Pengikut

Jangan Pusing Menghitung KPR Lagi karena Kalkulator KPR Sudah Banyak Tersedia

| on
Desember 26, 2018
[Oleh-olehMembeli sebuah rumah adalah impian bagi sebagian masyarakat yang belum memilikinya. Memang kegiatan ini bukanlah termasuk kebutuhan primer, karena kamu masih bisa menyewa rumah untuk menghemat anggaran. Tapi tetap saja, kepemilikan rumah pribadi ini diharapkan bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga. Apalagi rumah juga dapat dijadikan sebagai investasi masa depan. Kamu bisa menyewakannya sebagai rumah kontrakan. 


Bahkan ketika menjualnya di masa datang, harga yang didapatkan pasti jauh lebih tinggi.
Masalahnya, membeli rumah bukanlah perkara mudah. Harga yang setiap tahun melambung ini kadang membuat resah. Kalau kamu belum memiliki cukup tabungan, solusinya adalah menggunakan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang biayanya dicicil setiap bulan dalam jangka waktu tertentu. Agar bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dicicil, tentu kamu membutuhkan simulasi perhitungan. Tapi simulasi manual lebih rumit dan kemungkinan besar angkanya kurang akurat. Tak perlu cemas, karena sekarang sudah banyak website properti yang menyediakan kalkulator simulasi KPR  akan memudahkanmu dalam menghitung.

Mengenal Tentang Kalkulator Simulasi KPR


Kalkulator KPR ini merupakan fitur yang diberikan oleh website-website properti atau bank yang menyediakan fasilitas KPR, guna memberitahukan perkiraan nominal cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Jumlah tersebut memang belum pasti, sebab dalam prakteknya kamu akan mengeluarkan biaya lain terkait kepengurusan dokumen dan sebagainya. Tapi, paling tidak kamu tahu apakah penghasilanmu sudah cukup untuk menanggung cicilan KPR.
Di samping itu, kamu pun akan tahu seberapa besar total pinjaman setelah ditambah dengan penghitungan suku bunganya. Namun hal ini tergantung dengan jenis KPR yang kamu ambil. Kebanyakan bank konvensional yang menyediakan fasilitas KPR akan menerapkan suku bunga yang fluktuatif alias berubah – ubah. Sehingga bisa jadi jumlah cicilanmu per tahunnya tidaklah sama.
Umumnya, pada beberapa portal website properti, layanan kalkulator KPR ini terdiri dari 3 kolom yang harus diisi. Yaitu jumlah pinjaman, jangka waktu pembayaran dan estimasi suku bunga efektif. Sedangkan pada bagian hasil akan menampilkan estimasi cicilan per bulan, estimasi total bunga pinjaman, dan estimasi total pinjaman.

Sebelum mencoba bagaimana cara perhitungannya, berikut ada arti dari istilah – istilah pada fitur kalkulator KPR yang harus diketahui :

1.    Jumlah Pinjaman

Istilah ini past i sudah umum dipahami. Yaitu besarnya pinjaman dana yang akan kamu ajukan kepada lembaga pemberi layanan KPR. Pinjaman ini tentunya disesuaikan dengan harga rumah yang ingin kamu beli. Misalnya rumah idamanmu dibanderol harga 350 juta rupiah, maka yang akan kamu ajukan kepada lembaga tersebut sesuai dengan nominalnya.

2.     Jangka Waktu Pinjaman / Tenor

Istilah lain dari jangka waktu pinjaman adalah tenor. Kamu harus mengetahui istilah ini agar tidak kebingungan saat pengajuan KPR. Jangka waktu pinjaman adalah lamanya periode yang dibutuhkan untuk mencicil pinjaman yang kamu ajukan. Masanya dimulai sejak pengajuanmu terkabul sampai tenggat waktu yang telah disepakati.

Biasanya lembaga penyedia layanan KPR ini memiliki aturan jangka waktu pinjaman dari 5 – 30 tahun. Kamu bisa sesuaikan dulu dengan menghitungnya dari kalkulator KPR sebagai acuan berapa banyak yang harus dibayar setiap bulannya.

 3.     Suku Bunga Efektif

Suku bunga adalah angka yang berbentuk presentase yang menjadi beban tambahan bagi pihak peminjam dana. Kasarannya, suku bunga bisa dikatakan sebagai upah jasa dari peminjam kepada pemberi pinjaman, dalam hal ini adalah lembaga keuangan berbentuk bank konvensional. Suku bunga sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu flat (tetap) dan floating (berubah – ubah). Acuan dari besarnya suku bunga ini bergantung pada kondisi ekonomi suatu negara.

 
4.     Estimasi Cicilan Per Bulan

Istilah selanjutnya memiliki arti sebagai perkiraan besarnya jumlah cicilan yang harus dibayarkan kepada lembaga pemberi pinjaman. Secara manual, perhitungan cicilan per bulan ini dihitung dari jumlah pinjaman dibagi jangka waktu pinjaman (dalam bulan), lalu ditambahkan dengan hasil perkalian antara jumlah pinjaman dengan tingkat suku bunga per tahun.

 5.     Estimasi Total Bunga Pinjaman

Saat menggunakan perhitungan alat ini, ada kolom estimasi total bunga pinjaman. Yang ditampilkan adalah total perkiraan suku bunga yang kamu bayarkan selama masa pinjaman. Kamu akan tahu berapa jumlah nominal bunga yang kamu bayarkan terhadap penyedia layanan KPR. Estimasi ini didasarkan pada suku bunga flat (tetap). Sebab, dalam fitur kalkulator KPR, tidak dapat dihitung menggunakan suku bunga floating yang nilainya belum pasti.

 6 .     Estimasi Total Pinjaman

Yang terakhir adalah estimasi total pinjaman. Hasilnya berupa akumulasi pinjaman yang telah kamu cicil per bulannya. Jangan kaget melihat total pinjamannya, sebab bisa jadi hasil akhirnya berkali – kali lipat dari pengajuan awal. Hal ini terjadi karena kamu terus mencicil pembayaran ditambah bunga selama masa pinjaman.

Cara Melakukan Penghitungan Dengan Simulasi KPR


Jangan membayangkan proses penghitungan yang rumit. Karena kalkulator ini pengoperasiannya sangatlah mudah. Berikut langkah – langkahnya :

1.     Mengisi kolom – kolom yang tersedia
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa terdapat kolom – kolom yang harus diisi, seperti jumlah pinjaman, jangka waktu peminjaman dan suku bunga. Kamu perlu mengisi ketiga hal tersebut untuk mengetahui hasilnya. Yang perlu diperhatikan di sini adalah masalah Down Payment (DP). Setiap pengajuan KPR disertai dengan uang muka yang ditentukan oleh pihak developer.

Misalnya saja kamu berencana membeli rumah seharga 500 juta rupiah. Sedangkan uang muka yang harus dibayarkan sebesar 10% atau 50 juta rupiah. Dalam penghitungan simulasi KPR, kamu harus mengurangi jumlah pinjaman dengan DP yang sudah dibayarkan. Berarti pada kolom jumlah pinjaman diisi dengan nominal 500 juta – 50 juta = 450 juta rupiah.

Kemudian untuk suku bunga yang berlaku sampai saat ini berkisar 7,5% - 12 % per tahunnya. Tergantung pada masing – masing lembaga penyedia layanan KPR. Lalu jangka waktu pinjamannya sendiri bervariasi. Paling lama adalah 30 tahun. Jika kamu ingin mendapatkan cicilan per bulan yang murah, berarti pilihlah jangka waktu paling lama.

2.     Setelah mengisi semua kolom, maka langsung saja klik tombol enter yang ada di keyboard PC atau Smartphone kamu (jika membuka fitur melalui ponsel).

3.     Keluarlah hasil estimasi yang kamu butuhkan. Amati berapa kira – kira jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, jumlah bunga yang dibayarkan dan total pinjaman. Setelah mengetahui hasilnya, kamu bisa mengambil keputusan untuk tindakan selanjutnya. Entah itu harus mencari harga rumah yang lebih murah, memilih jangka waktu pinjaman yang paling tepat, atau justru menunda KPR untuk menabung lebih banyak uang agar pembayaran lebih ringan.


Contoh Perhitungan dengan Simulasi

Mari coba menghitung simulasi KPR yang rencananya akan kamu ajukan. Misalnya, kamu ingin membeli rumah seharga 300 juta rupiah dengan DP 10%. Suku bunga efektif yang ditentukan adalah sebesar 10% dan jangka waktu peminjamannya 15 tahun. Dalam kasus ini, berarti kamu akan mengajukan pinjaman kepada penyedia layanan KPR sebesar 300 juta – (10% x 300 juta) = 270 juta. Berdasarkan suku bunga dan tenor waktu yang dipilih, maka hasil penghitungan dari kalkulator menunjukkan angka cicilan per bulan sebesar 2.901.434.

Sedangkan untuk total pinjaman yang kamu bayarkan terhadap lembaga penyedia layanan KPR adalah 2.901.434 x 180 bulan = 522.258.120. Total pinjamanmu setelah lunas hampir dua kali lipat dari pinjaman awalnya. Lalu, bagaimana jika jangka waktunya diganti menjadi 20 tahun? Berdasarkan dari hasil kalkulator, jumlah cicilan yang harus dibayarkan memang lebih rendah, yakni sebesar 2.605.558. Akan tetapi, total pinjaman selama 20 tahun tersebut akan terakumulasi menjadi 625.334.026 rupiah. Jauh lebih mahal daripada pinjaman selama 15 tahun. Bahkan lebih dari dua kali lipatnya.

Tapi kembali lagi, semua tergantung pada prinsipmu. Bila kamu mempunyai penghasilan sebesar 5 juta rupiah per bulan, mungkin pilihan KPR ini masih bisa ditempuh. Tapi kebutuhan lain juga masih banyak, jadi kamu dan pasangan harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Belum lagi masih ada biaya diluar pinjaman KPR yang harus dibayarkan.

Kamu tentunya membutuhkan dokumen mengenai perizinan rumah yang dibeli. Kepengurusan dokumen – dokumen ini akan melibatkan pihak notaris dan developer. Kamu harus mempunyai cadangan dana untuk membayar jasa notaris tersebut dan biaya yang dibutuhkan selama mengurus dokumen ke berbagai pihak. Ada lagi biaya pajak, asuransi, provisi, dan balik nama. Pastikan kamu sanggup menanggung semua biaya tersebut, agar tidak timbul masalah yang tidak diinginkan ke depannya.

Sebenarnya masih ada jenis KPR lain yang bisa menjadi pilihan. Seperti KPR subsidi dan KPR syariah. Akan tetapi, KPR subsidi diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu. Kamu harus bisa mengukur kemampuan diri sendiri sebelum memutuskan untuk memilih KPR ini. Sementara KPR syariah tidak menerapkan sistem bunga, namun bagi hasil. KPR Syariah bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang khawatir dengan perubahan tingkat suku bunga.

Intinya, semua pilihan ada di kamu. Info simulasi ini hanya membantu penghitunganmu sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Diskusikan lagi bersama keluargamu apa yang harus dilakukan. Supaya masa depanmu tetap bisa terjamin dengan baik.
36 komentar on "Jangan Pusing Menghitung KPR Lagi karena Kalkulator KPR Sudah Banyak Tersedia"
  1. dulu waktu belum nikah masih suka bingung sama perhitungan KPR pas nikah rencana KPR eh alhamdulilah dapat tanah dari mertua jadi ga merasakan cicilan KPR mba hehehe

    BalasHapus
  2. Membantu banget ya, jadi nggak perlu pusing lagi menghitung KPR, cukup pakai simulasi ini ya.
    Bisa coba simulasi, itung2 dulu, sebelum milih KPR.

    BalasHapus
  3. Haduh emang jaman canggih ya, sekarang segala macem udah ada pihak ketiganya jadi gak harus pusing pusing ngurus atau ngitung. Kaya satu ini cukup pake simulasi bisa jadi acuan sebelum milih milih KPR :D

    BalasHapus
  4. Bener, kadang pusing ngitung kpr deh. Eh, sekarang udah canggih ya jadi gak perlu pusing lagi

    BalasHapus
  5. membantu banget nih mba, kadang orang bingung ngitung sendiri berapa cicilannya dan berapa total yang akhirnya harus dibayarkan.
    Kalau udah dihitung kan lebih punya banyak info yang memudahkan kita ambil keputusan bakal ambil cicilan berapa tahun.
    Kadang orang gak mau liat simulasi hitungan, langsung liat nilai, giliran udah bayar, baru sadar kalau jadinya berkali2 lipat :)

    BalasHapus
  6. Jaman sekarang pengen punya rumah lebih mudah ya mbak, ada KPR yang bisa membantu. Yang penting punya penghasilan tetap buat nyicil ya

    BalasHapus
  7. Bener bangeeet mba.. aku udah pernah juga memanfaatkaannya saat kita mencari KPRbtahun 2013. Dan lumayan membantu banget memang untuk beri gambaran

    BalasHapus
  8. Enak yaa jaman sekarang apa-apa dimudahkan, termasuk urusan KPR yang kadang bikin jiper duluan. karena lihat papa mamaku dulu dipusingkan dengan hitung2an cicilan KPR, sekarang aku dan suami milih beli tanah aja lalu dibangun pelan-pelan dari uang tabungan, memang lebih lama.

    BalasHapus
  9. Ternyata ada yang berinovasi tentang perhitungan KPR tidak was-was lagi memikirkan cicilannya karena sudah tahu memudahkan banget ini

    BalasHapus
  10. asik ya jadinya lebih mudah mengurus KPR. Tinggal harus bijak aja ketika mulai memutuskan untuk membeli rumah

    BalasHapus
  11. Aku pernah menghitung pakai kalkulatur KPR ini mba. JAdinya terbantu banget. Hehhe

    BalasHapus
  12. Sampai sekarang kalau hitung hitungan KPR selalu males, ribet hahaha. Kapan hari adik iparku juga bahas soal KPR. Baru tau ada kalkulator KPR, siap ngasih tau adek ipar

    BalasHapus
  13. baru tau sy ada kalkulator online utk ngitung KPR Mak, jd gak perlu diitungin dulu sm marketernya atau developernya ya Mak :)

    BalasHapus
  14. Iya mba Pernah diterangin juga ketika fulu mo ambil rumah KPR, tapi dipikir2 takuutt gk bisa byar, akhirnya beli yg kecil aja yg pnting cash

    BalasHapus
  15. perlu banget deh simulasi perhitungan KPR kaya gini. lebih memudahkan kita untuk menghitung dan menggambarkan kemampuan kita untuk mengambil KPR.

    BalasHapus
  16. Penting banget ini, melakukan simulasi sebelum memutuskan KPR. Supaya perencanaan keuangan jadi lebih baik ya Mbak. Soalnya KPR itu kan jangka panjang banget. Perlu berhati-hati.

    BalasHapus
  17. Walaupun aku lulusan D3 Akuntansi, tapi soal hitungan gini aku paling menghindar. Hehee.

    BalasHapus
  18. Semua orang pasti ingin punya rumah ya, Mbak. Kalau aku sih pengennya punya rumah yang bangun sendiri dari awal dan lokasi rumah masih dengan dekat rumah emakku.

    BalasHapus
  19. Ah kapan ya suamiku mau diajak hitung hitung KPR...
    Dia udah lemes duluan kalau diminta bahas ini. Takut banget sama riba. Padahal ada yang syariah ya.

    BalasHapus
  20. wah teman-teman yang ingin KPR bisa termudahkan nih dengan layanan ini...

    BalasHapus
  21. Soal kalkulasi angsuran KPR, dulu auamiku yang oret-oret sebelum maju ke bagian kredit perumahan. Alhamdulillah mestinya 15 tahun angsuran, bisa kami lunasi sebelum 10 tahun. Karena tiap dapat bonus atau THR selalu kami setorkan untuk angsuran pokok, jadi lebih cepat lunasnya.

    Hitungan gitu pasti hampir dua kali lipat dengan pokok nominal harga rumah. Tapi membantu lah kalo pengen mandiri setelah menikah dan nggak punya duit tunai untuk beli rumah.

    BalasHapus
  22. Wah sekarang bisa dgn mudah ya kita lakukan sendiri ga usah dihitungin mantaps nih..

    BalasHapus
  23. Aku pernah coba gaya2 an hitung jumlah cicilan, bunga, eh pusing. Sekarang masukin jumlah pinjaman, udah deh bisa ngitung sendiri. Tetap kudu bijak kalau mau pinjam atau ambil KPR

    BalasHapus
  24. aku waktu ngajuin KPR juga kan udah ada semacam rinciannya. jadi memutuskan utk mengambil yang sesuai dengan kemampuanku

    BalasHapus
  25. Sekarang kalau mau kredit rumah makin mudah saja fasilitasnya ya kak. Kalau aku paling was-was sama hutang.

    BalasHapus
  26. Enak ya sekarang mau menghitung KPR sudah ada kalkulator khususnya. Duh aku pingin punya rumah lagi loh mbak , bisa gak ya :)

    BalasHapus
  27. Kalkulasi angsuran KPR ini yang bikin maju mundur, Mba Ade. Suka syok gitu kalau ngitung hasil akhir jumlah yang harus kita bayarkan. Tapi yaa, namanya juga mengangsur ya, pastilah beda jauh harganya dengan tunai karena ada beberapa risiko yang harus diantisipasi.
    Semoga Allah mudahkan aku dan suami buat secepatnya punya rumah sendiri. Aamiin Ya Mujiib :).

    BalasHapus
  28. Iya banyak kalkulator simulasi KPR. Sya sendiri terima diitungin bank, kebetulan flat. Tapi lbh bahagia lagi kalau bisa melunasi rumah dengan cepat mbak hehe doain ya :D

    BalasHapus
  29. Aku termasuk yang pernah melakukan ini.
    Beli rumah lewat KPR.
    Karena memang cara itu yang membuka jalan untuk bisa punya rumah, saat itu

    BalasHapus
  30. Enaknya ya ada kalkulator KPR tapi kalo ngitung KPR gini urusan suamiku deh. Aku belum mampu beli rumah

    BalasHapus
  31. Mba, sampai sekarang aku paling pusing itung-itungan yang seperti ini. Tapi kayaknya dengan kalkulator KPR jadi makin mudah ya mengetahui besaran uang yang akan kita kelola pinjamannya.

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah, wlp rumah Bunda cuma "4L" kecil mungil sdh bebas dari cicilan. Aamiin.

    BalasHapus
  33. Wah wah makasih kak, tau aja nih aku lagi cari cari KPR. Dengan simulasi ini jadi makin jelas deh kak. Maakasih ya

    BalasHapus
  34. Aku gak paham tentang penghitungan KPR, dan kebetulan juga enggak lagi nyicil rumah untuk saat ini, sih. Tapi makasih ya Mbak sharingnya. Barangkali suatu saat bermanfaat ��

    BalasHapus
  35. penghitunagn KPR yg bikin bingung bunganya, klo 15 tahun mikir2 lagi , tapi emang kepengen sih. jadi kepo dah pgn nyoba kalkulator KPR
    Btw salam kenal ya mbak

    BalasHapus
  36. Jaman sekarang pengen punya rumah lebih mudah ya mbak, ada KPR yang bisa membantu. Yang penting punya penghasilan tetap buat nyicil ya

    BalasHapus