Pengikut

Rabbanians, Ghirah Islam di Kalangan Milenial Jakarta

| on
Juni 20, 2019
[Jalan-jalan] Hari rabu petang, kalian punya acara apa? Bagaimana jika kalian, yang merasa menjadi bagian dari kelompok milenial yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya hadir di acara Rabbanian. Yaitu acara kajian keislaman yang insya Allah akan rutin diadakan di Masjid Al Azhar setiap hari rabu petang, seusai shalat isya berjamaah.



Rabbanians, Ghirah Islam di Kalangan Milenial Jakarta

Sejak aku aktif di pengajian sekitar 15 tahun yang lalu, ustad-ustad jaman sekarang tuh luar biasa pendekatannya untuk membangkitkan ghirah islam atau semangat ber-Islam di kalangan anak muda. Dulu, bisa jadi kegiatan kajian Islam lebih bergerak sembunyi-sembunyi di kalangan kampus atau sekolah, dan hanya menyasar mereka yang memang termasuk anggota organisasi agama saja. Sekarang, batas itu coba untuk didobrak.

 Kajian Islam ditujukan justru untuk orang-orang di luar kelompok organisasi agama; yaitu untuk umum. 

Jaman dulu, pengajian itu wilayahnya ibu-ibu pengajian. Dalam arti, biasanya yang datang ke pengajian adalah ibu-ibu yang datang bergerombol dengan gamis yang seragam dan usianya umumnya tidak lagi muda. Atau untuk bapak-bapak yang datang dengan baju koko dan sarung serta sekali lagi usianya tidak lagi muda. 

Sekarang, pengajian didatangi oleh kelompok usia yang lebih beragam, bahkan cenderung didatangi oleh kelompok usia muda. Dengan penampilan yang trendy, menggunakan kendaraan pribadi yang lumayan, dan wajah-wajah segar dan muda.

Adalah ustad-ustad seperti ustad Subhan Bawazier, Ustad Adi Hidayat, Ustad Oemar Mita, Ustad Hanan Attaki, Ustad Ahmad Soesilo, dan ustad-ustad lainnya, yang berani mendobrak gaya baru dalam berdakwah. Jadi bukan ustad yang menunggu jamaah datang ke kajian, tapi ustad harus mau menjadi pihak yang mendatangi jamaah agar mau mendengar kajian.

Aku ingat ketika Ustad Bawazier beberapa tahun yang lalu pernah berkata di dalam salah satu kajian yang aku ikuti bahwa dia ingin, dakwah disampaikai pada semua kalangan dan dalam keadaan yang dianggap FUN untuk semua kalangan. Itu sebabnya dia bersedia datang ke kajian keislaman yang diadakan di cafe-cafe, dimana peserta kajian islam mendengarkan kajian islam sambil minum kopi atau sambil makan steak.  

 Dan memang semakin bertambah tahun, alhamdulillah ghirah islam semakin berkembang di kalangan banyak kalangan, khususnya kalangan milenial. Salah satunya lewat acara Rabbanians.

Rabbanians di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru Jakarta Selatan


Jadi, jika kalian memang mengaku sebagai generasi milenial dan berIslam, yuk datang ke acara The Rabbanians yang diadakan di Masjid Al Azhar, kebayoran baru jakarta selatan setiap hari rabu seusai shalat isya berjamaah.

Jangan datang terlalu telat ya, karena semakin lama animo peserta semakin banyak sehingga sering masjid Al Azhar tampak penuh dari ujung ke ujung.

Jika kalian datang ke acara ini, harus diingat satu hal, yaitu kalian terlarang untuk memvideokan isi kajian dengan handphone kalian dan menyebarkannya tanpa izin panitia penyelenggara. Kenapa? Karena bisa jadi, apa yang kalian sampaikan itu hanya sepotong dan tidak utuh saja kajiannya sehingga malah berpotensi yang mendengar apa yang kalian share itu hanya mendapat sebagian saja lalu terjadi sesat pemahaman atau salah interpretasi.

Untuk lengkapnya, kalian juga bisa banget bergabung dengan komunitasnya. Jadi, saling memperluas jaringan pertemanan dan bisa saling menyemangati untuk terus menghidupkan semangat berislam atau ghirah islam kalian.

Berikut, adalah penyelenggara acara The Rabbanians di Masjid Al Azhar Jakarta setiap rabu usai shalat isya berjamaah:

Diselenggarakan oleh: KI - ASIA (Kajian Islam - Alumni Sekolah Islam Al-Azhar), Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar

Didukung oleh: Al-Hikmah, SIP (Solidaritas Insan Peduli @solidaritasinsanpeduli), Teladan Rasul, Relawan Sahabat Tauhiid, Rajin Shalat, APII (Aliansi Pemuda Islam Indonesia), YI-Lead (Young Islamic Leaders), Indonesia Tanpa JIL, Pejuang Subuh, R.I.S.K.A (Remaja Islam Sunda Kelapa), AYLI (Al-Azhar Youth Leader Institute), Akhtar Foundation, ILUSTRI (Ikatan Alumni Teknik Sipil Trisakti), Komunitas Sahabat Muslimah, Berani Berhijrah, Celoteh Muslim, Islami Poster, Negeri Akhirat, Duniajilbab, Merchandise Muslim, Lembaga Amil Zakat Al-Azhar, Aladzievie Channel #the_rabbaanians #generasirabbaani #fasterstrongerbetter
 Yuk...yuk... datang ke pengajian yuk.
Jadilah bagian dari generasi hijrah.
Jadilah bagian dari generasi Rabbani. 
Insya Allah.


1 komentar on "Rabbanians, Ghirah Islam di Kalangan Milenial Jakarta"
  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus