Pengikut

Tetap Bugar Saat Di Rumah

| on
April 30, 2020
[Oleh-oleh] Di rumah saja bukan berarti harus mager semager-magernya loh. Malah kalau bisa jangan sampailah mentang-mentang di rumah saja lalu jadi super duper malas.

Justru, meski saat sedang ada kebijakan dan himbauan untuk tetap di rumah saja inilah kita semua harus tetap menjaga agar badan tetap bugar saat di rumah.


 Agar tetap bisa menjaga kebugaran saat di rumah, terutama bagi para ibu rumah tangga yang sudah pasti merasa lelah karena sekarang pekerjaan rumahnya jadi bertambah lebih banyak, ayo lakukan kegiatan kebugaran. Yang dimaksud dengan latihan kegiatan kebugaran ini adalah bentuk olah raga ringan yang bisa dilakukan di rumah.

Nah, aku punya beberapa video Youtube yang bisa dimiliki untuk menjaga kebugaran selama pandemi COVID 19 ini masih terjadi dan mengharuskan kita semua berada di rumah.

Olahraga di bulan puasa bukannya jadi makin lemes?
Nah. Nggak juga ternyata.

Ini jadwal harianku nih selama bulan ramadhan dan kami tetap #dirumahsaja alias #stayathome karena di luar rumah sedang berlangsung pandemi COVID 19 di bulan ramadhan 2020 kali ini.

Pagi : bangun tidur (jangan tanya jam  berapa aku bangun, please. Hehehe. Aku bangun pagi cuma untuk mengirim foto putri bungsu yang sedang menjalani program Ramadhan di rumah saja yang diadakan oleh sekolahnya. Namanya pesatren Ramadhan di rumah saja.

Mulai pukul 07.00, orang tua harus mengirim foto anaknya yang sedang mengaji Al Quran, sementara anaknya mengisi absensi online. Di foto itu ditulis nama anak, kelas berapa dan sedang membaca Al Quran ayat berapa sampai berapa.

Seperti ini nih:


Setelah mengisi absensi dan memberi setoran  bacaan, kami tidur lagi. Hehehe.. .Peace. Ngantuk soalnya.

Pukul 10.30 bangun karena batas akhir waktu untuk mengerjakan shalat sunnah Dhuha adalah pukul 11.00 siang. Jadi, meskipun mengantuk tetap harus bangun agar masih kebagian shalat sunnah Dhuha. Lanjut mengaji hingga azan dhuhur berkumandang dan lanjut dengan shalat dhuhur berjamaah. Lalu lanjut mengaji kembali 2 lembar. Baru deh bubar.... bebas mau ngapain aja yang lain.

Biasanya memang mulai pukul 13.00 suamiku harus mengajar online. Sementara anakku yang lain juga harus ikut kuliah online.
Anak yang sudah bekerja pun biasanya mulai melakukan video call conference dengan rekan-rekan kantornya.

Jadi judulnya, mulai pukul 13.00 itu rumah harus senyap tidak boleh ada suara pun tidak boleh ada yang mondar-mandir nggak jelas. Karena nyaris semua orang melakukan pertemuan tatap muka online baik melalui aplikasi ZOOM atau Google Meet.

Setelah pukul 16.00 barulah kami semua bisa membuat some noise kembali.
Nah, kami shalat berjamaah kembali dulu nih, shalat ashar berjamaah. Baru kemudian kembali ke kesibukan masing-,masing.

Aku mulai masuk ke dapur. Mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa.

Pokoknya, apapun yang aku masak, harus selesai pukul 17.00. Karena setelah pukul 17.00, adalah waktunya untukku berolah raga.

Dan ini beberapa video berolah raga yang aku lakukan di rumah menjelang maghrib tiba. Jadi, pas azan berkumandang, aku bisa langsung meraih kurma yang mengandung glukosa alami yang baik untuk pencernaan sekaligus mengisi defisit karbohidrat dalam tubuh kita. Setelah 3 butir korma Sukari (aku lebih suka kurma sukari karena rasanya yang tidak terlalu manis dan teksturnya yang tidak terlalu lengket di gigiku. Gigiku emailnya mulai tipis jadi jika makan sesuautu yang manis dan lengket dia akan terasa ngilu. Sesuatu yang mirip coklat BENG BENG yang berkaramel. Aku nggak bisa memakannya karena gigiku pasti terasa ngilu.

Nah, setelah makan kurma, bisa langsung minum air putih deh. Jadi, rasa lelah dan lemas langsung musnah.


1. Video 30 menit aerobic for begginer dari HASFIT Yang ini tuh ringan banget olah raganya. Sengaja cari yang begginer karena lututku bermasalah memang jadi nggak bisa yang terlalu banyak lompatnya. 2. Video 30 menit dari Hasfit untuk sakit tulang belakang dan sakit pinggang Sepertinya, karena setiap buka aku mengkonsumsi suplemen untuk lutut (glucosamin crondoitin) dan obat untuk mengurangi nyeri di lutut, maka, aku sering banget mengalami sakit pinggang. Bisa jadi, karena sebenarnya semua suplemen untuk tulang itu harus diimbangi dengan banyak minum air putih dengan begitu bisa mengurangi kerja keras ginjal. Ginjal yang merasa kelelahan dampaknya terasa di pinggang dan tulang belakang. Jika sering mengalami kondisi kecetit atau sakit pinggang mendadak, nah, bisa jadi ini karna kurang minum. Masalahnya, kan puasa ya. Jadi, agar kondisi sakit pinggang bisa teratasi secara alami, lakukan olah raga yang difokuskan pada tulang belakang yang lentur. 3. Cardio boxing work out bersama Pop sugar Ini tuh asli aku lakukan untuk bisa "have fun". Hehehe... lakuin deh dan entah mengapa otak jadi terasa fresh, feel younger dan bersemangat kembali setelah sesi olahraganya selesai. 4. Terakhir, dance aerobic. Ini juga sama dengan nomor 3, aku lakukan agar bisa mendapat perasaan "having fun" saja. sih. I just need that.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar