Minggu, 15 Mei 2016

Resep Tahu Goreng Gandum

[Icip-icip] Ada yang menyukai kuliner Chinese Food? Aku termasuk penggemar chinese food. Dan meski tidak bisa memasak, jika memasak makanan yang berasal dari Chinese Food, aku masih bisa mengolahnya.

Jadi, awalnya nih. Aku tuh memang tidak bisa memasak. Sama sekali tidak bisa. Masak air saja gosong (hehehe, dan ini bukan perumpamaan, tapi berasal dari kejadian sebenarnya. Nanti kapan-kapan aku cerita ya tentang ini).

Nah, dua tahun yang lalu, kebetulan di mall Kota Kasablanca baru dibuka sebuah rumah makan yang menjual chinese food. Aku Termasuk penggemar olahan pangan dengan resep a la chinese food. Setelah mencicipi aneka menu chinese food di restoran tersebut, aku suka sekali dengan panganan mereka yang berjudul Tahu Goreng Gandum.

Tahu Goreng Gandum ini sebenarnya adalah tahu sutra biasa yang digoreng garing. Yang membuat istimewa karena dia ditaburi dan dibalut dengan serbuk-serbuk gandum yang memiliki rasa gurih asin dan sedikit beraroma.

Aku pun berkreasi di rumah untuk membuat panganan ini sendiri. Penasaran pake banget karena aku suka makanan ini. Jadi jika bisa membuatnya sendiri tentu lebih enak.

Dan Taraaaa... ternyata aku lumayan cukup berhasil membuatnya.

Jadi, sekarang aku mau berbagi resep nih ceritanya.

Resep Tahu Goreng Gandum


 Bahan yang dibutuhkan:


- Tahu Sutra bentuk bulat. Potong selebar 1 cm sehingga terlihat seperti irisan bulat yang tebal.
- Haluskan: kemiri, bawang putih, cabe (jika suka pedas), garam, merica.
- Beberapa lembar daun jeruk.
- Minyak untuk menggoreng.
- 1 butir Telur
- 3 sendok makan muncung Tepung terigu, sedikit merica halus, sejumput garam (aduk ketiganya hingga rata).
- Serbuk Cereal Oat. Bisa gunakan merek apapun.

Cara membuatnya:

1. Panaskan minyak dalam penggorengan.
2. Masukkan bulatan irisan tebal tahu sutra ke dalam telur yang sudah dikocok. Bolak balik, lalu masukkan ke dalam tepung terigu, lalu goreng dalam minyak panas. Goreng hingga permukaannya rata. Setelah itu angkat dan tiriskan.
3. Campur serbuk cereal oat dengan bumbu yang sudah dihaluskan (kemiri, bawang putih, garam, merica, cabe). Goreng dengan minyak yang sedikit sekali hingga semua serbuk cereal oat tercampur rata. Tambahkan daun jeruk, terus aduk hingga warna pucat cereal oat berubah menjadi berwarna kekuning-kuningan  dan serbuk cereal terasa gurih (jika terasa tawar, boleh tambahkan garam dan merica).
4. Setelah serbuk cereal oat berubah warna, masukkan tahu sutra yang sudah digoreng tepung tadi. Aduk rata hati-hati.
5. Siap dihidangkan.


Rasanya enak sekali. Mirip dengan buatan rumah makan chinese food yang terkenal tersebut. Ini menjadi salah satu lauk andalanku jika sedang mengadakan arisan keluarga. Karena membuatnya mudah, hasilnya banyak, tidak memalukan dan murah meriah.  Tahu yang murah jadi tampil mewah di atas meja makan dengan olahan menu Tahu Goreng Gandum.

8 komentar:

  1. Kyknya enak jd pgn nyoba. Tapi tahu sutranya itu yg ssh nyari di pasar sini

    BalasHapus
  2. Ini enak ini enak... Biasanya udang diginiin

    BalasHapus
  3. Ini enak ini enak... Biasanya udang diginiin

    BalasHapus
  4. Serbuk cereal oat itu yg seperti apa ya mbak? Pengen nyoba deh kayaknya yummy buat cemilan anak2

    BalasHapus
  5. Maksudnya pakai gandum itu pakai cereal oat ya makk.. Baru tau aku bisa buat campuran bikin tahu goreng.. Apa rasanya ya hehehe..

    BalasHapus
  6. Kapan arisan keluarga lagi, Mbak? Mauu ikut icip2. .. :D

    BalasHapus
  7. Kalo tahu sutra biasanya cuma dicampur sama udang dan daging ayam yang dicacah aja. Aku belum pernah masak pake cereal oat, kapan-kapan nyoba ah.

    BalasHapus
  8. Aku belum bisa ngebayangin rasanya sih, hehe

    BalasHapus