Pengikut

Keju Si Panganan Yang Makin Diminati

| on
Maret 19, 2019
[Jalan-jalan] Ada yang memperhatikan tidak jika sedang jalan-jalan bagaimana variasi makanan yang menggunakan keju tuh sekarang makin banyak dan (asli banget ini) makin kreatif?  Bisa jadi ini membuktikan bahwa Keju adalah panganan yang makin diminati oleh banyak orang. Sekaligus pengakuan sih bahwa Keju adalah sesuatu yang lezat dan bisa disisipkan di jenis makanan apa saja. APAPUN bahkan.
Yap benar. APAPUN. Putriku baru-baru ini pulang ke rumah dengan segelas besar minuman. Warnanya putih dan coklat pekat. Jadi ada 2 warna yang terpisah dan tidak bercampur. Aku penasaran dong, minuman jenis apa lagi nih yang dia bawa pulang. Dia pun memberitahu bahwa dia sedang minum sejenis Chocolate cheese. 

"Eh. Maksudnya gimana? Coklat dikasi keju?" Dia mengangguk sambil tersenyum. Dan senyumannya ini aku artikan sebuah bercandaan jadi aku kembali bertanya untuk menegaskan kembali.
Kebayang nggak sih, kok keju dibuat jadi minuman?

ini keju yang aku bayangkan dan yang orang tahu (credit foto: pixabay)
dan ini minuman dengan keju di dalamnya yang aku temui (foto pribadi)
"Iya bu, ini minuman coklat keju. Itu loh bu yang gerai minuman baru yang kita lihat di mall waktu itu? Kebetulan tadi aku lewat sana sekalian aja aku beli. Penasaran aku rasanya gimana. Tapi... agak mahal sih bu. Segelas kecil ini tiga puluh ribuan. Jadi, kayaknya aku nggak mau beli lagi lah kalau belinya pakai duit sendiri. Kecuali ada yang traktir. Hehehe. Nih, mo coba nggak?"

Lalu aku mencoba. Hmm... rasanya manis dan ada gurihnya. Gurihnya ini mungkin dari si keju ya. Sedangkan manisnya ya minuman coklat gitu, masa nggak manis. Tapi perpaduan rasa manis dan gurih ini menjadikannya unik.

Tuh. Padahal, rasanya belum lama ya masyarakat kita tergila-gila dengan sesuatu yang ada keju meleleh di atasnya.
Entah itu nasi goreng yang dikasi keju leleh, ayam geprek juga dikasih keju leleh, sambal matah juga ada keju lelehnya, martabak, roti, spagheti, indomie (bahkan indomie), mie ramen (baik yang versi korea maupun yang versi jepang), kentang goreng, tahu bulat (yap. Tahu bulat sekarang ada varian yang punya keju lelehnya), sate, atau bakso. Pokoknya, wabah suka-keju-leleh benar-benar telah merambah banyak sekali varian hidangan di Indonesia. 

jagung tabur keju parut yang yummy
Dulu ya, bahkan sempat loh saking begitu banyaknya makanan yang diberi keju meleleh si mozarella ini, sempat tuh di facebook (mungkin sekitar 2 tahun lalu alias di pertengahan tahun 2017) ada kabar burung yang beredar bahwa panganan yang dijual-jual yang banyak menggunakan keju leleh itu tidak semuanya memakai keju leleh. Tapi, dioplos dengan karet. Karet ini otomatis akan meleleh jika dipanaskan dan inilah yang terlihat seperti keju leleh.

Wah. Sebagai penggemar keju aku tuh kaget banget dengar kabar burung ini.
Huhuhuhu... masa iya tega banget para penjual makanan sampai mengganti keju mozarella yang otomatis bisa meleleh dan lengket memanjang ketika masih hangat dengan karet sih?

Gara-gara ini nih, aku sempat mogok nggak mau beli makanan yang ada keju leleh di dalamnya.
Eh... tapi akunya yang nggak tahan. 
Aku suka coklat.
Dan aku juga suka dengan keju.
Aku menyukai keduanya. Susah deh jika harus memilih meninggalkan salah satunya.


Solusinya adalah, ya aku beli sesuatu dengan keju di atasnya atau di dalamnya tapi nggak mau beli di tempat yang asal. Bawaannya, kalau makanan itu terlalu murah udah curiga pasti. Keju apaan tuh kok murah banget?

Hahaha.
Aku sampai diledekin sama anak-anakku.
"Ibu ini ya. Mahal protes, murah curiga. Jadi maunya apa coba?"
Iya sih. Aku juga bingung maunya apa? Bahkan dikasi gratis pun aku malah curiga sendiri, "kok dikasih gratis? kenapa?"
hahahaha.

Dan belum selesai urusan mengatasi rasa kangen dengan keju, dan belum selesai dengan rasa takjub akibat bermunculan aneka makanan yang diberi keju, lalu sekarang malah sudah muncul minuman yang menggunakan keju di dalamnya. 
Keju ya.. bukan yogurt atau susu. Tapi keju.

Jadi, setelah era Thai Tea yang sukses  di Indonesia, sekarang mulai banyak minuman dengan campuran keju di dalamnya. Konon, jenis minuman ini adalah jenis jajanan minuman baru dari Korea Selatan sana. Dan anakku termasuk yang sudah menuntaskan rasa penasarannya dengan membelinya dan aku kebagian mencicipinya. Enak sih.


musroom bake rice dengan 2 buah keju; di dalam ada mozarella, di luar ada cheddar (foto: pribadi)
Tuh. Jadi penasaran nggak sih, atau aku saja yang merasa penasaran. Sebenarnya mengkonsumsi keju itu aman nggak sih buat kita? Karena, suamiku termasuk orang yang menghindari untuk mengkonsumsi keju banyak-banyak. Yang alasan kolesterolnya tinggi lah, yang kurang sehat buat jantunglah, dan sebagainya.

Kebetulan, di laman Halodoc.com, aku menemukan artikel yang membahas tentang Keju dan manfaat yang terkandung di dalamnya.
Wah. Kebetulan banget kan ya. Alhamdulillah.

Jadi, ayo langsung kita intip ke website atau lamannya apa saja manfaat dari mengkonsumsi keju. Bener nggak sih yang diomongin orang-orang tentang keju itu sebenarnya? Mitos atau fakta?

 Berikut ini 5 manfaat keju seperti yang aku kutip dari laman halodoc. com



Wah.
Ternyata apa yang berkembang di masyarakat selama ini banyak yang hoax dan seharusnya dipercaya sebagai mitos saja ya.

Karena ternyata Keju itu meski dia mengandung kandungan lemak yang amat tinggi. Pada kenyataannya kandungan lemak itu tidak berubah menjadi lemak jahat loh. Justru jika kita makan keju selama beberapa saat, kolesterol baik kita yang makin bertambah.

Duh. Jadi pingin mamam keju dakuh.

Sudah yuk. Kapan kita jalan-jalan dan mampir beli sesuatu dengan keju meleleh di dalamnya dan bau keju terbakar menguar ke seantero ruangan ketika antri buat bayar di kasir. duh. celeguk.

Tapi ya tetap saja sih. Meski keju disebut bisa mencegah diabetes; tapi ketika keju dicampur dengan minuman coklat yang gulanya segepok besar, susu kental manisnya pemberiannya diputar-putar sepenuh lingkaran gelas, tetap saja bisa memicu diabetes ya aku pikir. Karena minuman ini memang manis banget aslinya; Dan karena penambahan keju maka rasa manisnya yang kebanget itu jadi imbang karena rasa asin gurih keju. Tapi tetap kita harus waspada deh aku pikir.

Intinya sih, segala sesuatu itu harus dikonsumsi sesuai dengan proporsinya ya. 
28 komentar on "Keju Si Panganan Yang Makin Diminati"
  1. Lhoh ..ternyata malah bisa meningkatkan kolesterol baik ya.. TFS mba, jadi hilang sedikit keraguan tentang keju. Tapi setuju juga bahwa apapun harus proporsional ya mba...

    BalasHapus
  2. Keju favoritku banget nih mbak.. tapi ku baru denger loh yang ternyata di 'oplos' dg karet sehingga harganya jd murah... takut juga jdnya. Tapi pinter-pinter kita aja kali ya mbak mengira2 dengan harganya hehehe

    BalasHapus
  3. Duhhh mba Ade, bikin ngiler ajaaaa..
    JAsuke aka Jagung Susu Keju itu favorit saya banget dong

    Say juga termasuk pecinta keju, anak-anak juga, terlebih yang bayi.
    Keju tuh udah kayak MSG nya aja.
    Karena dia belum pernah saya kasih MSG, jadi biar makanan gurih ya saya campurin keju hahaha :)

    BalasHapus
  4. emang keju gak ada duany ya, aku aja di rumah paling sering bikin jasuke sama pisang keju coklat, anak2 tuh paling suka, apalagi kalo kejunya banyaakkkk

    BalasHapus
  5. Iya banget, keju ini makin hai makin banyak olahan makanannya ya. Jadinya makin banyak yang suka. Dulu waktu aku masih kecil, keju itu masih sangat langka. Aku cuma nemuin di kastangel kalo lebaran. Alhamdulillah ya, mengingat keju adalah sumber kalsium yang tinggi. Jadinya mulai dari anak-anak pun bisa terhindar dari penyakit atau gangguan kekurangan kalsium

    BalasHapus
  6. Iya mba, sekarang apa2 dikasih keju. Kalau aku sih paling seneng keju meleleh ini ya di makanan, bukan minuman. Kalau di minuman memang resikonya berpadu dengan kadar gula yang jelas tinggi sekali untuk mengimbangi rasa asin dan gurih si keju tadi kan.

    BalasHapus
  7. Iya juga ya, keju mencegah diabet, tapi kalo beli minuman kekinian, siap2 deh..ngasih gulanya pun kadang bersendok2, apalagi kalo jus xixi

    BalasHapus
  8. Aku belum kebayang minuman coklat dipakein keju. Kejunya diparut ada diapain mbak Ade? Kalau keju2 di savory dish sih udah pasti aku doyaaan.

    BalasHapus
  9. Haduh di suguhi foto-foto pizza jadi pengennn kejuuu, eh tapi saya malah jadi senyum-senyum sendiri baca yang kabar burung keju dari karet. Karet kalau dipanaskan kan jadi bau hihihi ada-ada aja kabar burungnya :D

    BalasHapus
  10. Manfaat keju memang baik apalagi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Btw itu saya penasaran sama minuman keju itu mbak. Rasanya gimana ya?

    BalasHapus
  11. Soal hoax keju ini aku juga sempat kena. Dan aku baru tahu saat suami menjalani proses radiologi nuklir menjelang pasang ring jantung, dokter justru menyarankan konsumsi keju. Suamiku sampai bosen disuruh makan keju, hihiii

    BalasHapus
  12. Waw keju favoritkuuuu...emang segala olahan keju rasanya makin enak, cuman lebih prefer di makanan. Kalau minuman, air putih andalanku :)

    BalasHapus
  13. Saya juga senengnya keju. Paling suka kalau mozarella gitu di pizza. Udah ga bisa nahan buat makannya. Anak-anak juga suka. Tapi kalau sehari-hari roti keju coklat aja juga udah cukup :)

    BalasHapus
  14. Keju sekarang jadi tambahan makanan favorit anak-anak, apalagi anak pertama sukanya makanan yang ada keju melelehnya, ternyata banyak ya manfaat dari keju

    BalasHapus
  15. Kekuatan enak banget dong apalagi saat disatukan sama roti wih mantab. Tapi saya kepo mbk minuman rasa keji rasanya gimana nih

    BalasHapus
  16. Miqdad tuh doyan banget keju. Klo beli keju yg ngabisin si Miqdad, soalnya Dicemilin sama dia

    BalasHapus
  17. Aku dan anak anakku penggemar keju banget Mak. Pokoknya bikin apapun pengennya ditabur keju. Cocok banget nih, jadi pengen makan keju euyyy

    BalasHapus
  18. Waktu anakku mulai MPASI sudah aku kasih keju sebagai penambah rasa dan booster berat badannya, jadi sampai sekarang anak-anak doyan banget keju, semua makanannya minta ditambah keju :)

    BalasHapus
  19. Kalau ada makanan yang pakai keju, aku sukaaa banget. Dan bahkan minta dilebih leihin kejunya. HAhhahaha. Anakku juga gitu. Hahhaa. Enak enak sih

    BalasHapus
  20. Betul bund cocok aku pun penyuka keju hahaha
    aku suka jasuke jagung susu keju, suka juga minuman cokelat dengan toping serutan keju
    dicemil aja doyan banget ahhaha

    BalasHapus
  21. Anak pertamaku...hobi banget ngemilin keju.
    Jadinya, di kulkas selalu ada keju..macem-macem sih...ga harus mozarella.
    Heehhe..karena mama ga jago masak.

    Tapi kalo liat keju, kaya orang jatuh cinta...triink~

    BalasHapus
  22. Aku penggemar keju dan coklat.
    Kadang nyemilin keju batangan hudehehueh

    BalasHapus
  23. Iya bener banget Mba. Apa-apa sekarang dikejuin, dan langsung auoto laris kayaknya, hahaha.

    Padahal menurut pakar kuliner nggak semua mua makanan cocok disandingkan dengan keju. Tapi kalau aku pribadi suka banget keju sih, jadi nggak masalah. Hehehe

    BalasHapus
  24. Aku pecinta keju mba.. berat! Selalu bawa keju Gruyere dari Swiss (my fave!) dan juga mozarella segar dan jenis lainnya setiap aku traveling. Asal jangan banyak-banyak it is okay!

    BalasHapus
  25. duh mba. Aku jadi ngiler ngebaca tulisannya. Aku nih anaknya keju banget. Suka banget semua makanan yang berbau keju.

    BalasHapus
  26. Zaman now kyknya semua makanan dikasi keju haha. Anak2ku tu sangat suka nyemilin keju, bahkan kadang minta diparutin buat camilan. AKu yg dulu gak suka keju jd suka keju semnejak punya anak :D
    Ternyata manfaat keju banyak jg ya mbaakkk TFS

    BalasHapus
  27. Duuh kejuu....aku paling suka keju mozarella yang meleleh-meleleh itu mbaak, yang biasanya ada di pizza. Kalo jenis keju yang lain nggak begitu suka karena kerasa banget susunya. Nah kalo suamiku keju apa aja suka, hobi bangte makan makanan yang banyak kejunya

    BalasHapus
  28. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus