Rabu, 02 November 2016

Tips Merawat Kecantikan Kulit untuk Perempuan 30+

[Get Beauty] Aku menulis tentang artikel Tetap percaya diri di #usiacantik di blogku yang lain. Sekarang aku mau memberi tips tentang merawat kecantikan kulit untuk perempuan 30 +, sebagai tanggapan dari beberapa komentar yang datang padaku dalam bentuk japrian di facebook.

 Semoga bermanfaat.
DISCLAIMER: jawabanku bukan dalam kapasitas sebagai konsultan kecantikan. Jawaban yang aku berikan berdasarkan pengalaman dan pengamatanku sendiri.  Jadi, mungkin saja bisa salah dan tidak cocok diterapkan pada orang lain.



1. Pertanyaan: Mbak, usiaku sudah 42 tahun dengan kondisi kulit yang pecah-pecah karena gonta-ganti kosmetik. Bagaimana cara mendapatkan kulit yang mulus kembali?


Jawab: Jujur saja. Aku termasuk orang yang tidak menyukai membebani kulit dengan aneka macam kosmetik.

Kulit kita punya pori-pori. Artinya, dia butuh "bernafas". Nah, apa jadinya jika pori-pori tersebut ditutupi oleh aneka macam kosmetik? Maka, akan terjadi penumpukan lemah yang bisa jadi berasal dari keringat yang gagal keluar atau kosmetik lama yang terakumulasi bertumpuk di atas pori-pori tersebut.

Itu sebabnya kulit jadi pecah-pecah atau malah jerawatan.

SARANKU:

Sesekali, biarlah kulit tidak perlu diberi apapun. Puasa pakai make up lah selama 1 minggu saja.

Setiap hari, Bersihkan dari aneka macam make up; lalu tepuk-tepuk dengan air dingin dari kulkas (bukan es) dengan menggunakan handuk kecil atau waslap. Lalu tidur dengan kualitas power nap yang bagus. Sebelum tidur jangan lupa minum air putih hangat.

Jika week end tiba, beli timus segar, iris tipis tipis lalu taruh irisan timun tipis ini di atas kulit wajah secara keseluruhan. Pejamkan mata dan istirahat selama 15 - 30 menit. Nanti kulit akan terasa lebih segar insya Allah.

Catatan: tidur power nap yang bagus tuh bukan tidur selonjoran sampai ngorok. Berbaring di kursi yang sandarannya sedikit dimiringkan juga bisa. Yang penting bisa istirahat tenang dan damai. 15 menit juga tidak mengapa.

Pertanyaan 2. Mbak, kulitku kering banget nih. Jadi malah banyak kerutan padahal usiaku baru 30an. Gimana cara dapat kulit seperti mbak Ade? Aku mahasiswa.


Jawab: Jangan keseringan berada di luar ruangan dalam kondisi tidak mengenakan pelembab sih menurutku. Karena sinar matahari memang eepat sekali menguapkan kadar air yang ada di kulit kita. Kurang minum air putih juga pengaruh. Dan satu lagi, jangan terlalu sering mencuci muka dengan sabun cuci muka. Karena sabun cuci muka itu memang membersihkan wajah dari kotoran. Tapi, suka terlalu bersih jadi akhirnya malah mengangkat semuanya termasuk cadangan air yang ada di kulit kita.

Jadi, kalau selesai cuci muka, beri pelembab yang mengandung kadar air yang banyak. Kalau beli pelembab, cari yang ada tulisan : mengandung spa water atau tertulis kadar airnya banyak. Itu lumayan bantu buat mengembalikan kadar air ke wajah kita.

Saranku:

Karena kita tidak pernah tahu bagaimana hari esok yang akan kita jelang; jadi pilihlah barang perawatan kulit yang tidak terlalu mahal harganya.
Kenapa? karena kita bakal memerlukan mereka terus menerus.
Iya kalau ada rezeki yang sama besok-besok. Kalau besok-besok tongpes gimana? Nah... itu sebabnya jangan beli yang terlalu mahal.

Ingat ya. Kulit kita itu bertoleransi terhadap kualitas kosmetik bersifat progresif. Jadi, maunya naik tingkat tidak mau turun tingkat.
Jadi, kalau masih usia 20-an sudah memakai Ultima II, SK II misalnya, duh... mau pakai merek apa lagi jika sudah usia 45 plus  nanti?  Karena pasti harus memakai yang kualitasnya harus lebih bagus dari merek ini. Eh tapi harus optimis ya, bahwa kondisi ekonomi kita akan terus membaik di hari esok. Aamiin.

Pertanyaan 3: Mbak, kita seusia nih. Sudah sama-sama 45 tahun. Tapi kondisi kulitku rusak karena mencoba aneka macam perawatan. Apakah merek Loreal yang mbak pakai selama ini bisa membuat kulitku secantik kulit mbak ade?


Jawab: Wah. Allahu'alam ya.
Benar sekali aku memakai produk Loreal sudah lebih dari  10 tahun. Sejak tahun 2005 sepertinya, yaitu ketika aku tinggal di Kuala Lumpur dalam rangka ikut suami yang melakukan penelitian disana. Tapi, aku nggak bisa menjamin bahwa peralihan dirimu untuk mengenakan produk yang aku pakai ini bisa membuat kondisi kulitmu akan sama seperti kulitku.

Harus dilihat dulu kasus per kasusnya.

Saranku:

-  Usia 45 tahun itu, kondisi kulit biasanya mulai kekurangan kadar air. Jadi lebih cepat terasa kering. Nah, kita kembalikan dulu kadar air di kulit kita. Yaitu dengan memakai pelembab yang mengandung UVA dan UVB jika pergi ke luar rumah. Jadi, tidak langsung terpapar sinar matahari.
- Selain itu, jika sedang berada di dalam rumah, aku lebih menyarankan untuk tanpa make up atau olesan apapun sih. Biarkan kulit kita bernafas dengan lega dulu. Jika udara panas banget, pengab, semprotkan saja facial spray (merek apa saja boleh). Jika tidak punya facial spray, ambil tissue biasa, percikkan air es, lalu taruh di wajah kalian beberapa menit. Jadi biar pori-porinya sedikit mengecil.
- Pagi-pagi bangun tidur, 2 minggu sekali seterikalah wajah kalian dengan es batu sebentar. Enak nih, beneran.
- Hindari melakukan semua adegan yang mendatangkan uap panas ke wajah kita. Karena uap panas akan membuat pori-pori wajah lebih besar/lebar. Adegan itu seperti: facial di salon dengan menggunakan uap wajah terlalu lama; menguap wajah di atas panci air panas yang ditutupi handuk, menyodorkan wajah langsung untuk terkena semprotan dari shower air panas di kamar mandi, berendam di kolam air hangat dengan cara memasukkan wajah seluruhnya ke dalam kolam tersebut (meski hanya sebentar).
- Pemakaian sabun cuci muka tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Karena ini bisa membuat kulit semakin kering. Kulit yang terlalu kering bisa cepat berkeriput dan penuaan dini.

Dah segitu dulu deh tips merawat kecantikan kulit untuk perempuan 30+ dari ku. Nanti kita sambung lagi karena memang ada beberapa japrian yang belum sempat aku jawab. Bersambung saja ya teman. Batere notebookku sudah mau habis soalnya. hehehe






4 komentar:

  1. MBak Ade, kulitku jenisnya kering. Jadi, kalau pakai bedak, suka enggak rata gitu. Kadang malah kulit wajah jadi bludur gitu ;). Aku enggak tiap hari pakai pelembab Mbak,

    Btw, L'Oreal yang embak Ade pakai, apakah cocok untuk usiaku? 34 tahun menuju 35 tahun? Terima kasih banyak Mbak Ade

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja, sebentar lagi usiamu 35 kan ya? tapi... kalau kulit kering, aku lebih menyarankan pakai yang jenis aqua hydrafresh sih... itu kadar airnya lebih banyak soalnya, jadi kulit lebih moist gitu.. empuk lembab

      Hapus
  2. Makasiih tips nya mbaa, aku nih udah 30 lrbih. Mau ikutin saranmuu

    BalasHapus
  3. Duh Mba Adeee..makasih infonya. Tadinya mau pake SK II tapi mendingan ntar dulu deh..hehe.. Takutnya kulitku minta lebih nantinya. :)

    BalasHapus