Pengikut

5 Tempat Sarapan di Jakarta

| on
November 26, 2018
[Icip-icip] Kalian tahu, pada umumnya, rumah makan itu baru buka setelah pukul 10.00. Sedikit sekali rumah makan yang bisa dijadikan tempat kita mendapatkan sarapan. Bahkan, mall-mall yang ada di Jakarta saja baru buka pukul 11.00. Sehingga otomatis tempat makan di dalam mall itu juga baru buka setelah pukul 11.00.



Terus gimana dong jika kita pingin sarapan di luar tapi bukan beli nasi uduk yang dibungkus lalu dibawa pulang? Nah. aku akan memberitahu nih, 5 tempat sarapan di Jakarta. Ke 5 tempat makan ini berupa rumah makan. Jadi bukan tenda pinggir jalan. Sehingga kalian bisa masuk ke dalamnya, duduk leyeh-leyeh sambil mendengar kan musik, bisa santai main gadget atau baca koran digital pagi dengan dilayani oleh pelayan rumah makannya.
Kenikmatan sarapan di luar rumah itu kan satu: kita bisa santai, tapi dapat adem, dan bisa memulai hari dengan rasa damai.




5 Tempat Sarapan di Jakarta


1. Mc Donald di Jalan Sarinah Thamrin


Tepatnya ada di McDonald's Sarinah
Sarinah, Dasar Gedung, Jl. M.H. Thamrin No.11, RT.8/RW.4, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350

Mc Donald ini baru buka pukul 07.00 setiap hari termasuk hari libur atau hari raya sekalipun. Tidak ada liburnya.




suasana di lantai 1 rumah makan McDonald . Foto aku ambil dari google map


 Menu yang tersedia disini adalah, standard seperti menu yang tersedia di McDonald pada umumnya. Ada Burger, Kentang goreng, ayam goreng tepung khas McDonald, Coca Cola, dan sebagainya.

aneka pilihan makanan dan minuman dari McDonald. Foto aku ambil dari Google map
Nah. Ada satu yang aku suka dari rumah makan McDonald Sarinah Thamrin ini. Selain karena dia buka pagi hari, juga karena dia punya 2 susunan menu yang berbeda di lantai 2 nya.

Iya. Di lantai 2 McDonald Sarinah Thamrin ini ada cafe yang menyediakan aneka macam kue manis dan aneka macam pilihan minuman selain minuman bersoda seperti yang menjadi khas McDonald dengan coca colanya.

Di Lantai 2 ini, kita bisa memesan kopi, coklat hangat, hingga teh. Dikudap dengan aneka pilihan cake dan roti. Jadi, asli bisa benar-benar bersantai setelah lepas berolah raga di car free day.

Nah. Khusus di hari raya, Mc Donald Sarinah Thamrin ini penuh oleh orang-orang yang antri mau sarapan setelah pulang dari shalat Ied. Maklum, pada beberapa rumah, karena tidak ada pembantu jadi malas ya buat sarapan. Toh siang nanti juga bakalan keliling untuk bersilaturahmi dalam rangka hari raya. Jadi, sarapan di McDonald adalah pilihan terbaik. Apalagi tempat-tempat lain di hari raya pada tutup semua.

2. Gelael Supermarket MT Haryono


Jika kalian pernah menghabiskan pagi untu berolah raga di taman yang ada di tengah daerah Tebet, tentunya selesai berolah raga pagi, enaknya pingin segera sarapan kan ya. Nah, kalian bisa sarapan di Gelael Supermarket MT Haryono, Jakarta Selatan.

Gelael Supermarket
Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.94E, RT.1/RW.6, Tebet Bar., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810




Jadi, Supermarket GELAEL ini buka sejak pukul 07.00 setiap harinya, termasuk hari Ahad (minggu). Supermarket ini tidak hanya sekedar supermarket saja loh. Tapi, ada pojok dimana kita bisa makan disana. Jadi semacam cafe di dalam Supermarket.

Pilihan makanannnya di pagi hari adalah aneka minuman panas seperti aneka kopi, teh, coklat atau susu. lLalu, aneka macam donat, dan roti-roti manis, serta cake.

Nah, tentu saja bagi kalian yang sedang diet tentunya tidak ingin makan yang serba manis dan bertepung ini kan ya. Nah, enaknya disini, ada pilihan lain. Yaitu kalian bisa membeli sayur dan buah yang dijual di dalam supermarketnya, dan sudah dikupas pula. Jadi, bagi yang terbiasa sarapan buah-buahan, tetap bisa sarapan dengan nyaman.

credit photo: google map

credit photo: google map

3. KFC Ratu Plaza


Nah, berikutnya adalah makanan cepat saji yang bisa jadi alternatif jika kalian melakukan jogging di pagi hari memanfaatkan Car Free Day.

Biasanya, Car Free Day itu kan dimulai sejak Patung Pemuda di daerah Kebayoran Baru dan berakhir di Tugu Monas. Jika kita berjalan kaki mulai dari Tugu Monas ke arah Blok M, maka cukup jauh tuh panjang perjalanan yang harus kita tempuh.

Nah, laper nggak sih? Karena biasanya, yang ramai dengan tempat jual makanan itu adalah yang di dekat bundaran H.I saja. Sedangkan semakin menjauhi bunderan H.I maka semakin sulit mencari makanan.

Nah, tahan ya. Karena jika kalian berjalan ke arah Mall Ratu Plaza, maka kalian bisa menemukan ada gerai KFC di sana. Gerai KFC ini buka pukul 07.00 loh. Pilihan makanannya adalah ayam goreng tepung khas KFC, dan menu-menu KFC breakfast lainnya seperti teh hangat, atau kopi hangat serta wafel atau pancake.
Lumayan sih buat membuang lapar.

KFC - Ratu Plaza
Ratu Plaza, Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 9, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Buka sejak pukul 07.00





KFC ratu plaza, credit photo: google map

credit photo: google map
Yang menarik dan membuatku memasukkan KFC ini sebagai rekomendasi buat sarapan adalah, di Hari Raya, setelah shalat Ied di daerah lapangan Blog S atau masjid Al Azhar, kalian bisa jalan kaki ke sini nih. Karena, di saat banyak rumah makan tutup di hari raya, mana pagi-pagi pula, nah, KFC ini tetap bisa seperti biasa.

Dan enaknya lagi, dibedakan tempat bagi yang merokok dan tidak merokok. Untuk yang merokok bisa makan di teras luarnya.

4. The Atjeh Connection SCBD

Tempat sarapan berikutnya adalah The Atjeh Connection SCBD. Seperti bisa kalian lihat dari namanya, ini adalah rumah makan yang menyediakan aneka menu masakan dari Aceh. Tapi, bukan berarti berat-berat dan pedas-pedas ya. Tapi, banyak juga yang ringannya.
Buka sejak pukul 07.00.

The Atjeh Connection SCBD
Jalan Tulodong Bawah Blok D No.1, Senayan, Kebayoran Baru, RT.8/RW.4, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190



credit photo: google map

credit photo: google map
credit photo: Google map


 Terus apa yang membuatku ingin merekomendasikan tempat sarapan ini pada kalian?

Di samping karena variasi makanan yang tersedia di sana amat beragam, juga karena disana dibedakan antara ruangan untuk merokok dan tidak merokok, juga karena letaknya yang strategis di daerah Tulodong sana, jadi dekat banget sama daerah SCBD. Karena ini nih....ada kue dengan nama kue Ade.
Hahahaha... receh banget ya alasanku. Tapi beneran deh, untuk pertama kalinya nih aku menemukan kue yang diberi nama sama dengan namaku. Hmm. Mungkin kalau nama kuenya Ade Anita, aku traktir kali ya kalian buat makan disini. Hahaha (*maaf aku rada-rada norak-norak bergembira).

Ini nih KUE ADE.

credit photo: google map

5. Pondok Sunda Prasmanan Cikajang


Nah, tempat sarapan selanjutnya, yang buka sejak pukul 07.00 pagi, adalah pondok sunda prasmanan di daerah Cikajang.

Pondok Sunda Prasmanan Cikajang
Jl. Cikajang No. 6 Wolter Monginsidi Petogogan Kebayoran Baru Jakarta Selatan DKI Jakarta, RT.6/RW.6, Petogogan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170



 Nyaris semua makanan sunda yang bisa kita ambil disini rasanya enak. Bumbunya meresap, tulangnya empuk, dan porsinya tidak mini. 

Nasinya diambilin sih ama pelayan disana, tapi lauk pauknya bisa kita ambil sendiri karena dipajang selayaknya makanan prasmanan. 
Nah, jika kalian makan disini, kalian sambil makan cobalah untuk mengingat-ingat makan apa saja. Karena sistem pembayarannya berdasarkan kejujuran yang makan. Jadi, nanti ketika kita akan membayar maka kita akan ditanya, makan apa saja nanti? Berbeda dengan rumah makan padang yang bisa dicek dari piring kecil yang isinya berkurang, di rumah makan sunda prasmanan ini karena sistemnya prasmanan jadi sering tidak terlacak sudah makan apa saja. 

Misalnya kita ambil nasi, tempe bacem, tahu bandung goreng, sambal. Nah. Aku pikir, begitu selesai makan, piringnya bersih tuh. Tidak ada kuah yang terlihat, tidak ada tulang. Itu sebabnya kejujuran dalam hal ini benar-benar diutamakan.
Jangan sampai kita ambilnya paruh goreng tapi mengakunya pakai tempe goreng.

credit photo: google map

credit photo: google map
Nah. Itulah tadi 5 tempat sarapan yang bisa dipilih jika di hari Ahad pagi kalian melakukan jalan kaki atau bersepatu roda atau lari dari kenyataan hidup yang pahit pagi.

Jika lapar, mampir saja ke tempat makan yang diibuka sejak pukul tujuh pagi ini.
Bayangkan kapan mereka masaknya ya pukul 07.00 sudah pada ngebul siap disantap semua makananya. Ayolah kita hargai kerja keras mereka dengan sarapan di tempat makan ini. Yuk. 
22 komentar on "5 Tempat Sarapan di Jakarta"
  1. Nama Gelael masih asing deh buatku mba :p
    aku juga beru denger ada kue namanya ade ahahaha..coba namanya tetep ade anita jadi bisa ditraktir *ngareppp

    BalasHapus
  2. Pilihan aku The Atjeh pastinya secara aku doyan banget makan mie aceh. Mbak Ade dulu waktu aku belum nikah sama suamiku mainnay sering ke Gelael deket kostan aku di Cikoko :)

    BalasHapus
  3. Kalau aku ke Semarang biasanya kalau laper mampir ke Gelael atau ke CFC. Di Kendal nggak ada Gelael sama CFC sih soalnya.

    BalasHapus
  4. Fast food ini menarik yaa, mba Ade.
    Dan pasti kenyang...

    Biasanya kalau abis lari dari kenyataan, eh...lari pagi...suka cari bubur ayam atau sayur paku khas Padang, pake lontong.
    Nyaamm~

    BalasHapus
  5. Wah jam 7 pagi udah pd buka? Kereeenn. Mungkin krn area mereka di tengah kota jd buka pagi supaya bisa memfasilitasi org2 kantoran yg blm sarapan kali ya mbak. Eh tapi liburan jg buka ya? Berarti kalau liburan buka pagi buat yg CFDan kali #sokteu haha

    BalasHapus
  6. Wah pengen nyicip kue Ade nih..seperti talam.ya? Itu manis / gurih ya mba?

    BalasHapus
  7. wah, tempat sarapannya mewah2 ya. aku pikir beli nasi uduk atau bubur ayam.

    btw, bagi yg tinggal sekitaran tebet pasti familiar dengan gelael. waktu kecil sering kesana, soalnya rumah di tebet Timur dalam VIII.

    BalasHapus
  8. Hihihi..kalau saya cari sarapan biasanya cari kaki lima, kayak nasi uduk, bubur ayam, kupat tahu, jarang ke tempat makan gitu,

    BalasHapus
  9. Paling suka sarapan pagi itu bubur kacang ijo hihihi, tapi tempat yg di Rekomendasikan gak kalah enak juga nih menu2nya

    BalasHapus
  10. McD Thamrin ga 24 jam lagi ya mba? Btw ku juga pernah pagi pagi makan di kfc ratu plaza karena itu aja resto yang udah buka hehhee

    BalasHapus
  11. Itu namanya kok bisa Kue Ade, udah nanya kah artinya apa, hahaha

    Kalo luar kota jaman anak2 masih SD, sarapannya pasti di Mc Donald. Dan awal Oktober kemarin sempat sarapan abis cfd, pesen aple pie sama coklat, udah kenyang

    BalasHapus
  12. Aku jarang banget sarapan di luar rumah kecuali kalau sedang staycation.

    Nah, tentang kue Ade ini, unik banget yak, HAHAHA
    Kog ya bisa namanya percis nama mba.
    Warbiyasah!

    BalasHapus
  13. oke fix mbak ade bulan desember insya Allah ak ke jakarta boleh lah sarapan di sana

    BalasHapus
  14. Bisa dikirim nggak itu Kue Ade-nya Mbak Ade? Hahaha jadi belibet nulisnya
    Pan kapan kalau aku ke Jakarta bawa ke sini ya Mba

    BalasHapus
  15. Kok sama kaya aku sih mba, kalau mentok bingung mau sarapan di mana, akhirnya ya ke McD. Trus makannya pilih di balkon, jadi bisa liat suasana kota pagi hari :)

    BalasHapus
  16. fX kalau pas CFD buka pagi juga. Ada beberapa resto fastfood yang udah buka. Kalau aku melipir ke tukang nasi uduk aja.

    BalasHapus
  17. MC Donald sama KFC tuh menjadi favorit tempat makan anak-anak karena harganya standar hehe.

    BalasHapus
  18. Rasa dari kue Ade gimana Mbak? Enak? Hihihi. Di sini banyak banget Mbak kalau mau nyari tempat sarapan, tapi bukan di emol-emoll melainkan sama warung rumahan. Mereka malah udah jualan dari jam 5 pagi, soalnya di kotaku udah terbiasa orang masuk kerja jam 6 pagi jadinya pada nyari sarapan buat anak-anaknya lebih pagi lagi.

    BalasHapus
  19. Mbak Ade sulungku ke Jakarta nih hari ini. Informasi ini membantu banget untuk anakku

    BalasHapus
  20. Mba, baca soal sarapan di McD, aku jadi ingat pengalamanku dulu saat sedang perjalanan dinas ke Muenster Jerman. Kan diajakin tuh sama buyerku sarapan cepat di McD. Udah pede aja bakalan maem ayam goreng kriuk dengan kentang. Looohh ternyata optionnya cuma kue2 pastri dan sandwich hahahaa... Gagap kultur aku mba di sana :))

    BalasHapus
  21. Gelael supermarket ini bersejarah banget karena udah ada sejak aku kecil.

    BalasHapus
  22. Menu dan tempat sarapannya beradh nih mb Ade, hihi. Kalo di Semarang masih gampang bgt cari sarapan kyk soto dan bubur gitu. Ato kue2 tradisional yg lumayan bikin kenyang

    BalasHapus