Minggu, 17 Juli 2016

Agar Telinga Anak Tidak Sakit Ketika di Pesawat Terbang

[Jalan-jalan] Jika punya anak kecil lalu harus bepergian dengan pesawat terbang itu, ada seninya tersendiri. Anak-anak, biasanya merasa tidak nyaman jika mulai dalam posisi take off, atau landing. Atau ketika  sedang berada di atas awan dan pesawat harus melalui gumpalan awan yang pekat dan tebal sehingga pilot memutuskan pesawatnya harus  terbang lebih tinggi lagi.  Akibatnya, tekanan udara di dalam pesawat jadi tidak stabil. Tidak stabilnya tekanan udara di dalam pesawat inilah yang membuat telinga  menjadi terasa tidak nyaman. Orang dewasa saja tidak nyaman, apalagi anak-anak.


Ada rasa seperti berdengung yang amat mengganggu. Sulit menelan. Juga seperti ada rasa yang menekan di dalam telinga dan ini sering membuat hidung pun tersumbat.

Agar Telinga Anak Tidak Sakit Ketika di Pesawat Terbang


Banyak tulisan yang sudah menulis bahwa kondisi yang serba tidak enak di pesawat ini sebenarnya amat sangat wajar. Justru itu sebuah penanda bahwa tubuh melakukan adaptasi yang luar biasa dalam rangka melakukan penyesuaian keseimbangan.

Kapan bisa terjadi perbedaan tekanan tersebut? 

Kalau kita mau naik pesawat, pada saat pesawat hendak take off atau landing atau ketika pesawat naik turun diudara, telinga kita akan terasa seperti penuh atau buntu atau agak kurang mendengar. Ini diakibatkan karena terjadi perbedaan tekanan didalam pesawat.

Secara reflek, biasanya kita akan langsung merespon dengan menelan ludah sehingga pendengaran kita menjadi normal kembali. Dengan menelan ludah ini akan menyebabkan tuba terbuka dan udara luar dapat masuk ketelinga bagian tengah.

credit foto: https://www.garudacitizen.com/tips-bepergian-dengan-pesawat-terbang/
Apakah normal keadaan ini? Ya… ini sangat normal sekali. Dan semua orang akan mengalaminya, namun efeknya tidak sama antara satu orang dengan yang lain. Keadaan ini disebut Oklusi Tuba atau adanya sumbatan pada saluran tuba yang berada di telinga.

Tuba eustachius/Eusthacian tube adalah saluran yang dimulai dari telinga tengah dan berakhir dibelakang hidung atau didaerah pangkal tenggorok. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di luar. Bila terjadi perbedaan tekanan maka saluran ini akan membuka dan membiarkan udara masuk ke telinga tengah sehingga tekanan menjadi seimbang.

Lalu bagaimana agar telinga anak tidak sakit?

Berdasarkan pengalamanku nih, ini caranya agar telinga anak tidak sakit.
1. Susui bayi ketika pesawat sudah mulai take off atau landing.
2. Biarkan bayi atau si kecil anda tertidur. Tidak usah dibangunkan.
3. Beri si kecil anda permen untuk dia hisap-hisap.
4. Obati hidungnya sebelum dia naik pesawat. Biasanya, jika si kecil sedang mengalami flu maka kondisi telinga yang sakit ini akan membuatnya semakin rewel karena merasa makin tidak nyaman. 


Oh ya, ini saranku lagi nih. Lebih baik pilih permen yang bertangkai sih. Dengan begitu tidak cepat habis di mulut anak. Ingat: tujuan kita memberi anak permen itu agar telinga anak tidak terasa sakit. Bukan agar anak makan permen dan bersenang-senang dengan permen. 

Selamat mencoba. 

2 komentar:

  1. Oh, baru nyadar kenapa kita disarankan makan permen saat naik pesawat. Hehe.. Tips yang sangat sederhana untuk dilakukan. Trims mbak Ade! :)

    BalasHapus
  2. Faraz waktu ke Jakarta kemarin itu juga nangis kejerrr pas akan landing, sepertinya sakit telinganya, mana waktu itu lagi ada semacam sariawan di mulutnya jadi nolak menyusu walau saya udah bujuk2, hiikss. tapi akhirnya reda juga beberapa mennit sebelum landing.

    BalasHapus