pelatihan.

Wisata Ke Jakarta Bersama Traveloka


jalan Jenderal Sudirman Jakarta yang dilintasi bis transjakarta

Ini beneran deh. Dari pengalaman saudara-saudaraku yang mengikuti training di Jakarta, begitu mereka masuk ke dalam karantina pelatihan, yang namanya ber-wisata itu susah banget dilakukan. Jadi, jika pelatihannya 1 bulan maka bakalan full 1 bulan asli di dalam asrama saja. Nggak bisa keluar kecuali ke warung terdekat. Itu pun ada diberi waktu yang amat sangat singkat oleh pengawas mereka.

Sedangkan mereka yang ikut pelatihan hingga beberapa bulan, biasanya diberi waktu 1 hari setiap 2 atau 3 bulan sekali untuk mengunjungi keluarga yang ada di dalam kota. Jadi tidak boleh ke luar kota alias kembali ke daerah masing-masing. Jalan keluar untuk mengobati rasa kangen mereka pada keluarga adalah, keluarga yang daerah datang ke Jakarta dan janji temu di rumah saudara yang ada di Jakarta. Lalu menghabiskan waktu 1 hari bebas kumpul keluarga itu untuk berwisata bersama.

Wisata di Jakarta bersama keluarga dalam 1 hari, bisakah? Bisa banget. Gimana caranya? Jakarta kan kota yang kemacetan terjadi di mana-mana. Tempat wisata yang ada di Jakarta kan dijejali oleh banyak orang. Lokasi wisata di kota Jakarta kan tersebar di banyak lokasi yang saling berjauhan. Kekejar nggak tuh berwisata di Jakarta dalam 1 hari. Jawabannya tetap sama, bisa banget wisata di Jakarta bersama keluarga dalam 1 hari. Yaitu jika kita menggunakan Wisata ke Jakarta bersama TRAVELOKA


Lokasi Wisata yang menarik di Jakarta

Ada banyak sekali lokasi wisata yang menarik di Jakarta. Dan tentu saja, ada banyak sekali lokasi wisata kuliner di Jakarta.

Begitu banyaknya, jadi, kita harus diskusikan dulu sebenarnya kita mau kemana nih sebelum pergi. Diskusi ini penting mengingat keterbatasan waktu yang dimiliki.

Apakah ingin melihat pertunjukan yang gratis dan adanya di udara terbuka alias outdoor?

Lapangan Banteng Jakarta di Malam Hari


Atau ingin mengunjungi lokasi bersejarah.

Museum Fatahila di Kota Tua Jakarta


Catatan: jika ingin mengunjungi Museum, maka usahakan untuk datang TIDAK DI HARI SENIN. Karena, semua Museum di Kota Jakarta tutup di hari Senin. Mereka baru buka lagi hari Selasa hingga hari Ahad (Minggu).

Atau, kalian ingin bersenang-senang bersama keluarga di lokasi yang memang menyediakan tempat untuk itu? Inipun ada pilihannya. Yang harganya sedikit merogoh kantong seperti ini:

main Trampoline di Hoebii Urban Adventure Park Jakarta


Atau yang harganya murah meriah seperti ini:

Ice skating di Mall Taman Anggrek, Jakarta

Atau mau berbasah ria seharian di sini:

Waterbom di Pandai Indah Kapuk Jakarta



Kalian bisa mendapatkan aneka kuliner, baik yang otentik-food (rasa dan bentuknya masih asli makanan tradisional yang khas)  maupun yang fusion-food (rasa dan bentuknya sudah mendapat sentuhan kreatifitas dari tangan cheff-nya).

Chicken Rice Bake with mozarella cheese di Hongkong Cafe Jakarta

Sate Padang Ajo Ramon, Pasar Santa Jakarta


Tuh. Banyak banget kan pilihan untuk menyenangkan hati maupun bergembira bersama orang-orang yang kita sayangi sekaligus tidak melupakan kebutuhan dasar manusia yaitu makan.

Tentu saja, untuk bisa merasakan itu semua, mengingat kondisi kota Jakarta yang selalu padat dengan kendaraan dan memakan waktu cukup lama untuk mencari tempat parkir, maka kita perlu strategi tersendiri.

Caranya, jika kalian berada di daerah, kalian bisa melakukan booking tiket untuk bisa datang ke Jakarta terlebih dahulu. Banyak pilihan untuk wisata ke Jakarta , bisa datang ke Jakarta dengan pesawat, bisa juga dengan Kereta Listrik.

CARA MEMESAN TIKET PESAWAT DI APLIKASI TRAVELOKA


Asyiknya nih, di TRAVELOKA, pilihan angkutan ini tersedia lengkap. Kita tinggal pilih, praktis banget, jadi nggak perlu datang ke agen travel perjalanan segala. Yang dibutuhkan adalah Handphone dan downloadlah aplikasi TRAVELOKA yang tersedia gratis  baik di playstore android atau apple store.

Nah ini dia, tampilan depan aplikasi TRAVELOKA. Pilihannya lengkap, mau beli tiket kereta api, tiket bus atau travel, tiket pesawat, booking hotel, atau bundling tiket plus hotel sekaligus, dan tiket untuk masuk ke lokasi wisata. 

Enaknya aplikasi TRAVELOKA dibanding aplikasi untuk berwisata lainnya, di TRAVELOKA semua ada, lengkap banget. Mulai dari penawaran tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus dan travel, booking hotel, tiket masuk ke aneka lokasi wisata, bahkan hingga bundling tiket pesawat plus hotel, atau tiket pesawat plus mobil antar jemput di bandara di lokasi tujuan. Sekarang, bahkan ada yang baru loh. Yaitu kita bisa menyewa kendaraan juga, bayar tagihan listrik, telepon, air, pulsa. Jadi, liburan juga tenang.

Hehehe. Karena aku pernah tuh ngalamin, lagi liburan tiba-tiba dapat telepon dari customer service telepon rumah yang mengingatkan bahwa tagihan telepon bulan ini belum dibayar dan sudah terlambat 5 hari. Jika sampai bulan depan terlambat juga, maka bakalan kena penalti. Dan kalau di bulan ke 3 masih terlupa untuk dibayar maka telepon akan diputus. Wah. Padahal nomor telepon yang aku miliki itu sudah banyak diketahui oleh orang lain; sudah tercetak juga sih di kartu nama kami. Hehehe. Tapi, kebetulan saat itu kami sedang ada di lokasi wisata luar negeri. Wah. Bagaimana kumaha coba? Alhamdulillah ada Aplikasi Traveloka jadi bisa membayar tagihan telepon lewat aplikasi ini. Jaman sekarang mah, semua serba praktis ya.

Nah. Jika kalian sudah mendownload aplikasi TRAVELOKA di handphone kalian, langkah selanjutnya adalah membuat akun di aplikasi tersebut. Jika kalian khawatir lupa password karena kebanyakan bikin akun (aku tahu kok bagaimana rasanya lupa password karena kebanyakan bikin akun dimana-mana) , kalian hubungkan saja akun TRAVELOKA kalian dengan akun media sosial. Bisa akun Facebook atau akun Gmail. Ini lebih praktis jelas. Kan kita sudah hafal ya password akun facebook masing-masing. Nggak usah khawatir, aktifitas kalian di TRAVELOKA tidak akan terlihat di halaman Facebook kalian meski akun Facebook ini terhubung dengan TRAVELOKA.

Langkah selanjutnya, mari kita buat booking. Aku contohkan ya.

1. Isi dulu kota tujuan dan kota asal, serta berapa jumla penumpangnya, dewasa atau anak, dan pilih kelas penerbangannya.  Lalu klik tombol CARI

2. Nah, nanti akan muncul pilihan maskapai penerbangan beserta harga dan jam keberangkatan pesawat tersebut menuju ke lokasi tujuan 


3. Untuk diingat, harga yang tertera sebelumnya itu (di langkah ke 2) adalah harga tiket pesawatnya saja. Nah, nanti di bandara kita akan bertemu lagi dengan yang namanya pajak dan biaya administrasi lain. Enaknya di traveloka itu, harga finalnya sudah termasuk semua tarif, biaya dan pajak.  Jadi nanti kita tinggal cek in saja tanpa harus bayar apa-apa lagi di konter cek in bandara. Jika sudah mantap, klik tombol PILIH
4. Selajutnya kita harus isi data pemesannya.


5. Penting untuk menulis nama sesuai dengan nama yang ada di KTP kalian. Karena nama inilah yang akan dihubungi oleh Pihak maskapai jika terjadi sesuatu. Jadi, tulis nama sesuai KTP, isi nomor telepon yang benar, juga emailnya. 

6. Jika sudah sekarang kita masukkan nama travelernya. Jadi, nama pemesan dan nama traveler boleh berbeda. Nama pemesan itu terkait dengan tiket itu dibeli dan akan dibayar oleh siapa, serta nama yang bisa dihubungi oleh maskapai penerbangan jika terjadi sesuatu. Sedangkan nama Traveler adalah nama yang akan dicetak di tiket nya. Misalnya kita akan membelikan tiket untuk orang lain, nah, orang lain ini disebut sebagai  traveler nya. 
7. Setelah kita memasukkan nama traveler, nomor handphonenya, serta alamat emailnya, kita klik tombol LANJUT 

8. Selanjutnya, kita harus memilih kursi kita. Lihat perbedaan warna pada tiap-tiap kursi ya jangan lupa karena perbedaan warna itu menentukan besaran harga yang akan ditambahkan di tiket pesawat kita nanti. Selanjutnya klik tombol SIMPAN


Selesai deh. Nanti kita akan dibawa ke halaman pilihan untuk membayar, apakah mau membayar dengan cara transfer via ATM, atau ingin melalui internet banking, atau ingin lewat kartu debet atau kredit. Atau bisa juga membayar lewat  kasir di Alfamart atau Indomart. Tuh. Gampang dan banyak pilihan kan.

Nah. Itu tadi pilihan untuk dari daerah jika ingin wisata ke Jakarta. Selanjutnya, di Jakartanya sendiri bagaimana caranya untu menjangkau aneka lokasi wisata yang letaknya tidak berdekatan tapi rasanya pingin didatangi setidaknya sebagian besarnya? Bagaimana jika kita menyewa mobil saja.

Di TRAVELOKA bahkan ada fitur sewa mobil loh.

CARA SEWA MOBIL DI TRAVELOKA

Sebenarnya, urusan kendaraan umum di Jakarta banyak pilihannya. Tapi, harus diingat satu hal, kendaraan umum tersebut tidak semua tersedia saat itu juga ketika dibutuhkan. Jadi harus menunggu dulu. Baik itu Commuter Line, bus trans jakarta, atau taksi. Bahkan kendaraan taksi online sekalipun.

Jika bepergian bersama keluarga besar, jika kalian memang tidak punya mobil di rumah seperti keluargaku yang memutuskan untuk tidak mau punya mobil; kalian bisa menyewa mobil saja.

Sewa mobil di Traveloka itu praktis dan harganya nggak terlalu mahal sih menurutku jika dengan hitung-hitungan jika kita naik alat transportasi dan dihitung per kepala. Lagipula, enaknya sewa mobil, anak-anak bisa istirahat selama dalam perjalanan; dan kita juga bisa menitipkan barang yang jika ditenteng kemana-mana belum tentu dipakai, tapi kalau ditinggal di rumah suka tiba-tiba diperlukan di lokasi wisata. Hahaha. Kayak tikar, bantal, baju ganti siapa tahu mabuk kendaraan. Kan pegel ya kalau ditenteng kemana-mana gara-gara nggak pakai mobil sendiri. Nah, barang-barang ini bisa dititip di mobil sewaan.

Di TRAVELOKA, mobil sewaan itu bisa kita sewa selama 12 jam terhitung dari jam mobil itu dibooking dan berlaku hanya hingga pukul 23.59 saja ya. Lewat jam 00.00 ya sudah ganti hari hitungannya.

Jadi, kalian harus benar-benar merencanakan mau berangkat jam berapa dari rumah dan pulang jam berapa. Kalau memang keluarga kalian bukan termasuk keluarga "pagi" ada baiknya jangan pesan terlalu pagi. Karena sayang juga sih, mobil disewa jam 07.00 tapi nggak tahunya keluarga kita baru siap jam 10.00 ternyata. 
Nah, kita sudah menentukan nih jam keberangkatannya. Kalau bisa, minta orang-orang di rumah sudah siap setidaknya 30 menit sebelum waktu berangkat tiba ya. Sekarang klik deh tombol CARI 
tuh, banyak aja ya pilihan mobi yang bisa disewanya

Yang harus diingat dalam hai ini adalah, bahwa jasa rental mobil ini  meliputi:



Dan jika lewat dari 12 jam, maka ada tambahan over time yang harus dibayar. Itu sebabnya kalau bisa direncanakan dengan baik mau berangkat jam berapa dan mau pulang jam berapa.  Pertimbangkan juga waktu jika kena macet di jalanan.



 Satu lagi ini. Yang berikut ini, menurutku asli rada-rada harus dihitung dengan seksama. Mana yang lebih untung, kita membayar all in one jika memang hanya berputar-putar di dalam kota saja, atau tidak.

Pilihan all in one ini, artinya, nanti selama ber-wisata, kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang makan untuk sopir, nggak perlu bayar tol dalam kota, nggak perlu bayar parkir (yang di dalam kota selalu dihitung per jam), dan nggak perlu beli bensin.  Besarnya Rp 235.000.

Nah. Bandingkan dulu deh. Misalnya kita mau jalan-jalan dari Museum Fatahilah di Kota Tua, lalu menuju ke Main Trampoline di Kelaga Gading, makan di siang di Ragunan, lalu malamnya mampir sebentar untuk melihat suasana malam di bawah air mancur warna warni di Lapangan Banteng sebelum pulang; dan mampir makan malam nyobain sate padang Ajo Ramon di Pasar Santa.
Okeh. Kira-kira berapa kali tuh ngelewatin pintu gerbang tol jadi harus bayar tol dalam kota? Berapa kilometer jarak total yang ditempuh, jadi bisa kira-kira berapa liter bensin yang harus dibeli; serta berapa kali parkir dan bayar parkirnya.  Jika totalnya lebih mahal dari Rp235.000, ya mending pilih opsi All in one saja sih menurutku. Jadi, nanti yang kita bayarkan adalah Rp264.000 + Rp235.000 . Totalin deh.  Itu kita tinggal HOP ke dalam mobil, lalu tidur boleh, nyanyi-nyanyi boleh, main-main juga boleh. Sampai di lokasi wisata tinggal bersenang-senang. Biar nggak ribet, barang yang nggak dibutuhin saat itu, titip saja di dalam mobil. Selesai bersenang-senang, masuk lagi ke dalam mobil, lalu ke lokasi wisata berikutnya. Terus saja hingga waktu sewa berakhir dan kita sudah ada di rumah kembali.

Di rumah kita tinggal istirahat. Nggak usah mikirin besok harus bersihin mobil yang kotor karena dipakai seharian; terbebas dari rasa capek dan pegal-pegal karena naik turun kendaraan sambil bawa gembolan gede-gede seperti jika kita naik turun kendaraan umum. Enak kan.

Jadi, yuk Kita wisata ke Jakarta bersama TRAVELOKA.


35 komentar on "Wisata Ke Jakarta Bersama Traveloka"
  1. Museum justru tutup di hari Senin ya Mbak, baru tahu lhooo..
    waktu ke Jakarta, beberapa kali main kesana sih emang biasanya pas weekend, dan ramaaii :D

    pekan depan saya ada panggilan training ke Jakarta lagi Mbak, kopdar yukks Mbak. dengan teman2 lainnya juga :D

    BalasHapus
  2. Lapi pingin bgt ke Lapangan Banteng deh aku mba, siang atau malem kok sama kerennya ya

    BalasHapus
  3. Aku baru tauuu Traveloka ada sewa mobilnya sekarang. Keren amaat

    BalasHapus
  4. waah sekarang di Traveloka ada sewa mobil segala ya, bukan main banyak banget inovasi dari Traveloka...

    BalasHapus
  5. Ah..aku pengen deh bisa ke Kawasan Kota Tua.. semoga ada kesempatan untuk menikmati keindahannya dan juga tempat lain di Jakarta

    BalasHapus
  6. Kenyataannya kebanyakan warga Jakarta malah tidak selalu mengenal wisata didaerahnya..
    Maaf nih mbak mungkin sedikit koreksi, museum di Jakarta terbagi menjadi museum pemerintah dan museum swasta, khusus dikelola pemerintah memang wajib tutup senin sedangkan dikelola swasta biasanya akan lebih fleksibel sesuai pengelola semisal Museum Katedral (tutup hari jumat) atau Museum Macan (buka sesuai event)

    BalasHapus
  7. Jakarta memang gak punya pemandangan alam yang catik kayak di daerah lain. Tetapi, Jakarta termasuk kota yang gak pernah mati. Sellau aja ada hiburan menarik di Jakarta dari pagi sampai malam

    BalasHapus
  8. Jakarta itu kayak magnet..biar macet, bikin pusing, mahal, dan polusi tapi orang berbondong-bondong ke sini. Karena memang vibe and feelnya lain ya mba. Ayo pada main dan enjoy Jakarta

    BalasHapus
  9. seru ya layanan traveloka semakin banyak dan sekarang kita juga sudah bisa sewa mobil. Walau di Jakarta macet tetapi ada saat-saatnya sepi juga kalau pas lebaran hihi

    BalasHapus
  10. Di Jakarta mah banyak tempat wisata yang asyik buat dikunjungi, apalagi buat orang kampung kayak saya, hihihi..jadi pengen jalan-jalan ke sana walaupun panas dan haredang

    BalasHapus
  11. aku pingin banget ke kota tua, jaman aku tinggal di jakarta, kota tua belum sebagus sekarang. giliran aku pindah jogja, kota tua jadi bagus, huhuhuu.

    BalasHapus
  12. Traveloka masih menjadi OTA favoritku!
    Dan terus menerus melakukan terobosan sesuai perkembangan zaman.
    Jadi, semua hanya dalam genggaman.


    BalasHapus
  13. Pengen banget nih berkunjung di museum Fatahillah, pernah sekali ke Jakarta Mba tapi numpang transit doang huhu

    BalasHapus
  14. Waow inovasi terbaru dari traveloka, sewa mobil lebih gampang ya sekarang

    BalasHapus
  15. Terakhir ke Jakarta hanya sempat jalan-jalan ke Monas dan kota Tua. Gak sempat jalan ke tempat wisata lain karena suami udah suruh cepat pulang ke bau-bau ��

    BalasHapus
  16. Aku tuh kalau bawa keluarga ke Jakarta pasti deh mampir di kota Tua. Soalnya jadi pilihan banget khas Jakarta :)

    BalasHapus
  17. Kalau keluargaku ke Jakarta ya untuk urusan pekerjaan. Kalau ke Jakarta nanti aku pengen banget ke Kota Tua. Belum pernah ke Kota Tua sih aku soalnya.

    BalasHapus
  18. Aha nemu foto makanan kesukaan Mbak Ade di Hongking Cafe :) duh udah lama aku gak makan di sana mbak

    BalasHapus
  19. Wah bisa ya jalan2 di Jakarta sehari. Lama sudah nggak ke Jakarta..

    BalasHapus
  20. Waaaah pengen banget main trampolin nih, si Abim pasti seneng banget. Booking tiket di traveloka memang mudah, suamiku sering beli tiket kereta PP di traveloka kl pulang :D

    BalasHapus
  21. Jakarta banyak tempat wisatanya ya, Mbaa.Aku aja belum eksplor semua tempat wisata di Jakarta, apalagi yang wisata kuliner, banyak hadir yang baru baru jugaa xD

    BalasHapus
  22. subhanallah, lengkap sekali mbak ade.. makin keren traveloka ini ya mbak. aku juga punya aplikasinya d hp biar kalo ada apa2 mudah

    BalasHapus
  23. Duh aku belum pernah tuh ke lapangan Banteng euy katanya jadi cantik gitu dan bersih, semoga aja lah ya bisa kesana .

    BalasHapus
  24. Kalo ke Jakarta udahan kebayang dulu macetnya, hihi. Terakhir ke Jakarta th 2013 lalu, pas ikut tes cpns 2 kali. Eh, th 2017 juga ding, tp cuma di bandara doang pas mau ke Labuan Bajo

    BalasHapus
  25. wah, Jakarta emang gudangnya tempat wisata dan rekreasi. aku juga belum semuanya bisa dikunjungi. menglist satu2pun sama saat ini masih belum bisa nuntasin.

    oia, ternyata bisa rental mobil di traveloka juga ya. ini berlaku ga di seluruh wilayah Indonesia

    BalasHapus
  26. Traveloka memang sejak dulu memudahkan ya Mbak
    Aku dulu juga mudik ke Makassar oakai Traveloka

    BalasHapus
  27. Pengen banget ke Kota tua tapi suamiku maleeess.. katanya panas di sana hiks.

    BalasHapus
  28. aku baru tau mb Ade Traveloka bisa sewain mobil juga hahaaha makinkomplit aja ya menunya kalau liburan semua serba di traveloka :) cuss ah liburan bareng traveloka

    BalasHapus
  29. Kota tua asyik ya buat foto2. Keren banget traveloka ada layanan sewa mobil juga.

    BalasHapus
  30. bener bgt mbak, praktis ya pake all in one kl gitu, jadi ga ribet juga kitanya

    BalasHapus
  31. udah lama ga ke jakarta deh, trakir masih kerja di 2009 kalo ga salah. Sempet ke Dufan untungnya

    BalasHapus
  32. Kalau ke Kota Tua sih paling asik weekdays, enggak tahu enggak terlalu rame malah cenderung sepi, jadi bisa 'menikmati' kunjungannya

    BalasHapus
  33. sekarang ada bus city tour juga mba di Jakarta. Bisa lebih hemat lagi tuh hehehe

    BalasHapus
  34. Jujur semenjak monas direnovasi dengan air mancur berjogey saya belum kesana lagi

    BalasHapus
  35. Udah lama gk ke Jakarta, karena macetnya jd males ksana lg. Dlu ke Jkta aku mmilih pakai keretaapi,bookingnya lwt traveloka jg

    BalasHapus