Langsung ke konten utama

Sop Ikan Rekomenasiku di Daerah Tebet

[Icip-icip] Jika ada yang berkantor di daerah sekitar Tebet, Jakarta Selatan atau di sekitar Jalan Raya MT Haryono, boleh lah aku rekomendasikan sebuah tempat makan sederhana yang kabarnya punya Sop Ikan yang Uenaaakkkk. Rekor enaknya tuh belum ada yang mengalahkan deh (katanya).

Masih katanya nih. Ikan yang ada di dalam kuah sop ini, bukan hanya terasa segar dan lembut, tapi kuahnya juga bumbunya paling pas untuk ukuran sop ikan. Dan sayur-sayurannya juga masih segar dan crunchie gitu deh pas dimakan.

Kenapa katanya terus aku nulisnya? karena....

 Aku alergi dengan Ikan Kakap.
Huff.
Kenapa di antara banyak jenis ikan yang ada di lautan, aku harus ditakdirkan alergi dengan ikan Kakap, coba? Padahal ada ikan gergaji, yang punya moncong mirip bentuk gergaji. Jadi sulit untuk mendapatkannya, dan karena jumlahnya di dunia juga terbatas maka pemerintah di banyak negara melarang penangkapannya. Dengan begitu aku tidak perlu kecil hati jika memang alergi makan ikan gergaji.

Atau... alergi ikan listrik kek. Itu loh, ikan yang bisa menyengat makhluk hidup lain yang dianggapnya sebagai musuh atau mengancam hidupnya dengan cara memancarkan sengatan listrik ratusan voltase ke tubuh makhluk hidup yang dianggapnya mengancam hidupnya (ini penekanan banget ya kalimat mengancam hidupnya. Karena jika dia selalu memancarkan sengatan listrik ratusan voltase ke tubuh makhluk lain yang ada di dekatnya, yaa... kasihan juga kan. Gimana coba kalau dia sedang jatuh cinta? duh.

Baru mau bilang, "Eh... gue demen ama elu." ZEETTTT.... disetrum.
"Tapi gue serius demen ama elu." ZETTT... disetrum lagi.
"Sebelum mati, please say yes dong buat pernyataan cinta gue." ZETTT.... disetrum lagi, lalu gosong. Sebelum berkata apa-apa.
Akhrinya hanya bisa menangis pilu karena cinta yang tidak pernah kesampaian.
huhuhuhu.
(*eh... kenapa-aku-jadi-penyambung-lidah-si-ikan-yang-numpang-curhat-tapi-nggak-ngerti-bahasa-manusia-biar-elu-elu-yang-baca-ngerti?)

Oke. Kita tinggalkan Fish Planet (acara pengganti Animal Planet macam di tipi-tipi ituh).

Nah. Karena aku alergi dengan Ikan Kakap, jadi aku tidak bisa mengkonsumsi segala macam makanan yang berjenis kelamin Ikan Kakap.
Eh...
Maksudku, berjenis Ikan Kakap. Kelaminnya dicoret. Eh... tapi itu bukan berarti si ikan jadi nggak ketahuan jenis kelaminnya apa ya? Nanti si ikan Kakap jadi dianggap haram lagi. Padahal ikankan halal. Bahkan bangkainya pun bisa dimakan jika emang tidak beracun.
(Aduhhhhh... kenapa aku jadi ribet gini nulis soal ikan?)

Mungkin kata yang tepat adalah, aku tidak bisa mengkonsumsi segala macam makanan yang berasal dari ikan kakap.
NAH. (*fiuh.. lega)

Padahal, sop ikan yang akan aku rekomendasikan ini berasal dari ikan kakap. Tapi, suami dan anak-anakku pada ketagihan nih dengan sop ikan ini.
Rasanya, setiap bulan, ada saja waktu yang diluangkan untuk mampir ke warung Sop Ikan Ibu Sarah ini. Khususnya, suamiku sih. Dia suka dengan Sop Ikan ini.

Sebagai istri yang baik hati dan pintar menabung serta tidak sombong dan rajin belajar   aku ikut dong. Sementara suamiku memesan Sop Ikan dan nasi sepiring, aku memesan Rawonnya. Atau Soto Betawinya.

Nah. Rawonnya lumayan sih. Tidak pedas seperti rawonnya makhluk halus yang tersohor itu. Wajar saja rasanya. Tapi pas. Disajikan dengan toge mentah, kerupuk udang dan telur asin. Dagingnya lumayan banyak.

Atau aku memesan Soto Betawi. Ini juga enak. Cuma, karene aku sedang mengurangi mengkonsumsi santan dalam makanan, jadi aku jarang pesan Soto Betawinya.

Dimana letaknya?

Jika kalian melewati Rumah Sakit Tebet, di sebelahnya kan ada BCA Milenia, nah... ini ada di belakang gedung BCA Milenia. Jika membawa mobil, maka dari jalan MT Haryono yang ke arah Cawang-Cililitan, kalian harus belok ke jalan tebet yang ada di depan apartemen Signature park, lalu tidak lama kemudian belok kiri lagi.

Kapan bukanya?

Mulai pukul 10.00 setiap hari Senin s.d Jumat. Tutup setelah makanan habis (masalahnya, makanan habis itu tidak bisa diprediksi. Kadang, jam 13.00 sudah habis, kadang jam 14.00 baru habis. Yang pasti tidak sampai pukul 15.00 deh).

Harganya? Murah kok. Beneran.






Ayo kita makan sop ikan... eh... kita. Kamu saja kali..... hahahaha.. aku rawonnya saja deh.

Komentar

  1. Hihi...penyambung lidah ikan yang pengen curhat..*eh..
    aku belum pernah makan sop ikan, kalo gulai kepala ikan kakap pernah..

    BalasHapus
  2. wah baru tahu ada yg alergi ikan kakap, unik alerginya

    BalasHapus
  3. Seger sop ikannya. Penasaran pengen coba.

    BalasHapus
  4. Seger sop ikannya. Penasaran pengen coba.

    BalasHapus
  5. mba'Ade bikin aku senyum-senyum baca ini.. yang ikan gergajilaah, ikan kesetrum jatuh cintalaah.. hahaha
    btw, aku pencinta ikan. Boleh juga nyoba kapan-kapan ya :)

    BalasHapus
  6. Kayaknya enka banget ya sop ikannya

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah makan sop ikan mbak Ade.... mungkin karena aku kurang suka ikan... tapi melihat foto mbak Ade di atas kok aku tergoda untuk bisa menyicipinya ya hahaha.
    Nah kalau rawon aku suka sekaliiii....

    BTW ini kunjungan pertamaku di sini ya? :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Masakan India Utara dan India Selatan

[Icip-icip] Apa sih bedanya makanan India utara dan India Selatan? Eh.. memangnya mereka berbeda ya? Bukannya masakan India mirip-mirip semua, rata-rata kari?

Dulu, sebelum aku sering mencoba wisata kuliner icip-icip masakan India, aku merasa bahwa masakan mereka sama semua. Kari, pedas, roti cane. Tidak jauh berbeda dengan variasi itu. Tapi setelah beberapa kali menjalani wisata kuliner masakan India yang terdapat di Singapura dan Malaysia, rasanya aku mulai tahu bahwa mereka berdua berbeda.

Bakso Pak Jokowi

[Jalan-jalan] Seberapa besar nama besar seseorang bisa mempengaruhi penjualan suatu barang? Jawabannya cukup besar. Karena nama besar, akan membuat kesan pertama begitu berkesan yang membuat orang teringat dan akhirnya... terdorong untuk membeli. Lagi dan lagi.

Seperti halnya bakso jawa Pak Jokowi yang ada di wilayah Tebet, Jakarta Selatan ini. Letaknya tepat di seberang TK Aisyiyah 4, Jalan Raya Tebet Timur , Jakarta Selatan.