Pengikut

Apa itu Covid 19 ?

| on
April 20, 2020
[Jalan-jalan] Pernah nggak merasakan sedang asyik-asyiknya melakukan sesuatu tiba-tiba disuruh berhenti mendadak? Awalnya. pasti lah muncul penolakan untuk berhenti dan bertanya, kenapa? Nah. Kondisiku seperti ini ketika pertama kali mendengar pengumuman dari Pemerintah bahwa Jakarta sudah mengalami kondisi darurat COVID 19. Inilah pidato pertama yang dibacakan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan ketika memulai gerakan untuk #diamdirumah di pertengahan bulan Maret 2020 silam.

Jadi, bertanya-tanya kan, memangnya COVID 19 itu apa sih, kok sampai semua orang disuruh diam di rumah dan segala sesuatu dikerjakan di rumah saja. Tulisan ini akan mencoba untuk menulis apa itu COVID 19 secara sederhana.  Tentu saja dalam perspektif aku, seorang ade anita yang hobi jalan-jalan, suka ngobrol dengan banyak orang, doyan wisata kuliner, terus tiba-tiba disuruh diam di rumah dan melakukan berbagai macam aktifitas dari rumah saja.


Ketika pertama kali mendengar tentang wabah CORONA, jujur, aku belum ngeh bahwa ini tuh virus yang berbahaya. Jadi, masih santuy gitu deh. Kenyataannya, bersamaan dengan bergulirnya waktu, ternyata yang namanya virus CORONA ini tuh berbahaya banget.

Sejak pertama kali didapati kasusnya pada 31 Desember 2019 di China, hingga 9 Februari 2020, ada 813 korban meninggal dari 37.552 orang yang terinfeksi di 28 negara.

Dihitung dari pertengahan Januari 2020, makin banyak kasus ditemukan. Rata-rata ada 70-90 orang meninggal setiap hari karena Novel coronavirus (2019-nCov). Bahkan, Dokter Li Wenliang, orang pertama yang memperingatkan masyarakat dan Pemerintah China mengenai wabah virus corona di Wuhan turut meninggal dunia.

Sekarang, kasus COVID 19 sudah mencapai 2,406,745 yang terconfirm terkena virus COVID 19, dan tersebar di lebih dari 210 negara yang mengalami pandemi covid 19 ini ( di tanggal 20 april 2020).

Dokter Li Wenliang dari balik ranjang rumah sakit. Dia menjadi pembicaraan sekaligus dianggap pahlawan karena memperingatkan virus corona sebelum menjadi wabah. Namun, unggahannya dianggap meresahkan publik hingga dia ditangkap polisi.(Weibo via BBC) (credit foto: surat dari kompas ke mailing listi pembaca kompas)
Sampai sini, baiklah. Aku mulai alert. Kayaknya nggak bisa ditanggapi bercanda lagi deh nih, si virus corona ini.

Belakangan, akhirnya WHO memberi nama virus CORONA ini dengan nama COVID 19. 
Dari laman WHO, aku mendapati keterangan tentang virus COVID 19 itu sebagai berikut: 
Coronavirus disease (COVID-19) is an infectious disease caused by a newly discovered coronavirus.Most people infected with the COVID-19 virus will experience mild to moderate respiratory illness and recover without requiring special treatment. Older people, and those with underlying medical problems like cardiovascular disease, diabetes, chronic respiratory disease, and cancer are more likely to develop serious illness.The best way to prevent and slow down transmission is be well informed about the COVID-19 virus, the disease it causes and how it spreads. Protect yourself and others from infection by washing your hands or using an alcohol based rub frequently and not touching your face.
The COVID-19 virus spreads primarily through droplets of saliva or discharge from the nose when an infected person coughs or sneezes, so it’s important that you also practice respiratory etiquette (for example, by coughing into a flexed elbow).At this time, there are no specific vaccines or treatments for COVID-19. However, there are many ongoing clinical trials evaluating potential treatments. WHO will continue to provide updated information as soon as clinical findings become available.

Mungkin, info grafis di bawah ini bisa lebih memberi penjelasan tentang covid 19:

credit foto: google
 Dan berikut ini adalah pencegahan yang bisa kita lakukan sehubungan dengan COVID 19


Tuh... serius kan. Jadi, jangan dianggap bercanda dan santai deh soal COVID 19 ini. 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar