Pengikut

Ayo Lakukan ini agar Tidak Tertular Covid 19

| on
April 23, 2020
[Jalan-jalan] Himbauan untuk tetap di rumah saja itu susah-susah gampang ya sebenarnya. Susahnya, karena rasanya sulit bagi kita untuk bisa bertahan tetap di dalam rumah dalam jangka waktu yang amat lama.

Virus Covid 19 yang bermula di Wuhan, China di bulan desember 2019, telah membuat Wuhan me-lock down negaranya selama 3 bulan. Dan langkah lock down ini juga diikuti oelh negara lain seperti Thailand dan Singapura, serta beberapa negara lain. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau disingkat dengan PSBB.

Masalahnya, tetap lah ya kita harus pergi keluar rumah, setidaknya untuk melakukan  pembelian barang kebutuhan sehari-hari. Terus gimana caranya agar kepergian kita keluar rumah ini tetap aman dan selamat? Ada caranya.


Ayo Lakukan ini Agar Tidak Tertular Covid 19



1. Tentu saja kalian harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air yang mengalir. 
Sekarang, sudah banyak tempat yang menyediakan air bersih mengalir lewat keran dan sabun yang disediakan untuk umum dan gratis di pinggir jalan. 

credit foto: kupastuntas.co
Jika tidak menemukan sabun dan air mengalir, maka gunakanlah hand sanitiser.

2. Gunakan masker selama berada di luar rumah atau ketika bertemu dengan orang yang datang ke rumah kita. 


3. Tutup hidung dan mulut dengan tangan atau tissu ketika bersin atau batuk.
4. Jaga jarak dengan orang yang terserang flu atau batuk 2 atau 3 meter. Hindari kerumunan dan situasi berdesak-desakan dengan orang lain. 
5. Setiba di rumah segeralah ganti baju dan mandi. Baju bekas pakainya langsung dicuci dengan diterjen. Jangan lupa jika kalian mengenakan kacamata, kacamatanya juga dibersihkan. Begitu juga dengan tas yang tersandang, dibersihkan juga ya. 

Dan jika kalian pergi keluar rumah dalam jarak yang amat jauh dan kurun waktu yang cukup lama maka perhatikan ini:


1. Pantau kondisi negara atau daerah tujuan tersebut. Patuhi aturan yang berlaku di daerah tujuan ya. 

2. Jika diberikan formulir untuk pengecekan riwayat perjalanan dan tujuan perjalanan oleh pihak berwenang di daerah tujuan, isilah dengan jujur dan ikuti protokol kebijakan kesehatan yang disarankan oleh mereka. 

3. Kenakan masker sepanjang perjalanan atau saat berada di tempat dimana kita bakalan berada di tengah orang banyak sehingga sulit untuk melakukan "jaga jarak 2 meter dengan orang lain".  Sebisa mungkin, hindari kerumunan. 

4. Jika naik kendaraan umum berpenumpang banyak, pilih bangku di dekat jendela ketimbang di samping lorong. Dengan begitu kita terhindar dari sentuhan dengan orang yang lalu lalang. Dan sedia selalu air minum agar bisa banyak minum dan hand sanitiser ya. 



Be First to Post Comment !
Posting Komentar